Mohon tunggu...
Firliana Marita
Firliana Marita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jadilah apa yang kau mau, tanpa perlu melampaui batasan🥰

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implentasi Penggunaan Model PBL dengan Media Fotografi dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas XI

9 Desember 2022   05:19 Diperbarui: 9 Desember 2022   05:22 418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21 agar mampu mengikuti arus perkembangan teknologi terbaru. Terutama pada ranah komunikasi yang telah masuk ke sendi kehidupan, maka dari itu peserta didik diharuskan untuk bisa menguasai empat keterampilan belajar (4C), yakni: creativity and innovation, critical thinking and problem solving, communication dan collaboration. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan pendidik harus sesuai dengan pembelajaran abad 21, mulai  dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Adapun latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena masih ada kondisi yang menjadi latar belakang masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran  menulis teks eksplanasi yaitu:

  • Proses pembelajaran yang dilaksanakan belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik materi;
  • Kurangnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi;
  • Peserta didik cenderung pasif;
  • Hasil belajar menulis teks eksplanasi peserta didik masih rendah;
  • Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini menggunakan metode konvensional dimana guru menjadi pusat dari pembelajaran;
  • Pemanfaatan teknologi informasi (TIK) dalam pembelajaran belum optimal.

Peran dan tanggung jawab pendidik dalam praktik pembelajaran ini adalah mendesain dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan sesuai dengan langkah langkah pembelajaran Problem Based Learning. sebagai seorang pendidik juga berperan dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model, metode, dan media yang dekat dengan kehidupan peserta didik yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Pada Penelitian   ini penulis memilih menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi.  Adapun tujuan pada proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning ini memiliki tantangan yang dihadapi yaitu:

  • Persiapan yang matang dalam pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif
  • Pengajaran yang kreatif, menyenangkan, dan menumbuhkan minat belajar siswa
  • Persiapan alat yang dibutuhkan dalam pembelajaran seperti laptop, proyektor, speaker, dll.
  • Penerapan model pembelajaran yang inovatif yaitu model problem based learning

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan

Dalam mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut penulis melakukan beberapa langkah sebagai berikut;

1. Persiapan yang matang dalam pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif

 Penulis sebagai pendidik sebelum memulai pembelajaran harus memastikan bahwa perangkat pembelajaran yang saya susun harus sesuai dengan model problem based learning. Perangkat pembelajaran yang digunakan meliputi rencana aksi dan rencana evaluasi. Rencana aksi melipti penyusunan RRP, bahan ajar, media, LKPD, dan assesment. Rencana evaluasi meliputi jurnal refleksi, jurnal wawancara, lembar penilaian sikap, lembar survei dan artefak belajar peserta didik. Rencan aksi dan rencana evaluasi iti dilaksanakan untuk kepentingan pembelajaran menulis teks eksplanasi.

2. Pengajaran yang kreatif, menyenangkan, dan menumbuhkan minat belajar peserta didik

Langkah yang penulis lakukan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, menyenangkan, dan menumbuhkan minat belajar peserta didik yaitu menerapkan model problem based learning dengan menggunakan media fotografi dan ice breaking diawal pembelajaran.

3. Persiapan alat yang dibutuhkan dalam pembelajaran seperti laptop, proyektor, dll

Langkah yang dilakukan yaitu dengan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan melakukan pengecekan sebelum digunakan dalam menunjang proses pembelajaran menulis teks eksplanasi.

4. Penerapan model pembelajaran yang inovatif yaitu model problem based learning.

Langkah yang penulis lakukan adalah menerapkan model  problem based learning dengan media fotografi sehingga siswa dapat memecahkan masalah dengan berdiskusi kelompok untuk menyusun teks eksplanasi.

Strategi Pelaksaan

Strategi yang digunakan dalam menyelesaikan tantangan, penulis menerapkan model problem based learning dengan media fotografi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi

Proses Pelaksaan

Strategi tersebut dilakukan penulis berdasarkan pelaksanaan rencana aksi dan rencana evaluasi pembelajaran menulis tes eksplanasi.

 

1. Dampak dari aksi langkah yang dilakukan

Penerapan model  problem based learning dengan media fotografi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, berdampak pada meningkatnya hasil belajar peserta didik. Peningkatan belajar peserta didik dengan model tersebut sangat efektif. Hal tersebut didukung dengan capaian hasil  belajar peserta didik di LKPD seperti terlampir dibawah ini:

2. Respon Orang Lain

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan adalah baik karena dengan model problem based learning membuat peserta didik lebih mudah dalam menulis teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara kepada 16 peserta didik pada pembelajaran menulis teks eksplanasi  dengan menerapkan model  problem based learning dengan media fotografi  dapat disimpulkan bahwa (1) peserta didik menyukai model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik; (2) peserta didik dapat menyebutkan kelebihan pembelajaran; (3) peserta didik memberi kesan yang sangat bagus; (4) peserta didik tidak memiliki kesulitan dalam mengikuti pembelajaran; dan (5) peserta didik dapat memberikan saran yang mendukung pembelajaran berikutnya.

3. Faktor Keberhasilan

Keberhasilan strategi best practice adalah bagaimana hasil yang diperoleh dari hasil pengisikan jurnal refleksi yang disajikan oleh pendidik. Dalam pembelajaran ini berdasarkan analisis lembar jurnal peserta didik yang diberikan pendidik kepada 16 peserta didik, mengenai pembelajaran     menulis teks eksplanasi dengan menerapkan model problem based learning dengan media fotografi  dapat disimpulkan bahwa, (1) hal yang paling berkesan adalah pembelajaran menarik karena menyenangkan; (2) yang didapatkan dalam pembelajaran ini adalah peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok, (3) peserta didik tidak memiliki kesulitan dalam pembelajaran; (4) peserta didik berharap agar model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini dapat diterapkan lagi untuk pertemuan berikutnya; dan (5) model pembelajaran problem based learning yang diterapkan pendidik memudahkan peserta didik dalam membuat teks eksplanasi.

4. Lesson Learned

Lesson learned yang dapat disimpulkan dari pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model problem based learning dengan media fotografi dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan dengan capaian hasil belajar peserta didik yang menunjukan peningkatan. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun