FILSAFAT PENDIDIKAN PERENNIALISME DAN PEMIKIRAN PARA TOKOHNYA
Pengertian perennialisme
Perennialisme berasal dari kata perennial yang berarti abadi dan kekal, jadi resesnsoinfilsafat perennialisme ini berpegang pada sesuatu yang bersifat abadi, aliran ini mengambil  analogy realitas social manusia, contohnya pohon buka yang terus-menerus bebunga dan gugur dari waktu ke waktu. Aliran perennialisme ini berangapan  bahwa pendidikan harus di dasari oleh nila-nilai kultural masa lampau, dan kehidupan modern saat ini banyak menimbulkan krisis di dalam banyak bidang.
Perennialisme dikenal sangat mudah dikarenakan aliran filsafat ini mempunyai ciri khas, ciri khasnya yaitu
1. perennialisme  mengambil jalan jalan regrasif yaitu kembali pada nilai dan prinsip dasar pada masa yunani kuno dan abad  pertengahan.
2. Â realitas mnurut aliran perennialisme mengandung tujuan
3. belajar merupakan latihan dan disiplin.
4. menurut aliran perennialisme  kenyataan tertinngi itu berada di balik alam dan penuh kedamaian.
Aliran perennialisme menginginkan zaman terdahulu tetap harus dipertahankan dan diabadikan, mengapa demikian? Aliran ini beranggapan bahwa zaman modern membawa kerusakan bagi manusia dan zaman modern ini menurut aliran perennialisme adalah zaman yang sakit.
Karna zaman modern menyebabkan banyak krisis di berbagai bidang baik itu tentang perilaku manusia, kebiasaan yang tidak sesuai dengan kebiasaan terdahulu. Jadi aliran ini berinisiatif untuk kembali kepada budaya lama dan ideal, karna budaya lama sesuai dengan prinsip hidup mereka.
Pemikiran Perennialisme Mengenai Pendidikan
Filsafat realisme dalam dunia pe didikan lahir pada abad ke 20, aliran ini lahir dari  suatu reaksi dari pendidikan progresif,aliran pennerialisme menentang  pandanga progresisivisme yaitu tentang menciptakan suatu hal yang baru dan perubahan, perennialisem memandang situasi  dunia saat ini penuh dengan kekacauan serta ketidakpastian terutama dalam bidang moral, intelektual  dan sosiokultural.Â
Aliran perennialisme menyarankan untuk kembali  nilai-nilai luhur atau prinsip umum yang telah ada sebelumnnya yang ada pada zaman kuno dan pertengahan. Pandangan perennialise memandang  pendidikan sebagai suatu jalan kembali atau jalan yang mengubah keadaan manusia seperti keadaan yang ideal.
Pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Perennialisme
Robert  Maynard Hutchins
Maynard adalah tokoh filsafat yang lahir pada 17 januari 1899 maynard merupakan orang amerika, diusianya yang ke 30 tahun dia dinobatkan menjadi presiden termuda di universitas Chicago.Â
Menurutnya pendidikan harus menumbuhkan kecerdasan dan pengembangan jadi tujuan pendidikan harus menggunakan kekuatan pikiran, karna menurut maynard pendidikan yang ideal yaitu pendidikan yang menggunakan daya intelektual dari diri mnusia itu sendiri. Dan cara menggembangkan intelktual manusia dengan membaca ilmu pengetahuan dan pendidikan harus bersifat universal.
Ortimer Adler
Adler lahir di amerika 28 desember 1902, dan wafat pada 28 juni 2001. Menurutnya pendidikan itu sebuah proses manusia yang dipengaruhi oleh kebiasaan, dan kebiasaan itu di sempurnakan dengan kebiasaan baik yang di ajarkan dalam pendidikan.Â
Kebiasaan baik tersebut nantinya dapat membatudirinya sendiri dan mampu membantu orang lain. Pendidikan itu sendiri adalah proses untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh manusia.
Sekian materi filsafat kali ini semoga bermanfaat.......
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H