Jurnal refleksi modul 12.1 Pembelajaran BerdiferensiasiÂ
Merupakan salah satu tugas Pendidikan Guru Penggerak pada Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. dengan menggunakan model 4F ( Facts, Â Feelings, Â Findings, Â Future)
Apa itu model 4F
4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh dokter Roger Greenaway
4F dapat diterjemahkan menjadi 4P
- Facts ( Peristiwa)
Pengalaman, Hal baik apa saja, hambatan atau kesulitan serta solusi untuk mengatasi hambatan tersebut
- Feelings (Perasaan)
Perasaan yang muncul Selama pembelajaran dan Apa yang dirasakan saat melakukan aksi nyata
- Findings (Pembelajaran)
Pelajaran dan hal baru yang didapat selama proses pembelajaran
- Future (Penerapan)
Penerapan atau tindakan yang akan dilakukan setelah belajar dari peristiwa
Facts
Pada modul ini saya mempelajari tentang pembelajaran berdiferensiasi yang diawali dengan pretest modul 2 dan belajar membuat RPP berdiferensiasi. mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata.
Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan pada pembelajaran modul 2 ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi di mana pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan murid di dalam kelas titik untuk memulai pembelajaran berdiferensiasi guru haruslah mengetahui kebutuhan belajar murid terlebih dahulu yaitu kesiapan belajar murid minat murid dan profil belajar murid dengan mengetahui ketiga hal tersebut Kita sebagai guru dapat mudah memetakan siswa sesuai minat dan bakat yang mereka miliki.Â
Feeling
Setelah mempelajari modul 2.1 banyak sekali ilmu dan wawasan baru yang saya dapatkan titik membuat saya lebih bersemangat dalam belajar lebih tertantang untuk menyelesaikan setiap tugas dan modul. saya merasa kagum terhadap rekan cgv hebat atas ide dan gagasan yang diutarakan dalam setiap ruang kolaborasi terutama tentang pembelajaran berdiferensiasi.Â
Findings
Pembelajaran yang saya dapatkan ketika mempelajari modul pembelajaran berdiferensiasi, antara lain:
- Saya belajar dan memahami bahwasanya murid terlahir dengan keunikan dan karakter yang berbeda-beda, potensi serta minat yang beragam
- Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha guru menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu.Â
- Strategi pembelajaran berdiferensiasi  dibagi menjadi diferensiasi konten diferensiasi proses dan diferensiasi produk.
- Kebutuhan belajar siswa dibagi menjadi kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar murid
- Assessment for learning yaitu penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran  dan berfungsi sebagai penilaian formatif.
- Assessment of learning yaitu penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai titik berfungsi sebagai penilaian sumatif.
Future
Langkah awal yang akan saya lakukan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah:
 Melakukan asesmen diagnostik formatif dan sumatif
Mengatakan kesiapan belajar minat belajar dan profil belajar murid
Melakukan diferensiasi konten diferensiasi proses dan diferensiasi produk
Menciptakan pembelajaran inovatif kreatif efektif dan menyenangkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H