Mohon tunggu...
Galuh Permata Sari
Galuh Permata Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Mahasiswa Universitas Pamulang, Program Studi S1 Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen Pada PT. Bank Mega

23 Juni 2024   06:53 Diperbarui: 23 Juni 2024   06:55 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sistem Pengendalian Manajemen PT. Bank Mega 

Pertama-tama kita akan membahas tentang sejarah singkat PT. Bank Mega. Bank Mega berasal dari PT Bank Karman (Karya Aman) yang berdiri pada tanggal 15 April 1969 dan berkedudukan di Surabaya, dengan kantor pusatnya berada di Jl. Kembang Jepun No. 180-184. Pasca-akuisisi, Mega Bank justru mengalami penurunan kinerja dan hamper bangkrut. 

Pada waktu itulah, seorang pengusaha sepatu, Chairul Tanjung menetapkan untuk mengakuisisi semua saham. Belakangan, di bawah kendali Chairul yang dibantu oleh Cacuk Sudarijanto, Bank Mega justru aman-safety saja di saat sejumlah bank lain bertumbangan pada era krisis moneter 1997-1998. 

Dalam proses ini, Bank Mega melepas 112,5 juta sahamnya dengan harga penawaran Rp 1.200/lembar.Pada tahun 2007 Bank Mega menertbitkan obligasi subordinasi. Pada tanggal 20 Juni 2013, Bank Mega meluncurkan logo baru dan semboyan baru "Untuk Indonesia yang Lebih Baik. Hingga kini Bank Mega masih merupakan bank yang kepemilikannya 100% milik warga Indonesia, saat mayoritas usaha di sektor keuangan Indonesia banyak dimiliki oleh pemodal asing.  

Bank Mega juga mempunyai Visi & Misi, yang dimana visinya adalah "Menjadi Kebanggaan Bangsa" sedangkan misi nya "Mewujudkan hubungan baik yang berkesinambungan dengan nasabah melalui layanan perbankan inovatif dan sinergi dengan didukung oleh ekosistem yang terintegrasi, sumber daya manusia yang profesional serta kemampuan kinerja organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholder)". 

Pada tahun 2017 Peluncuran kartu kredit Mega Travel Card yang memberi nasabah garansi nilai tukar yang kompetitif, mendapatkan mileage yang lebih banyak, fleksibilitas dalam menukarkan mileage point, dan keuntungan sepanjang masa. Di tahun 2018 Peluncuran Mega Cash Line dan di tahun 2019 Peluncuran chatbot Mega Intelligent Assistant (MILA). 

Pada tahun 2020 Bank meluncurkan M-Smile (Mega Smart Mobile) dan Ikut serta dalam penyelenggaraan QRIS. Pada tahun 2021 Peluncuran payment gateway Bank Mega dan Implementasi BI FAST. Tahun 2022 Peluncuran Tarik Tunai di ATM menggunakan QRIS. Dan ditahun 2023 QRIS TUNTAS (Transfer, Tarik Tunai dan Setor Tunai) Serta Peluncuran QRIS Cross Border.

Adapun beberapa sistem pengendalian manajemennya, yaitu:

1. Ada tata nilai dan budaya PT. Bank Mega yang dimana perusahaan ini menggunakan kata "DETECS" yang artinya sebagai berikut:

Dynamic                   : Terbuka terhadap perubahan, Adaptif & Gesit

Entrepreneurship : Menciptakan peluang bisnis dan perbaikan terus menerus    untuk mencapai performa perusahaan yang optimal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun