Pada era modern kemajuan teknologi informasi membawah masuk internet sebagai proses perkembangan yang mempengaruhi sebagian besar kehidupan manusia. Internet memilik sistem jaringan global yang dapat diakses secara universal.
Dampak yang ditimbulkan mselalui pertumbuhan internet adalah membuka ruang besar bagi penyebaran informasi, seperti arsip hiperteks yang terhubung dengan World Wide Web (WWW), surat elektronik, smarthpone, dan pendistribusian beragam file.
Pengaruh internet yang kuat itulah yang membuat perubahan pada media baru sebagai konten yang disajikan berdasarkan permintaan (on demand) melalui internet.
Ketika mengkaji lebih jauh spesifikasi media baru, yakni:
- Digital: penyimpanan informasi dalam bentuk hard disk yang terhubung dengan satelit untuk konvergensi macam-macam format informasi seperti teks, audio, ataupun visual dengan bantuan smartphone.
- Interaktif: media baru membuka peluang besar bagi banyak orang untuk ikut serta secara aktif dalam menjadi produsen maupun konsumen media.
- Hypertextual: hypertext atau tautan (link) adalah inovasi dari media baru yang memberikan kesempatan bagi semua orang untuk membagikan informasi sesuai yang mereka inginkan.
- Global: kecepatan dan jangkauan media baru yang luas mengakibatkan informasi terus bertambah dan tidak berkurang.
- Virtual: menampilkan satu keadaan yang terlihat seperti nyata. Seperti, kita bertemu seseorang melalui virtual meeting seolah-olah membuat kita merasa sudah bertemu dengan langsung.
- Simulated: menampilkan suatu kejadian nyata menjadi kejadian stimulan.
Semua perkembangan menghasilkan sesuatu pola kehidupan baru. Semakin terbuka dan memiliki jaringan yang besar membuat akses di berbagai media jadi lebih mudah dan cepat.
Jurnalisme merupakan proses mendokumentasi kejadian sehari-hari. Sementara multimedia adalah penggabungan dari beberapa media konvensional seperti televisi yang menyajikan konten video dan audio, dan koran menampilkan konten teks dan gambar.
Multimedia membuat pertumbuhan media semakin meningkat. Bila digabungkan jurnalisme multimedia adalah satu kegiatan mencari, menghimpun, dan mengirimkan berita kepada publik melalui Web, email, SMS, MMS, dan platfrom media lain dengan format non linear kemudian diberikan teks, foto, video, audio, dan musik untuk menarik minat audience.