Mohon tunggu...
Gita FirantiGauzya
Gita FirantiGauzya Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA Negeri 1 Aralle

Saya adalah seorang introvert yang ingin menjelajahi dunia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model PBL pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Aralle

6 Desember 2022   09:54 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:07 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) 

PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ARALLE

Oleh :

Gita Firanti Gauzya,S.Pd.

SMA NEGERI 1 Aralle

Abstrak

Gita Firanti Gauzya, 2021. Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 ARALLE.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Aralle, semester 2 tahun ajaran 2020/2021, sebanyak 35 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan. 

Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi atau pengamatan indrawi pada saat siswa melakukan kegiatan dalam proses pembelajaran serta pemberian tes. 

Dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas XI IPS SMA Negeri 1 Aralle adalah 78 untuk mata pelajaran geografi. 

(1) Hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami perubahan, pada siklus I 46 persen dengan kategori kurang aktif mengalami perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus II 54,5 persen dengan kategori aktif. Hal ini menunjukkan terjadi perubahan sikap dari siklus I ke siklus II. 

(2) Secara kuantitatif, nilai rata-rata hasil belajar geografi dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning pada siklus I 72,42 termasuk kategori sedang dan siklus II 84,42 termasuk kategori tinggi, dengan persentase peningkatan 12 persen. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik di SMAN 1 Aralle

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun