Sejarah SingkatÂ
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal sebagai JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, berkat jaringan dan jangkauan area distribusinya yang mencakup lebih dari 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau terluar, dengan gerai penjualan berjumlah lebih dari 8.000 titik dan mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia.
PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE EXPRESS) didirikan oleh Bapak H. Soeprapto, pada tahun 1990. PT. Jalur Nugraha Ekakurir memulai kegiatan usahanya berpusat pada kegiatan kebapeanan atau impor kirim barang atau dokumen serta pengantarnya dari luar negeri ke Indonesia. Lingkup bisnis yang di jalani oleh PT. JNE EXPRESS adalah pengiriman (courier), penyimpanan dan pendistribusian (logistic dan distribution ), transportasi (moving, trucking, air sea cargo), kepabean (custom clereance), penjemputan bandara (escort service), pengiriman uang (money transfer).
Visi dan Misi Perusahaan.
Visi
- Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global.
- Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia.
- Sukses hanya dapat dicapai melalui kerjasama usaha integral dalam
- perkembangan. Mendorong proses belajar dan berubah menuju pertumbuhan, kesempurnaan dan pencapaian keuntunga.
Misi
- Untuk Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten.
- Melayani segenap lapisan masyarakat Indonesia baik perumahan maupun perkantoran dan industri melalui jaringan layanan pengiriman ekspres.
- Memadukan efektivitas, efisiensi dan fleksibilitas jasa yang prima untuk menjadikan JNE pilihan utama dalam pengiriman dokumen, paket dan kargo peka waktu di Indonesia.
Tata Nilai Peusahaan
- Jujur (Kita perkuat fondasi diri. Kejujuran adalah kunci dari nama baik dan reputasi).
- Disiplin (Kita jaga marwa organisasi dengan tepat waktu , berkomiten dan saling mengingatkan)
- Tanggung Jawab (Kita kerjakan yang telah direncakan menjadi kewajiban. Tanpa terkecuali, seutas-utasnya, sebaik-baiknya)
- Visioner (Kita lebihi harapan pelanggan. Selangkah didepan dalam pelayanan, kecepatan dan kepastian).
Struktur Organisasi
- President Director
- Excutive Director
- Secretary
- Finance & Administration Director
- HRD Senior Manager
- Sales & Marketing Director
- Marketing Senior Manajer
- Operation Director
- Operating Senior Manager
Pengangaran dan Keuangan
PT. JNE menggunakan beberapa model anggaran dalam mengelola keuangan dalam perusahaannya. Model tersebut meliputi:
- Penganggaran Tradisional atau Traditional Budgeting : Dimana penganggaran ini menggunakan data tahun sebelumnya sebagai dasar penganggaran untuk tahun selanjutnya.
- Activity-Based Budgeting: Dimana memungkinkan JNE untuk mengalokasikan sumber daya berdasarkan aktivitas spesifik yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis.
- Zero-Based Budgeting: Dimana PT. JNE pasti memerlukan evaluasi ulang dari setiap anggaran dari awal, tanpa mengasumsikan bahwa anggaran tahun sebelumnya adalah dasar yang tepat.
PT. JNE menghasilkan pendapatan dari berbagai layanan logistik seperti pengiriman paket, pengiriman dokumen, dan layanan ekspedisi lainnya. Pendapatan mereka dapat dipengaruhi oleh volume pengiriman dan tarif yang dikenakan. Biaya operasional PT. JNE meliputi biaya bahan bakar, gaji karyawan, biaya pemeliharaan armada, biaya pengadaan teknologi informasi, dan biaya umum lainnya terkait dengan operasi mereka.
 PT. JNE mengukur profitabilitasnya melalui rasio seperti laba bersih, marjin laba kotor, dan marjin laba bersih. Ini mencerminkan efisiensi operasional dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dari aktivitas mereka. Pertumbuhan dan Ekspansi berisi Informasi tentang rencana pertumbuhan, ekspansi ke pasar baru, atau diversifikasi layanan juga dapat mempengaruhi kinerja keuangan PT. JNE.
Perencanaan Strategi dan Operasional
- Membuat inovasi berupa produk baru
- Menyebar dan memperbanyak lokasi JNE
- Mengurangi human error
- Memberikan pelayaan dengan tarif yang terjangkau
- Internet marketing
- Promosi
- Menjaga hubungan baik dengan konsumen
Pelaksanaan dan Pengukuran kerja
PT. JNE menggukaan beberapa pengukuran. sebagai berikut:
- On-Time Delivery Performance Ini digunakan untuk mengukur persentase kiriman yang tiba tepat waktu sesuai dengan jadwal yang dijanjikan kepada pelanggan.
- Delivery Accuracy utuk mengukur tingkat akurasi pengiriman barang sesuai dengan pesanan yang diterima.
- Customer Satisfaction Index (CSI) PT. JNE melakukan pengukuran dengan survei dan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan untuk mendapatkan nilai indeks kepuasan pelanggan.
Pegawasan dan EvaluasiÂ
- Melakukan Monitoring Operasional Real-time
- Melakukan Audit internal secara berkala
- Mengkontrol kualitas
- Mevaluasi kinerja karyawan
Kondisi Perusahaan menggunakan balance scorcard
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dengan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif binis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal menunjukan hasil kinerja yang menurun, hal ini ditunjukkan dari hasil kuesioner kepuasan pelanggan dalam hal pelayanan jasa serta ukuran lainnya.
Selain itu, perspektif keuangan menunjukkan bahwa JNE mampu untuk menghasilkan keuntungan melalui modal sendiri walaupun sempat mengalami penurunan yang disebabkan dengan banyaknya pesaing baru Sehingga banyaknyakompetitor yang menawarkan produk jasa yang bisa melakukan pengirimanya lebih cepat dan bisa mengambil barang kerumah dan kantor tanpa adanya minimal penjemputan barang.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI