Saat ini persaingan usaha sudah sangat ketat, banyaknya para pelaku usaha baru yang berdatangan membuat para pelaku usaha harus memutar otak agar produk yang mereka jual mampu diminati para konsumennya.Â
Oleh karena itu para pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dimana teknologi menjadi kunci utama dalam setiap aktivitas.Â
Namun tentunya tidak semua kalangan mampu mengoperasikan gadget atau alat digital dengan baik. Tentunya jika hal ini terus dibiarkan maka pelaku usaha tersebut akan tertinggal dan bukan tidak mungkin lama kelamaan usaha mereka terancam bangkrut.
Berdasarkan sumber dari Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya bahwa laju pertumbuhan PDRB Seri 2010 Menurut Lapangan Usaha (Persen) pada tahun 2019 sebesar 5,97 dan pada tahun 2020 -2,01. Sedangkan pada tahun 2021 naik menjadi sebesar 3,57.Â
Hal ini menunjukan bahwa laju pertumbuhan lapangan usaha di kota Tasikmalaya cenderung naik turu dan tidak stabil. Maka diharapkan Ketika para pelaku usaha mampu memanfaatkan dunia digital sebagai alat untuk memasarkan produk mereka laju pertumbuhan pun ikut naik.
Melihat situasi tersebut, para mahasiswa UPI Kelompok 174 yang sedang melaksanakan KKN TEMATIK 2022 pun melakukan pendataan serta mewawancarai para pelaku usaha. Sasaran para pelaku usaha yakni di sekitar wilayah RW 03 Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.Â
Hasilnya pun diperoleh bahwa sebagian besar pelaku usaha masih kesulitan untuk melakukan pemasaran secara online serta kebingungan tentang penggunaan e-commerce.
Selanjutnya, para mahasiswa pun melakukan pendampingan dengan para pelaku usaha yang dilaksanakan dengan memberikan pematerian mengenai pentingnya dan manfaat pemasaran online. Hal ini dilakukan agar pelaku usaha menjadi sadar dan mengetahui bahwa sangat penting jika kita menggunakan pemasaran online.
Setelah itu para mahasiswa bersama pelaku usaha memulai praktek untuk mendaftar di e-commerce. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat jika suatu usaha mmanfaatkan e-commerce untuk berjualan, diantaranya:
1. Dapat Memperluas Jangkauan Pasar
Pastinya salah satu manfaat ecommerce adalah menjangkau target pasar yang lebih luas. Berbeda jika kita hanya memiliki toko konvensional yang menjangkau pembeli di wilayah itu saja. Dengan website ecommerce kita bisa terhubung oleh pengguna dari berbagai wilayah sehingga hal tersebut bermanfaat untuk mengenalkan produk .
2. Menciptakan Brand Awareness
Ketika mampu menjankau target pasar secara luas maka semakin banyak pula orang yang mengetahui produk atau toko kita dengan begitu tandanya toko kita sudah membentuk brand awareness.Hal tersebut sangat penting selain agar dikenal ternyata juga bisa meningkatkan penjualan sebab mereka percaya jika produk yang kita jual bagus.
3. Pelanggan Mudah Melakukan Pembelian
Saat pelanggan membutuhkan barang, pasti mereka tidak ingin ribet untuk mencari dan mendapatkannya, mereka cukup mencari melalui platform atau search engine. Tentunya membuat toko online merupakan cara terbaik agar konsumen bisa mendapatkan produk dengan mudah. Dengan e-commerce dapat membantu pelanggan  untuk lebih mudah menemukan toko online.
4. Menghemat Biaya
Manfaat e commerce selain dapat menjangkau pasar, penggunaan e-commerce  bisa menghemat biaya promosi sebab kita tidak perlu menyewa toko secara fisik. Kita cukup mengeluarkan biaya untuk iklan, tenaga kerja, dan pembuatan website toko online.
5. Pengelolaan Pengiriman Lebih Mudah
Dengan mempunyai toko online pastinya memudahkan pelanggan  dalam membeli produk jualan karena mudahnya transaksi dan tersedianya beragam metode pembayaran. Selain itu, kita juga tidak perlu memikiran pengiriman barang, sebab barang yang  dikirim dapat dilacak secara online.
Para pelaku usaha pun sangat menyambut baik program pendataan dan pendampingan dari mahasiswa KKN UPI ini sebab mereka merasa terbantu untuk diajarkan dan diberikan ilmu, mereka pun berharap setelah dilakukannya pendampingan ini, usaha mereka mampu dikenal lebih luas lagi yang nantinya akan semakin banyak lagi produk yang terjual.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI