Mohon tunggu...
Fitria Kuncara Putri
Fitria Kuncara Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa tahun ketiga Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar Kelas VIII SMP Bahasa Indonesia: Iklan

18 Desember 2023   11:50 Diperbarui: 18 Desember 2023   11:59 519
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

INFORMASI UMUM

 

IDENTIFIKASI SEKOLAH

Penyusun                     : Fitria Kuncara Putri

Sekolah                       : SMPN 1 KARANGPANDAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester          : VIII / Gasal

Fase                             : D

Materi Pokok              : Iklan

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran @ 40 Menit

Jumlah Peserta didik   : Maksimal 36 Siswa

Target Peserta didik     : Reguler

Model Pembelajaran   : Problem Based Learning (PBL)

Kompetensi Awal

Peserta didik dapat memahami sebuah iklan serta menggunakannya untuk menyampaikan sebuah informasi dalam kehidupan sehari-hari kepada Masyarakat.

Profil Pancasila

  • Gotong royong: Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang  ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain
  • Mandiri: Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat dipertanggung  jawabkan kebenarannya
  • Bernalar Kritis: Melalui informasi ysng didapat dapat menggunakannya untuk menganalisis permasalahan maupun informasi

Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)

  • Sarana: Ruang kelas
  • Prasarana: Internet, Buku paket  Bahasa Indonesia kelas 8, Modul Ajar, Youtube, Game interaktif “Belajar Membuat Iklan”

Target Peserta Didik

Siswa Reguler

Model Pembelajaran 

Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Iklan ialah Problem Base Learning (PBL) menggunakan metode diskusi, presentasi, tanya jawab.

KOMPONEN INTI

Elemen

Berbicara dan Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks iklan.

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menyebutkan pengertian iklan, menjelaskan iklan komersial dan nonkomersial, serta menyebutkan informasi yang ada dalam sebuah iklan.
  • Peserta didik dapat menginterpretasikan pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial. Peserta didik dapat menganalisis iklan efektif dan tidak efektif.

Asesmen

  • Pretest: Formatif
  • Pengetahuan: Tes Tulis
  • Keterampilan: Berkomunikasi di depan umum dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat
  • Sikap: Observasi
  • Pemahaman Bermakna

Pertanyaan Pematik

Pertanyaan pemantik untuk peserta didik sebagai berikut.

  • Pernahkah kalian memperhatikan sebuah iklan? Iklan apakah yang menarik perhatian kalian?
  • Diantara iklan-iklan itu, adakah iklan yang terus kalian ingat? Mengapa?
  • Menurut kalian, bagian mana dari sebuah iklan yang paling menarik?

Persiapan Pembelajaran

  • Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materi dan modul ajar
  • Menyiapkan alat, bahan, dan media pembelajaran yang akan digunakan
  • Menyiapkan lembar kerja dan lembar penelitian sebagai salah satu pengambilan nilai terhadap siswa

Pengayaan dan Remidial

  • Pengayaan :
  • Diberikan untuk menambah wawasan kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKTP .
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan sesuai kesepakatan peserta didik
  • Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan pendalaman materi (kompetensi).
  • Remidial :

Diberikan kepada peserta didik yang capaian KKTP nya belum tuntas

  • Guru memberikan semangat kepada peserta didik yang belum tuntas
  • Guru memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaran ulang dengan belajar kelompok dan pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian
  • Guru meberikan beberapa tugas terkait iklan.
  • Refleksi Peserta Didik dan Guru
  • Refleksi Peserta Didik
  • Bagaimana perasaan kamu setelah mempelajari mengenai iklan?
  • Apakah kesulitan yang muncul pada saat melaksanakan pembelajaran ini?
  • Hal baru apakah yang didapatkan dari pembelajaran ini?
  • Cara belajar yang bagaimana yang paling membantumu dalam mempratekkan pembelajaran ini?
  • Pelajaran berharga apakah yang dapat anda petik dari kegiatan pembelajaran ini?
  • Apakah kamu dapat merefleksikan seluruh kegiatan pembelajaran hari ini dan dapatkah pembelajaran hari ini digunakan acuan dalam pengembangan kehidupan sehari-hari?
  • Refleksi Guru
  • Apakah peserta didik belajar dengan cara yang menyenangkan?
  • Apakah peserta didik dapat mengikuti alur pembelajaran?
  • Ada berapa persen peserta didik yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan kategori tuntas?
  • Ada berapa persen peserta didik yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan kategori tidak tuntas?
  • Pembelajaran dengan model seperti apa yang diinginkan peserta didik untuk pembelajaran selanjutnya.

Glosarium

  • Efektif: Efektif berarti menimbulkan akibat, manjur, berhasil dan berlaku
  • Platform: Sekelompok teknologi yang digunakan sebagai dasar di mana aplikasi, proses, atau teknologi lain dikembangkan
  • Analisis: Segiatan untuk memeriksa atau menyelidiki suatu peristiwa melalui data untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.
  • Communication: Perhubungan/kabar

Daftar Pustaka

Gusfitri Maya Lestari, Elly Delfia, 2021. Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Departement Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Gusfitri Maya Lestari, Elly Delfia, 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemdiknas. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengemabangan Pusat Kurikulum.

BAHAN AJAR TEKS IKLAN

Mapel              : Bahasa Indonesia

Kelas               : VIII

Semester         : Ganjil

Pertemuan       : I

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

 3.3.1. Mendata Informasi teks iklan

 3.3.2. Menjelaskan informasi teks iklan

 3.3.3. Mengidentifikasi informasi teks iklan yang dibaca dengan penuh tanggung jawab, kerja keras, dan percaya diri

 

Power Point :

https://www.canva.com/design/DAF0CKgczow/ueXoPCYeHJ0Jfk1iRIaQCg/edit

Media Pembelajaran:

https://drive.google.com/drive/folders/19wFJDIoj5nck_iqJGKKfkjcy_0Evj_Iv

Materi

Coba kalian cermati gambar dan tulisan berikut, termasuk apa gambar dan tulisan tersebut? Dimanakan biasanya gambar tersebut dapat ditemukan?

Nah, sebagai siswa kalian harus rajin membaca iklan. Dengan membaca iklan kalian akan memperoleh informasi yang sangat bermanfaat, di samping itu jika kalian mempunyai usaha bisa mempromosikannya melalui iklan. Yuk, pahami konsep iklan berikut!

  • Pengertian Teks Iklan

Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak untuk menggunakan atau memakai produk yang ditawarkan dalam iklan. Umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, dan surat kabar. Menurut Jefkins (1997) iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli. Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar.

Dewasa ini, iklan merupakan sebuah metode yang dipergunakan di tengah-tengah masyarakat untuk tujuan-tujuan di bawah ini.

  • Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.
  • Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
  • Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual banrang-barang pribadi,
  • Daftar fungsi iklan boleh jadi makin hari kian panjang, bertambah hari bertambah luas seiring  dengan kemajuan teknologi komunikasi dan perkembangan masyarakat. Namun demikian, dari sekian fungsi yang ada itu, iklan memiliki kesamaan umum, yakni kebutuhan untuk mengkomunikasikan suatu pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, dan maupun pribadi. Iklan mengkomunikasikan suatu pesan yang bisa mengandung dan mengkombinasikan beberapa tujuan yang berbeda
  • Isi Iklan

Dilihat dari isinya, iklan dikasifikasikan dalam tiga jenis.

  • Iklan Pemberitahuan

Iklan ini bertujuan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa perstiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan ini dapat berupa iklan turut berduka cita, pesta pernikahan, pelaksanaan kegiatan rapat, dan sebagainya.

  • Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. (Pujiyanto. 2014). Contohnya, iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkotik. Pengguna ini umumnya pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

  • Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat, supaya masyarakat mau membeli atau menggunakannya. Iklan penawaran juga termasuk jenis iklan niaga. Contoh iklan penawaran misalnya iklan produk, jasa, dan lain sebagainya.

  • Menyimpulkan Maksud Iklan

Menyimpulkan maksud iklan maksudnya menjelaskan dengan singkat apa yang ingin disampaikan oleh pihak pemajang iklan kepada pihak yang ditujunya. Cara menyimpulkan teks iklan:

  • Bacalah dengan cermat pernyataan-pernyataan dalam teks iklan, slogan, dan poster
  • Temukan ide yang disampaikan
  • Susunlah pernyataan berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri
  • Pola Penyajian Teks Iklan

Teks iklan disajikan berdasarkan struktur pembangun teks yang tidak baku. Namun secara umum harus memiliki unsur-unsur yang harus terdapat di dalamnya. Pada poal penyajian ini setidaknya terdiri atas judul atau nama produk, penjelasan, dan nama serta alamat pengiklan.

  • Judul atau Nama Produk

Bagian ini berisi nama produk, jasa, atau kegiatan yang diiklankan. Bagian ini adalah bagian terpenting dari sebuah iklan. Judul atau nama produk tidak selalu terletak pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Melalui bagian ini pembaca dapat mengetahui iklan yang ditawarkan meskipun tidak selalu menggambarkan produk yang ditawarkan secara jelas.

  • Tubuh iklan

Bagian ini berisi tujuan produk, jasa, atau kegiatan tersebut diiklankan. Bagian ini juga menerangkan penjelasan dan detail iklan tersebut. Aspek-aspek yang ingin disampaikan atau ditawarkan pemasang iklan disampaikan secara terperinci.

  • Nama dan Alamat Pengiklan

Bagian ini merupakan inforamsi tambahan yang juga penting disajikan, berisi nama orang, alamat, atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

  • Unsur-unsur Teks Iklan

Setiap iklan terdapat unsur-unsur pembentuknya di antaranya

  • sumber adalah pemasang iklan yang berinisiatif dan penyandang dana dari pemasang suatu iklan;
  • pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal;
  • media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-sarana lainnya;
  • penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan;
  • efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup; dan
  • umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak hal yang dinyatakan dalam slogan atau poster.
  • Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Pada teks iklan memuat kaidah kebahasaan tertentu. Berikut ini unsur-unsur kebahasaan yang sering digunakan. Ciri kebahasaan iklan:

  • Menggunakan slogan
  • Slogan sangat penting untuk dunia periklanan dengan slogan iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal.
  • Kalimat persuasif
  • Kalimat persuasif adalah Kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal.
  • Menggunakan subjek orang pertama
  • Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak seperti aku saya dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan
  • Kalimat Persusif
  • Persuasif merupakan sesuatu yang sifatnya mengajak. Artinya, kata-kata dalam teks iklan itu bertujuan supaya para konsumen yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Kalimat Imperatif
  • Selain persuasif, kata yang digunakan dalam iklan juga berwujud imperatif. Imperatif merupakan permintaan, ajakan, dorongan atau larangan. Contohnya yaitu kata ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah.
  • Memuat Fakta dan opini

Iklan yang baik harus mengandung fakta. Fakta merupakan pernyataan yang bisa dibuktikan kebenarannya. Selain itu, sebuah iklan juga mengandung pendapat yang memengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan.

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Materi                         : Teks Iklan, Slogan dan Poster

Sub Materi                  : Mengidentifikasi Informasi Dan Menyimpulkan Isi Teks Iklan

Kelas / Semester         : VIII / Ganjil

Tahun Ajaran              : 2023/2024

Tujuan:

  • Peserta didik/siswa mengidentifikasi informasi teks dan tayangan iklan
  • Peserta didik/siswa menyimpulkan isi teks dan tayangan iklan
  • Petunjuk Kegiatan:

Kerjakanlah secara berkelompok yang beranggotakan 3 - 5 orang

  • Setiap kelompok mengamati contoh iklan yang telah disediakan!
  • Identifikasi pola penyajian teks iklan kemudian berikan tanggapan. Tanggapan dapat berupa hal-hal yang sudah baik atau saran perbaikan terhadap pola penyajian teks iklan.
  • Tuliskan hasil identifikasi dan tanggapan kelompok di dalam tabel yang disediakan.

Gambar

Tayangan

https://www.youtube.com/watch?v=fORwTnXMH3I

INSTRUMEN DAN RUBIK PENILAIAN

Skor maksimal = 2 x 3 = 6

Nilai Sikap = (skor yang diperoleh/skor maksimal) x 100

Rentangan nilai:

Sangat Baik = 91 – 100

Baik = 83 – 90

Cukup = 75 – 82

Perlu Bimbingan = < 75

2. Penilaian Pengetahuan

SMP N 1 KARANGPANDAN

TAHUN AJARAN 2023/2024

Perhatikan gambar berikut!

Tema poster di atas adalah ….

a. Sosial

b. Lingkungan

c. Budaya

d. Kesehatan

Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan isinya, gambar di atas termasuk jenis iklan ….

a. permintaan jasa

b. permintaan barang

c. penawaran jasa

d. penawaran barang

Perhatikan gambar iklan berikut!

Iklan media cetak di atas, termasuk jenis iklan ….

a. Baris

b. kolom

c. display

d. advertorial

Iklan media cetak di atas, termasuk jenis iklan ….

a. Baris

b. kolom

c. display

d. advertorial

Iklan digunakan untuk soal nomor 5, 6, dan 7!

Berdasarkan isinya, gambar di atas termasuk jenis iklan ….

a. Penawaran

b. pemberitahuan

c. pengumuman

d. layanan Masyarakat

Berdasarkan bentuknya, gambar di atas disebut iklan ….

a. Baris

b. Kolom

c. Display

d. Advertorial

Pernyataan yang sesuai dengan isi iklan di atas adalah ….

a. ada empat toko yang dijual tanpa perantara

b. ada toko yang dijual oleh pihak RRI

c. toko yang dijual berada di samping masjid timur RRI

d. ada toko berukuran 4x12m yang disewakan

Iklan lowongan pekerjaan termasuk jenis iklan ….

a. permintaan barang

b. permintaan jasa

c. penawaran barang

d. layanan masyarakat

Iklan digunakan untuk soal nomor 9 dan 10!

Kalimat yang sesuai isi iklan di atas adalah ….

a. Kita tidak boleh menyebarkan suatu informasi

b. Kita harus menyaring dan menyebarkan berita hoaks

c. Kita harus berhenti menyebarkan suatu informasi

d. Kita harus menyaring informasi sebelum menyebarkannya

Sumber iklan di atas adalah ….

a. Bupati Magelang

b. Polsek Magelang

c. Polres Magelang

d. Wali Kota Magelang


KISI-KISI SOAL

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Alokasi Waktu            : 10 Menit

Kelas                           : VIII

Jumlah Soal                : 10 Soal pilihan ganda

Penyusun                     : Fitria Kuncara Putri

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL

TINGKAT KESULITAN

JENIS SOAL

NO. SOAL

PG

ESSAY

1

3.3.1. Mendata Informasi teks iklan

Unsur-unsur dan jenis teks Iklan

mudah

1,2,3,4,5,7,8

2

3.3.2. Menjelaskan informasi teks iklan

Penyimpulan maksud suatu Iklan

sedang

6,9,10

Skor maksimal = 10 x 10 = 100

Nilai Sikap = (skor yang diperoleh/skor maksimal) x 100

Rentangan nilai:

Sangat Baik = 91 – 100

Baik = 83 – 90

Cukup = 75 – 82

Perlu Bimbingan = < 75

Penilaian Ketrampilan

Instrumen Penilaian Keterampilan – Hasil dan Observasi pada Pengerjaan LKPD

Rubrik Penilaian Kerja

Keterangan:

Skor 1 menunjukkan kurang baik

Skor 2 menunjukkan cukup baik

Skor 3 menunjukkan baik

Skor 4 menunjukkan sangat baik

  • Kelompok yang mempunyai jumlah skor 0 - 19 berpredikat kelompok kurang baik
  • Kelompok yang mempunyai jumlah skor 20 - 39 berpredikat kelompok cukup baik
  • Kelompok yang mempunyai jumlah skor 40 - 59 berpredikat kelompok baik
  • Kelompok yang mempunyai jumlah skor 60 - 79 berpredikat kelompok

Refleksi Peserta Didik

Nama                : ………………………………………………………………………......

Sekolah             : …………………………………………………. ………………………

Kelas                 : ………………………………………………………………………….. 

Mapel               : ………………………………………..........………………………….. 

Waktu               : Hari …………...…..….…, Tanggal …………………....…….

Petunjuk:

Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Jawablah dengan jujur karena ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Kamu hanya perlu menjawab sesuai ekspresi yang ada di lembar ini yang menggambarkan perasaan kamu sangat sedih, sedih, senang atau sangat senang dengan memberi tanda ceklis ().

Refleksi Guru
Nama: …………………………………………………
Kelas yang diampu: …………………………………………………
Waktu: Hari …………, Tanggal ……………………….

Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
1.Apakah ada permasalahan baik dalam persiapan maupun pada saat proses pembelajaran terkait dengan sarana dan prasarana?
Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………….
2.Apa hal menarik yang saya temukan selama proses pembelajaran? Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
3.Apakah siswa telah menunjukkan antusiasme selama pembelajaran? Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
4.Apa yang belum dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran ini? Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
5.Apa yang perlu diperbaiki dari pembelajaran yang sudah dilakukan? Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
 

Refleksi Guru Senior
Sekolah: SMP N 1 Karangpandan
Nama Observer  : Fitria Kuncara Putri
Waktu: Hari Jumat, Tanggal 15, September 2023

Petunjuk Pengisian Lembar Observasi
Berilah tanda () pada setiap kolim di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda
lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

Ya: Apabila hasil pengamatan yang dilakukan memenuhi aspek
Tidak: Apabila hasil pengamatan yang dilakukan tidak memenuhi aspek

Penilaian Observasi keterlaksanaan pembelajaran

KEGIATAN SEBELUM KUNJUNGAN KELAS TELAAH MODUL AJAR
 
Nama Praktikan: Fitria Kuncara Putri
Sekolah: SMP N 1 Karangpandan
Kelas/Semester: VIII A/Semester Ganjil
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Lingkup Materi: Iklan
Hari/Tanggal: Jumat, 15 September 2023

Nilai = (jumlah skor x 100)/32 = ...

SARAN

PERBAIKAN : …

Surakarta,

Guru Pamong/Dosen Pembimbing

.............................................................

NIP.......................................................

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun