Mohon tunggu...
narendra
narendra Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Problematika Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran

18 Juli 2024   16:13 Diperbarui: 18 Juli 2024   16:21 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD X

 

Bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi masalah bagi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di SD X dan upaya guru dalam menyelesaikan masalah dalam penyusunan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka di SD X. Guru yang merasa kesulitan dan kebingungan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dikarenakan kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum terbaru di Indonesia dimana sekarang masih proses transisi.

Problematika yang dialami guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran pada kurikulum belajar di SD X yaitu :

  • Pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka belajar
  • Perencanaan pembelajaran dalam pembuatan perangkat
  • Kemampuan dalam menggunakan teknologi
  • Faktor usia guru, sedangkan upaya guru dalam mengatasi problematika dalam penyusunan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka, yaitu:  ( 1) Berdiskusi dengan guru. (2) Mengikuti Workshop dan kepelatihan. (3) Manajemen waktu.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan yang baik tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan pribadi dan emosional siswa. Dengan demikian, pendidikan dapat menciptakan individu yang seimbang, berwawasan luas, dan siap menghadapi berbagai sistuasi dalam kehidupan. Di sekolah guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama pada proses pembelajaran. Maka dari itu guru harus dapat melakukan tugasnya sesuai dengan standar kompetensi guru, dimana guru juga dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran agar terciptanya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran di kelas  dikarenakan guru merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran, diamana guru merupakan orang yang memberikan pengetahuan bagi peserta didik. Guru harus melaksanakan pembelajaran yang berkualitas agar peserta didik dapat menerima materi yang diberikan dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Guru yang berkualitas akan selalu Menyusun perencanaan pembelajarannya agar pembelajan dapat terencana dengan baik sesuai yang direncanakan, Jadi harus melakukan kegiatan pembelajaran guru harus sudah mempunyai rencana sehingga tidak ada alasan Ketika mengajar di kelas tanpa perencanaan pembelajaran.

Kurikulum merdeka adalah sebuah kebijakan pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks lokal. Menurut Novak (2020), Kurikulum Merdeka menekankan pada pendekatan pembelajaran yang responsif, inklusif, dan berpusat pada siswa. Kurikulum ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan kompetensi-kompetensi abad ke-21 seperti pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

Perangkat pembelajaran merupakan upaya untuk menentukan kegiatan yang akan dilakukan dalam mencapai kompetensi yang diharapkan dan harus dimiliki oleh peserta didik (Kusumaningrum et al.,2017). Salah satu aspek dalam perencanaan pembelajaran yaitu guru Menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Salah satu tugas guru adalah Menyusun perangkat pembelajaran yang baik sebelum melakukan pembelajaran agar pembelajaran dapat terencana dengan baik. Menurut pendapat Widiyanto & Wahyuni (2020) dengan perencanaan pembelajaran yang baik akan membuat pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Perangkat pembelajaran memudahkan guru saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Supaya pembelajaran berlangsung dengan baik. Perangkat Pembelajaran adalah suatu perlengkapan yang dibuat guru ketika memulai pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Penilaian. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur, dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan.

LKPD merupakan sumber belajar yang berbentuk lembaran-lembaran tugas, petunjukpetunjuk pelaksanaan tugas, evaluasi pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik (Alfi Rahayu, 2019:12). LKPD merupakan salah satu wujud implementasi peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Bahan ajar adalah bahan atau materi pelajaran yang disusun secara secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran (Pannen:1995).

Bahan ajar adalah separangkat atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya (Widodo dan jasmadi dalam lestari 2013:1).

Media Pembelajaran merupakan bagian menyatu dari keseluruhan sistem dan proses pembelajaran, artinya media pembelajaran menentukan terhadap kegiatan pembelajaran dan merupakan unsur yang sangat penting dalam pembelajaran.

Penilaian dalam pembelajaran adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi tentang pencapaian belajar peserta didik. Tujuan utama penilaian adalah untuk menentukan seberapa baik peserta didik telah memahami materi yang diajarkan dan sejauh mana mereka telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penilaian juga berfungsi sebagai umpan balik bagi peserta didik dan guru, membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merencanakan langkah-langkah perbaikan.

Membuat perangkat pembelajaran yang akan digunakan guru terlebih dahulu harus menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan juga menyesuaikan kondisi peserta didik. Dan dimana saat ini Indonesia memberlakukan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Dalam penyusunan perangkat pembelajaran guru harus terleboh dahulu memahami kurikulum yang diterapkan. Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang baru -- baru diterapkan oleh pemerintah, masih banyak guru yang belum memahami tentang kurikulum merdeka belajar dikarenakan kurikulum merdeka belajar merupakan sesuatu hal yang baru bagi guru, dimana sekarang masih proses peralihan dari kurikulum sebelumnya sehingga guru masih dalam proses pemahaman.

Guru sebelum membuat perangkat pembelajaran guru harus memahami tentang kurikulum yang diterapkan dan menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan peserta didik. Oemar Hamalik (2017) mengemukakan bahwa sebagai kunci utama keberhasilan pengembangan kurikulum guru memegang banyak peranan yang sanagat penting. Saat ini masih banyak guru yang belum bisa sepenuhnya memahami kurikulum merdeka belajar karena masih tahap belajar memahaminya. Dengan banyaknya guru yang belum memahami sepenuhnya kurikulum merdeka belajar tentu saja proses kegiatan pembelajaran tidak berjalan dengan baik.

Guru yang belum benar -- benar memahami kurikulum yang diterapkan maka dalam Menyusun perangkat pembelajaran pasti akan menemui kendala dalam penyusunan perangkat pembelajaran sehingga perangkat pembelajaran yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Ketika guru Menyusun perangkat pembelajaran akan mengalami kesulitan atau kendala maka hasil dari perangkat pembelajaran yang dibuat tidak maksimal dan kegiatan pembelajaran tidak sesuai yang diharapkan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik.

Kendala -- kendala yang dialami tidak hanya dari dalam guru saja tetapi bisa dari luar diri guru seperti pemahaman guru terkait kurikulum dan dari lingkungan guru. Kendala -- kendala yang menjadi masalah guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran harus segera diatasi, jika dibiarkan dan tidak segera diatasi maka guru akan mengalami kesulitan pada saat pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai dengan baik. Guru juga harus melakukan upaya untuk mengatasi masalah tentang penyusunan perangkat pembelajaran agar tidak menimbulkan dampak negatif. Permasalahan yang dialami guru harus segera diatasi jika tidak akan menimbulkan masalah besar bagi peserta didik, sekolah dan menjadi masalah bagi pembangunan pendidikan di Indonesia.

Berbagai faktor dan peristiwa di atas, maka untuk mengatasi dan meingkatkan kualitas pendidikan yang baik bagi sekolah maupun peserta didik, diperlukan penelitian terkait latar belakang yang sudah dijelaskan di atas. Kendala -- kendala yang dialami guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka perlu dikaji, karena jika dibiarkan dapat berpengaruh terhadap tujuan Pendidikan Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun