KOMPETENSI AWAL
- Menentukan rumus volume kerucut
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (kerucut)
SARAN DAN PRASARANA
1.
Buku
2.
Papan tulis/White Board
3.
4,
Spidol
LKPD
MODEL PEMBELAJARANÂ
Project Based Learning (PBL)
TJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menyelesaikan  masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (volume kerucut)
PEMAHAMAN BERMAKNA
Menyelesaikan persoalan sehari – hari yang berhubungan dengan  bangun ruang sisi lengkung (volume kerucut)
PERTANYAAAN PEMATIK
- Peserta didik diberikan pertannyaan tentang rumus volume kerucut
- Peserta didik diberikan pertanyaan tentang garis pelukis
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN (10 menit)
1.
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa
2.
Pengkondisian kelas : Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa, mengisi agenda kegiatan harian.
Â
3.
Guru mengkomunikasikan :
Tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, kelompok dilanjutkan latihan individu )
KEGIATAN INTI (60 menit)
Â
1. Orientasi peserta didik pada masalahÂ
1. Guru  menggali pengetahuan awal peserta didik dengan memberikan       pertanyaan tentang rumus volume kerucut dan garis pelukis
2. Peserta didik menjawab pertanyaan guru dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. (mandiri, bernalar kritis)
2. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
1. Peserta didik berkelompok dengan jumlah anggota sebanyak 5 orang/kelompok
2. Perkelompok dibagikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk dikerjakan secara berkelompok.
3. Guru menjelaskan langkah – langkah pengerjaan LKPD
3. Melakukan penyelidikan atau penelusuran untuk menjawab permasalahan
1. Guru membimbing dan memperhatikan kegiatan peserta didik
2. Peserta didik sesuai kelompok mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada LKPD yang diberikan
3. Peserta didik mengumpulkan LKPD kepada guru
Â
4. Menyusun hasil karya dan mempresentasikannya
1. Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja yang telah dibuat
2. Setelah presentasi diadakan tanya jawab tentang hasil presentasi tersebutÂ
Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang presentasi
Â
5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
1. Peserta didik diberikan kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi yang belum dipahami selama pembelajaran berlangsung
2. Guru memberikan penguatan dan umpan balik berupa soal sebagai assement formatif pada  materi volume kerucut
PENUTUP (10 menit)
1.
Peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.
Peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran
Bagi Guru
1. Apakah peserta didik merasa senang saat mengikuti pembelajaran?
2. Apakah peserta didik memahami apa yang dipelajari?
3. Apakah pemilihan model,metode dan media yang digunakan guru sudah efektif?
4. Apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran?
5. Langkah apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
Bagi siswa
1. Apakah kalian senang mengikuti pembelajaran?
2. Apakah kalian memahami apa yang dipelajari?
Apakah ada yang sulit dalam pembelajaran ini?
3.
Guru menyampaikan pelajaran untuk pertemuan berikutnya
4.
Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing- masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H