Mohon tunggu...
Gitanyali Ratitia
Gitanyali Ratitia Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemilik SPA dan Healing Therapy di Jerman

53 yrs old Mom with 3 kids, Fans of Marilyn Monroe, Jazz & Metallica , Bali - Java Wellness & Healing di Jerman, Positive thinker, Survival. Reiki Teacher, Angelic healer, Herbalis. I’m not the girl next door, I’m not a goody goody, but I think I’m human and I original. Life Is beautiful but sometimes A Bitch and someday It F***s You In The Ass but heeey dude! be positive.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Promosi dengan Groupon Apa Keuntungannya?

25 Juni 2016   08:41 Diperbarui: 25 Juni 2016   08:53 1189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setahun lalu pertama kali buka SPA studio, saya sudah merencanakan untuk mengadakan promosi , pertama menyebar brosur door too door, membikin iklan di Facebook, pay per click dengan Google , Adwords, menitipkan brosur di salon, apotek dan super market. Itu semua sudah saya lakoni, tetapi saya berpikir mungkin ada cara lain yang lebih cepat untuk menjangkau masarakat yang lebih luas at least orang- orang aware kalau ada spa massage studio yang baru buka. Tetapi cara apa lagi?. Akhirnya saya ingat waktu masih tinggal di Singapore saya dan teman- teman sering membeli voucher diskon di Groupon. Maklum kita semua bargain hunther. Nah sekarang saya sebagai pedagang jadi sedikit banyak mindset sudah berubah dan berpikir ala pedagang.

Apa itu Groupon? Groupon adalah sebuah situs web pemberi diskon voucher yang dapat ditukarkan di perusahaan / pedagang ( merchant) yang sedang berpromo. Tentu saja keuntungan banyak akan didapat customer dengan membeli voucher dari Groupon dari pada kita langsung membeli dari merrchant tersebut. Contohnya harga nasi goreng setan di toko A seporsi 50ribu , tetapi dengan membeli voucher dari Groupon harga seporsi hanya 25 ribu, lebih murah dan mengesankan bukan?. Bagaimana awalnya saya berpromo dengan Groupon?. Begini awalnya.

Akhirnya saya mengontak Groupon Jerman dan mencari email kontak mereka di internet. Saya utarakan maksud saya untuk bekerja sama dengan mereka. Karena saya tahu platform perusahaan Groupon sangat bagus dalam hal sosial media marketing. Jadi saya yakin Groupon bisa menolong saya untuk promosi spa studio.

Tidak lama kemudian Sales Groupon menghubungi saya, dan kerja sama disetujui. Karena bahasa Jerman saya jelek , saya meminta semua perjanjian dan surat menyurat dalam bahasa Inggris. Akhirnya kami meluncurkan 4 promosi berturut- turut . Overall saya satisfied dengan result yang ada setelah promosi ini, walaupun customer pertama kali datang dengan voucher Groupon tetapi appointment selanjutnya mereka membayar full ke kami. Tentu saja mereka akan datang lagi ke kita kalau dirasa services di SPA ini bagus dan memuaskan. Coba kalau terapistnya jutek tidak friendly dan massage asal- asalan, tentu saja customer ogah datang lagi dan itu kerugian besar .

Sebuah survei studi  dari Universitas Rice , Jesse H. Jones Graduate School of Business menyurvei 150 usaha kecil menengah di 19 kota yang mencakup 13 kategori produk. Temuan mengungkapkan 66 persen dari para pedagang ( merchants) mengatakan promosi Groupon yang menguntungkan sementara 32 persen mengatakan mereka tidak untung. 

Lebih dari 40 persen merchants mengatakan mereka tidak akan menerima tawaran Groupon lagi. Usaha Restoran bernasib yang terburuk di antara bisnis jasa dengan penawaran voucher Groupon, sementara spa dan salon adalah usaha yang paling sukses dengan Groupon voucher.

Tetapi sebelum anda bekerja sama dengan Groupon sebaiknya ketahui dulu Pro's dan Cons nya sebagai berikut.

Pros :

1. Menarik banyak konsumen.

Anda dapat menjangkau pelanggan baru terutama untuk mereka yang mencari penawaran murah . Anda bisa mengenakan harga yang lebih rendah untuk pelanggan baru yang tidak bersedia membayar lebih.

2. Mengiklankan bisnis Anda. 

Sebuah promosi Groupon dapat menjadi cara untuk mengumumkan keberadaan bisnis Anda untuk konsumen yang tidak terbiasa dengan produk atau jasa. Anda bisa menarik pelanggan potensial untuk mencoba barang-barang Anda. Idenya adalah bahwa mereka akan menyukai produk anda kemudian mereka akan datang kembali dan membeli dari Anda lagi. Anda harus pintar membuat konsumen menyukai promosi Anda, dan pada saat yang sama cobalah menawarkan poduk lainnya secara ramah.

3. Membantu mengkosongkan Inventori

 Gunakan penawaran Groupon untuk menjual produk yang sangat lambat terjual atau barang dalam persediaan stock yang masih banyak atau jasa yang tidak banyak peminatnya.l Diskon tampaknya paling menarik bagi pedagang . Gunakan ajang diskin ini untuk mempromosikan produk yang tidak mahal. Jenis promosi Groupon harusnya sesuatu yang Anda lakukan sesekali saja dan spesifik.

4. Membangun hubungan dengan customer.

 Gunakan penawaran promosi harga untuk membangun hubungan pelanggan bukan hanya menciptakan satu kali pembelian setelah itu tidak kembali lagi. 

Misalnya pemilik restoran yang menawarkan diskon senilai 60 ribu tetapi customer hanya membayar makanan 30 ribu saja. Tetapi mengapa tidak dicoba untuk menawarkan diskon senilai 20 ribu voucher makanan  dan customer hanya membayar 10 ribu kalau mereka mengunjungi tiga kunjungan berikutnya . 

5. Menambah pendapatan Tambahan

Cons

1. Penawaran voucher diskon menarik bagi deal-seekers and bargain shoppers atau pencari deal -deal yang murah.

 Pembeli ini mungkin tidak bersedia untuk membeli di luar nilai kupon. Jadi, ada nilai dan tingkat pengeluaran pelanggan ini sangat rendah. Jadi pedagang harus benar- benar memperhatikan dan memikirkan  jumlah kupon  yang akan dijual dan kesepakatan dengan Groupon , misalnya hanya menjual 100 kupon saja.

2. Price sensitiv

Ketika mereka mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih rendah, mereka kemudian menjadi kurang cenderung untuk membayar harga penuh untuk itu produk yang sama atau jasa di masa depan.

3. Penawaran voucher tidak menghasilkan pelanggan tetap.

 Groupon memiliki tingkat konversi yang rendah untuk pelanggan tetap dan kembali lagi, menurut para ahli pemasaran. Anda mungkin tidak pernah melihat orang itu lagi setelah mereka menggunakan kupon Anda. Atau pelanggan itu mungkin tidak bersedia untuk membeli dari Anda lagi tanpa kupon di tangan. Prosentasi pelanggan baru yang menjadi pengunjung tetap dan berulang diperkirakan sekitar 19 persen. Ini bervariasi dengan kategori produk.

4. Penawaran voucher tidak menguntungkan. 

Masalah lain adalah pembagian pendapatan. Groupon mengambil 50 persen dari pendapatan dari setiap transaksi kupon. Jika Anda menghitung matematika, pedagang perlu margin kotor lebih dari 50 persen . Bentuk Promosi ini sangat butuh nyali pedagang . Kebanyakan bisnis yang dibangun pada margin dari 75 persen, yang berarti jika pelanggan hanya datang dan membeli dengan voucher, pemilik akan kehilangan uang. Restoran biasanya memiliki margin yang lebih tinggi. "Dengan menawarkan diskon besar dan memberikan 50 persen untuk Groupon, restaurant biasanya tidak bisa menutupi biaya melayani pelanggan itu."

5. Ada penawaran yang lebih baik di luar sana.

Situs daily deals, atau Groupon bukan satu-satunya permainan marketing di sini. Anda dapat menjalankan promosi serupa dengan mengeluarkan sedikit uang. Ada banyak program pemasaran yang dapat Anda gunakan. Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon atau promosi pada halaman Facebook. Ini adalah cara yang efektif untuk melibatkan pelanggan baru dan yang sudah ada dengan biaya yang sangat rendah. 

 

Semoga membantu.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun