Kalau saya bilang IndyCar ada yang tau tidak? Pasti jawabnya tidak tapi Kalau Formula 1, siapa disini yang tidak tahu tentang Formula 1? Kamu? Dia? Mereka? Saya rasa semua sudah mengenal tentang F1 walau cuma dasarnya aja. Setidaknya jika kita sebut nama Michael Schumacher atau Aryton Senna pasti kalian langsung bilang "oh sumaker yang di F1 itu. legend banget dia tuh" atau "oh senna yang meninggal karena tabrakan waktu balap F1 itu kan?" sudah pasti minimal itu yang akan kalian tahu tentang F1. Bahkan semua tampilan mobil balap yang menyerupai mobil F1 kalian akan bilang itu mobil F1 apapun bentuknya.
Tapi apakah kalian tau balap mobil roda terbuka (open wheel racing) atau balap Single Seater itu bukan hanya F1? Dan mungkin bisa dibilang ini adalah saingannya F1 dan hanya ada di benua Amerika khususnya di negara Amerika Serikat. Namanya adalah ajang balap IndyCar. Sejarahnya IndyCar bisa ditarik jauh sekali jauh hingga tahun 1902. Mari bersama sama kita belajar tentang IndyCar dengan kembali ke masa lalu dan melirik apa itu ajang IndyCar. Cekidot!
SEJARAH INDYCAR
Â
Awal Mula Bernama AAA Tahun 1902 - 1955
IndyCar adalah ajang balap mobil roda terbuka tertinggi di negara Amerika. Kalau F1 ajang balap mobil roda terbuka yang paling akhir atau tertinggi di dunia, nah kalau IndyCar ini regionnya Amerikanya. Tapi sejarah mengatakan balapan Indycar pertama sudah di gelar dari tahun 1902 atau sekitar 20 tahun lebih dulu dibanding F1 dan gelaran pertama itu dibuat oleh IndyCar yang dahulu bernama AAA (American Automobile Assosiation). IndyCar berjalan 53 tahun dengan nama AAA itu hingga tahun 1955 setelah banyaknya kecelakaan fatal yang terjadi oleh serangkaian pembalap topnya membuat penyelenggara saat itu AAA membubarkan ajang balapnya. Dengan capaian menariknya adalah terbentuknya gelaran Indianapolis 500 (yang akan saya jelaskan di post yang mendatang, okey?)
Berganti ke USAC Tahun 1956 -1978
Â
Ada sebab ada akibat. Karena USAC popularitasnya bertambah dan makin banyak tim tim besar eropa yang coba masuk ke USAC, membuat uang yang harus di keluarkan untuk mengikuti USAC semakin meningkat juga. Itu semua dikarenakan mereka yang bergabung adalah tim tim besar yang lambat laun menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan mobilnya dibanding tim-tim yang sudah ada, ya resikonya tim-tim yang sudah ada harus berusaha menghabiskan banyak uang yang dimana sebenarnya mereka gapunya itu. Dan akhirnya karena naiknya kebutuhan uang yang dibutuhkan pada ajang ini dan kecewanya para tim terdahulu atau yang duluan sudah berada di USAC dari jamannya AAA, mereka pun membuat ajang balap tandingan.
Tandingan USAC vs CART 1979 - 1981
Ajang balap tandingannya itu bernama CART (Championship Auto Racing Team). Jadi mulai tahun 1979 di negara Amerika ada dua ajang balap roda terbuka tertinggi disana, CART dan USAC. Sulit ya seperti kita disini dulu sepakbolanya ada ISL ada IPL. Tandingan ini menimbulkan masalah-masalah baru seperti gelaran Indianapolis 500 yang memang berada di bawah naungan USAC melarang tim-tim yang berasal dari ajang CART tidak boleh mengikuti gelaran Indianapolis 500. Jadi dari tahun 1979 hingga 1981 itu ada dua gelar nasionalnya satu dari USAC dan satu dari CART. Tapi akhirnya lama-kelamaan CART mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sebagai pemegang resmi gelar nasional di negara Amerika.
Â
Yang Resmi dan Yang Tidak Resmi jilid 1 1982 - 1995
Kalau dari penjelasan saya tadi jika pemegang resmi gelar nasionalnya itu kan CART harusnya kan berarti USAC dan CART tuh bergabung jadi satu dong? Tidak! CART memang secara resmi pemegang gelaran ajang balap nasional tertinggi di negara Amerika, namun USAC juga tetap menjalankan ajangnya. Jadi dari tahun 1982 itu tetap ada dua ajang balapnya CART yang resmi dan USAC yang tidak resmi. Bingungkan? Sama saya juga haha! Tapi satu hal yang jelas adalah gelaran Indianapolis yang sebelumnya eksklusif untuk ajang USAC ini akhirnya juga boleh bersatu kalender bersama CART namun spesifikasi mobilnya ada yang berbeda sedikit antara kedua ajang.
ChampCar vs IndyCar 1995 - 2003
Ini tuh apa lagi ya Tuhan! Orang-orang Amerika aneh-aneh aja deh. Jadi tuh tahun 1994 pemilik dari sirkuit Indianapolis Motor Speedway Tony George memutuskan untuk membuat ajang baru lagi namanya IRL yang adalah Indy Racing League. Sudah adem-adem malah bikin tingkah, ini membuat para petinggi CART melihat sebagai bentuk tandingan terhadap ajang mereka lagi. jadi tahun 1995 tuh ada 3 ajang sebelum semuanya bergulir, ada USAC, IRL, dan CART. Tapi akhirnya USAC memutuskan untuk bersama dengan IRL.
Â
Juga dengan pemakaian nama IndyCar oleh CART yang sebelumnya memakainya dengan nama PPG IndyCar World Series menjadi sebuah masalah dikarenakan Tony Goerge pemilik nama sah menginginkan nama itu dipakai oleh ajang IRL. Namun akhirnya setelah melalui negosiasi panjang, CART memutuskan untuk tidak menggunakan nama IndyCar dan menggantinya dengan nama ChampCar tapi dengan satu syarat bahwa IRL juga tidak bisa menggunakan nama IndyCar hingga tahun 2003.
CART yang pada tandingan pertama berhasil menang harus rela kalah pada tandingan kedua ini dengan IRL dikarenakan lambat laun IRL mengalami peningkatan popularitas dan beberapa balapan ChampCar juga ada yang di batalkan karena alasan keselamatan maupun kekurangan sponsor.
Yang Resmi dan Yang Tidak Resmi Jilid 2 2004 - 2007
Ini seperti dejavu saja ya? CART karena masalah finansialnya akhirnya mengalami bangkrut pada akhir tahun 2003, lalu ada konsorsium bernama Open Wheel Racing Series (OWRS) membeli seluruh asetnya CART dan membentuk ajang baru bernama Champ Car World Series. Tapi kesuksesan yang sudah dibangun IRL yang sekarang resmi menggunakan nama IndyCar ini tidak bisa dikalahkan oleh Champ Car World Series.
Â
IndyCar Series 2008 - Sekarang
Setelah OWRS bangkrut lagi, segala yang berhubungan dengan ChampCar Series dari awal hingga sekarang masuk kedalam sejarah IndyCar dan menjadikan dua ajang menjadi satu. Tim-tim ChampCar yang tidak bangkrut bergabung dengan IndyCar, dan beberapa sirkuit yang masuk dalam kalender ChampCar pun akhirnya bergabung dengan IndyCar walaupun tidak langsung semua.
Â
Itulah sejarahnya ajang balap IndyCar. Penuh lika liku bukan? Namun dengan segala macam masalah yang ada di IndyCar pada masalalu memperkaya ajang balap IndyCar itu sendiri dan semakin banyaknya pembalap luar bahkan mantan pembalap F1 yang bergabung dengan IndyCar diharapkan membuat popularitas IndyCar semakin meningkat seperti era tahun 80an akhir dan 90an yang lalu.
Pada bagian kedua akan saya jelaskan perbandingan antara ajang F1 dan ajang IndyCar ya biar tau bedanya. Bagian pertama belajar dulu sejarahnya, okey? See ya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H