Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sejarah Fiksiana Community

15 Agustus 2024   22:36 Diperbarui: 15 Agustus 2024   22:44 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada malam yang sama, admin Kompasiana Isjet menayangkan tulisan: Rubrik Fiksi Akan jadi Kanal (Mohon Saran dan Masukan) itulah cikal bakal kanal Fiksiana yang sekarang bisa Kompasianer nikmati.

Tak lama berselang lahir kembali event Fiksi Surat Cinta, hasil karya peserta kembali dibukukan.

Kanal Fiksiana di Kompasiana launching dengan latar oranye dan biru. Lalu grup FB Malam Prosa kolaborasi saya tutup, dengan tujuan lebih baik bikin grup baru yang tahan lama, karena biasanya setiap selesai bikin event, maka grup ditutup, mau bikin event baru, bikin grup lagi. Begituuu terus. Saya kan lelah booo.

Makanya, akhirnya saya membuat grup FB Fiksiana Community pada tanggal 6 Oktober 2011. Itulah sejarah berdirinya FC. Sebetulnya hanya berubah nama saja, karena tujuannya tetap sama dengan grup sebelumnya. Mengumpulkan para pecinta fiksi Kompasiana, mengajaknya bikin event, berteman, berkolaborasi, dan menulis fiksi. Saya rasa dari grup tersebut, maka banyak Kompasianer yang akhirnya saling kenal dan berteman hingga sekarang, atau terlibat cinta-cintaan. Ngaku aja deh.

Saya pun jadi bernostalgila bagaimana keritingnya jari saya meng-inbox kompasianer untuk ikutan event FC. Sehingga yang nggak pernah nulis fiksi pun jadi ketularan nulis. Mengajak mereka untuk bergabung di grup FB, ikutan event, menjodohkan mereka untuk berkolaborasi.


Hingga sekarang member-nya tercatat sudah 10 ribu lebih, dengan admin yang sering diregenerasi. Empat tahun sudah kanal Fiksiana dan grup FB Fiksiana Community berdiri.

Oh, katanya ada yang heran kenapa akun Fiksiana Community sudah ada sejak Oktober 2010? Sini dengerin saya. Akun tersebut awalnya akun pribadi milik saya, yang tak dipakai lagi karena saya bikin akun Langit Quinn pada 4 Jan 2011. Lalu akun tersebut digunakan untuk akun fiksi. Dulu namanya Cinta Fiksi. Setelah ada Fiksiana Community, maka saya ubah menjadi Fiksiana Community, gitu vroh!

Jadi plisss deh jangan lihat tanggal dibuatnya akun FC di Kompasiana ini, ga ada hubunganya itu mah. Kanal Fiksiana juga lahir belakangan dibanding event-event fiksi yang kami buat.
Kompasianer yang turut membesarkan grup tersebut sejak awal berdiri dan bahkan sebelum grup tersebut ada: Granito Ibrahim, Erri Subakti, Fahmi Idris, Selsa. (Merekalah yang tahu sejarah awalnya dan turut menjadi saksi  awal mula grup berdiri dan ada.)
Admin penerus di FC tak terhitung jumlahnya dan silih berganti ada yang keluar dan masuk.

Saat ini admin yang aktif: Sekar (editor), Granito (desain), Fahmi, Doni, Ratih, Selsa, Sri Subekti, Arista, Fatih, Ajo Gaaro, Revangga dan Rudie Chakil

Grup kami pernah diulas di media mainstream Warta Kota di sini.

Dari Fiksiana Community, tercatat sudah belasan event dibuat dan dibukukan. Baik secara indie maupun bekerja sama dengan penerbit. Untuk saat ini karya-karya pada event FC dibukukan oleh penerbit Jentera Pustaka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun