Baru-baru ini kita dikejutkan dengan vidio bullyng yang dilakukan oleh anak SD, SMP bahkan Mahasiswa terhadap temannya. Perilaku bullyng ini bukan hal yang baru di lingkungan sekolah, anak-anak yang dianggap lemah akan menjadi korban bullyng oleh orang-orang yang merasa kuat. Ketika sekolah mungkin kita sendiri pernah menjadi korban bullyng atau menjadi pelaku bullyng  ataupun menjadi penonton dari bullyng yang terjadi dilingkungan kita. "Bullyng  merupakan  perlakuan  kekerasan terhadap orang lain  yang dilakukan secara individu maupun berkelompok, kekerasan ini seperti pelecehan Verbal, kekerasan visik ataupun pemaksaan hal ini bisa terjadi karena dasar ras, agama, gender, seksualitas ataupun kemampuan"
Perilaku bullyng ini sering saya jumpai didepan mata hal ini bisa saya saksikan karena sebagai pendidik saya bisa menyaksikan anak-anak yang sering di bullyng bahkan dijauhi oleh teman-temannya. Orang yang melakukan bullyng cenderung bersikap agresif. Sikap agresif pada anak disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:
Perilaku bullyng disebabkan oleh hal-hal yang secara tidak langsung membentuk anak memiliki  perilaku bullyng dalam pergaulannya, di antaranya:
Keluarga terdekat dan Lingkungan. Tak bisa dipungkiri bahwa perilaku bullyng pada anak bersumber dari perilaku orang terdekatnya baik dirumah maupun di lingkungannya, kebiasaan orangtua atau keluarga yang memberi label pada anak akan merusak mentalitas anak. Perlakuan yang dia terima membuat dirinya melakukan hal yang sama terhadap orang lain.
Konflik dan kurangnnya perhatian dalam keluarga. Konflik dalam keluarga menyebabkan anak bertumbuh dalam lingkungan yang tidak kondusif. Pertumbuhan anak terganggung secara psikologis karena adanya perpecahan dalam keluarga sehingga anak tidak memperoleh model yang baik dalam keluarga. Kekecewaan anak dalam keluarga cenderung membuat anak berontak dan melampiaskan kemarahannya kepada orang lain. Konflik dalam keluarga atau kesibukan orangtua menyebabkan kurangnya perhatian terhadap anak.
Tontonan media visual. Media visual terutama televisi menjadi hal yang mendukung terjadinya bullyng di sekolah. Sinetron yang tayang di televisi Indonesia sangat tidak mendidik dan penuh dengan kekerasan. Dari vidio yang beredar kasusu kekerasan yang dilakukan anak di vidio sama dengan sinetron-sinetron yang sering tayang. Sementara anak-anak  cenderung menghabiskan waktunya di depan tv.
Perasaan superior. Perasaan superior ini membuat anak ingin membuktikan dirinya kepada orang-orang lain bahwa dirinya hebat. Perilaku bullyng yang dilakukannya terhadap orang lain seolah-olah memberikan penghormatan dari anggota-anggota geng nya di sekolah.
Orangtua terlalu keras ataupun terlalu longgar. Orangtua yang terlalu disiplin tanpa memberikan keleluasan terhadap anak membuat anak menjadi tertekan dan melampiaskannya terhadap orang lain. Bentuk pemberontakan terhadap orangtuanya adalah menindas orang yang dianggapnya lemah sebagai bentuk kekesalan dan kekecewaan terhadap orangtuanya dan sebaliknya anak yang terlalu longgar atau manja cenderung akan menjadi anak yang egois karena orangtua tidak memberikan batasan atau aturan terhadap anak.
Pencarian jati diri. Pencarian jati ini biasanya terjadi pada masa remaja, remaja cenderung melakukan hal-hal yang menjadi pusat perhatian untuk pencarian jati diri dan pembuktian dirinya dikalangan teman-temannya. Dengan melakukan pembullyan anak tersebut merasa menemukan jati diri yang sebenarnya.
Balas dendam. Balas dendam ini terjadi sebagai bentuk pembalasan karena dirinya pernah di bullyng baik oleh teman, keluarga maupun lingkungannya. Balas dendam ini sebagai bentuk rasa pembalasan bahwa orang lain juga harus merasakan luka yang pernah dia rasakan.
Nilai diri rendah. Nilai diri rendah disini karena adanya rasa minder tetapi ditutupi dengan kekerasan, rasa percaya diri yang kurang akan tertutupi dengan menyakiti atau membullyng orang lain.
Tidak bahagia.Rasa ketidak bahagia inilah yang membuat perilaku bullyng terhadap orang lain, jika pelaku bullyng memiliki rasa bahagia tidak akan mungkin menyakiti orang lain. Rasa bahagia ini akan cenderung membuat dia membahagakan orang lain.
Perilaku bullyng ini tidak hanya terjadi terhadap anak sekolah b tetapi juga pada mahasiswa yang seharusnya sudah bisa berpikir dewasa masih memiliki perilaku bullyng seperti yang terjadi pada mahasiswa Gunadarma Depok. Sebagai orangtua, pendidik dan orang terdekat kita perlu memutus rantai bullyng ini karena apabila dibiarkan akan berdampak terhadap keluarga yang akan dibenatuknya kelak. Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah:
Menanamkan sikap saling menghargai. Satu ruangan kelas terdiri dari orang-orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda, suatu saat ada siswa  membullyng temannya secara rame-rame. Perlahan siswa yang membullyng temannya dipanggil dan di jelaskan secara perlahan apa dampak dan akibatnya jika itu dilakukan.  Anak tersebut perlahan akan mengerti.
Memberikan pengertian. Memberikan pengertian kepada anak bahwa membullyng teman hanya akan melukai perasaan orang tersebut, kita ajarkan anak untuk mengerti seandainya dia berada pada posisi yang di bullyng bagaimana perasaannya. Jika dia menjawab "Sedih Bu" kita jelaskan lagi, bahwa orang tersebut juga begitu jika di bullyng.
Memperbaiki hubungan Keluarga. Sebagai sebuah keluarga kita bertanggung jawab terhadap perilaku anak dan mengarahkan anak. Peran keluarga sangat penting memberikan kenyaman terhadap anak, adanya rasa aman dalam diri anak akan mengurangi perilaku buruk pada anak sehingga kita bisa memutus rantai bullyng.
Memasukkan anak dalam kegiatan positif. Perilaku anak yang cenderung bullyng dapat kita hentikan dengan memasukkan anak dalam kegiatan lain misalnya olahraga, musik dan seni sehingga anak menjadi lebih positif dan anak belajar mengapresiasi orang lain.
Memberikan sanksi tegas. Selain keluarga sekolah memiliki peluang besar untuk menghentikan bullyng.  Pihak sekolah perlu melakukan sosialisai terlebih dahulu dan akan menindak tegas pelaku-pelaku bullyng.  Apakah mengeluarkan dari sekolah adalah solusi untuk menghentikan bullyng??. Tentu tidak tetapi pembinaan bisa dilakukan tidak dengan kekerasan tetapi hanya menjalankan hukuman akibat ulahnya, misalnya merawat tanaman selama sebulan, atau membersihkan koridor selama sebulan dan banyak lainnya. Tetapi setiap sekolah punya kebijakan masing-masing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H