Tujuan pembelajaran ini adalah Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dengan pendekatan scientific approach diharapkan peserta didik mampu membuat teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat (cause and effect), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:
- Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga ditemukan peserta didik kurang antusias mengikuti proses pembelajaran
- Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS). Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas nampak tidak menyenangkan
- Guru hanya menggunakan metode ceramah saat pembelajaran dikelas
- Guru hanya memberikan teori teks dan struktur teks hanya dalam bentuk lisan saja
- Kurangnya variasi media belajar yang dihadirkan guru di kelas
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:
- Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga ditemukan peserta didik kurang antusias mengikuti proses pembelajaran
- Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS). Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas nampak tidak menyenangkan
- Guru hanya menggunakan metode ceramah saat pembelajaran dikelas
- Guru hanya memberikan teori teks dan struktur teks hanya dalam bentuk lisan saja
- Kurangnya variasi media belajar yang dihadirkan guru di kelas
Alasan praktik ini penting untuk dibagikan antara lain adalah :
Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat teks dialog terkait hubungan sebab akibat (cause and effect) karena menyusun text ini erat kaitannya dengan hasil belajar yang akan diperoleh peserta didik. Diharapkan dengan meningkatnya kemampuan peserta didik dalam menyusun dialog cause and effect, maka hasil belajar yang diperolen pun akan lebih maksimal.
Praktik ini diharapkan bisa menjadi bahan refleksi diri agar mampu terus memperbaiki proses dan hasil pembelajaran, serta menjadi referensi bagi guru lain yang mengalami permasalahan sama.
Peran dan tanggung jawab penulis sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah :
Mendesain pembelajaran dengan menggunakan model, pendekatan, maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan dibutuhkan oleh peserta didik.
Mempersiapkan kelengkapan untuk proses pembelajaran, misalnya bahan ajar, LKPD, media pembelajaran/alat peraga, instrumen penilaian yang disesuaikan dengan karakteristik muatan pembelajaran.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan desain yang telah dibuat sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan  ini adalah :