Psikologi Pendidikan merupakan salah satu ilmu yang membahas tentang perilaku manusia di dalam dunia Pendidikan, meliputi ilmu sistematis tentang proses dan factor yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan ilmu Pendidikan. Psikologi Pendidikan juga sangat berperan dalam mempelajari,
meneliti, dan membahas terkait sikap manusia yang terdapat di dalam suatu ilmu Pendidikan, di antaranya mempelajari sikap seorang murid dalam belajar dan sikap seorang guru dalam mengajar seorang murid.Â
Psikologi Pendidikan juga bertujuan untuk membangun ataupun membangkitkan semangat pelajar dalam belajar dengan cara memotivasi seorang pelajar dan memahami beberapa karakteristik seorang pelajar agar supaya sebuah motivasi yang disampaikan tersebut dapat tersampaikan secara akurat. Tak hanya itu psikologi Pendidikan juga penting untuk membantu dalam proses belajar mengajar bagi anak berkebutuhan khusus dan juga belajar berfikir kritis.
Menurut Muhibbin Syah (2002) bahwa psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia Pendidikan. Dari pernyataan tersebut menunjukkan bahwa psikologi Pendidikan lebih banyak mempelajari tentang sebuah masalah psikologis yang
terjadi pada masa sekarang ini dan lebih merujuk pada suatu masalah psikologi Pendidikan seorang pelajar.
Adapun beberapa teori mengenai psikologi Pendidikan sendiri diantaranya:
1. Teori behavioristik
Teori behavioristik adalah teori psikologi yang lebih mengamati pada perubahan tingkah laku dari lingkungan sekitar.
2. Teori kognitif
Teori kognitif adalah teori yang menjadi acuan berkembangnya fungsi kognitif seseorang dalam belajar .Â
3. Teori humanisme
Teori humanisme adalah teori yang lebih menekankan keterkaitan terhadap seorang pelajar secara menyeluruh karena belajar tidak akan  melibatkan emosi seorang pelajarÂ
4. Teori konstruktivisme
Teori konstruktivitisme menurut Giambatista Visco (1710) berpendapat bahwa seseorang akan sangat paham dengan apa yang di konstruksikan sendiri.Â