Hampir tiap tahun saya tak pernah absen di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018. Kali ini saya mampir ke booth Mazda di Hall 6, ICE, BSD, Kabupaten Tangerang. Oh ya, ICE BSD ini punya 10 Hal dan semua benar-benar terisi untuk acara GIIAS di ICE BSD sampai tanggal 12 Agustus 2018 nanti.
Ngomong-ngomong soal Mazda, dulu sempat jajal Mazda Biante sampai saya siksa naik naik ke Gunung, Puncak Darajat di Garut, Jawa Barat hahaha. Pulang pulang mobilnya kena gores. Untunglah cuma mobil test drive, kalau mobil pinjaman bisa-bisa kelar deh gajian langsung ganti rugi.
Momen sama Mazda itu ceritanya banyak dan paling berkesan. Kali ini saya malah tertarik sama Mazda3. Kata orang ini kakaknya Mazda2 yang laris di pasaran.
Eksterior
Sekarang orang kenal Mazda itu sebagai mobil stylish dan elegan. Coba aja deh lihat dengan konsep KODO dengan tampilan wajah yang hampir mirip di beberapa tipe.
Ibaratnya Mazda ini adalah mobil Jepang dengan rasa Eropa. Kalau lihat tampilan mobil Mercy dan BMW, hampir semua tipe punya garis wajah yang sama. Bahkan, dengan sekali melihat tampangnya saja kita sudah bisa mengenal bahwa ini adalah mobil Mazda. Itulah kesan pertama kali saat mengunjungi booth Mazda di Hal 6, ICE BSD.
Kapasitas mesinnya pun lebih besar. Mazda3 punya kapasitas mesin 2000cc sedangkan adiknya Mazda2 memiliki kapasitas mesin 1500cc.
Soal tampilan hatchback Mazda ini beneran gak bakal malu-maluin deh. Worth it banget dengan harga 400 jutaan yang ditawarkan oleh Mazda.
Yang pertama kali paling mencolok sih emang matanya. Sudah LED proyektor dengan auto leveling. Jadi, intensitas cahayanya bisa diatur. Selain itu juga lampu utama Mazda 3 sudah dilengkapi dengan Adaptive Front-Lighting (AFC). Fungsinya saat belok, cahaya akan mengikuti kemudi jadi tidak lurus dan kaku.
Nah, kalau dalam kondisi berkabut atau pada siang hari sekalipun, demi keamanan Mazda 3 sudah dilengkapi dengan H/R Running Lamp sehingga memberikan posisi bagi lawan. Â Â
Interior
Soal interior benar-benar terasa berbeda. Berada di balik kemudi Mazda 3 selama 15 menit saja sudah membuat saya jatuh cinta. Apalagi dengan setting kursi secara electric yang dibalut dengan lapisan jok kulit tebal.
Tapi, untuk penumpang di depan dan kursi di balik kemudi memang menjadi hot seat yang sudah pasti punya porsi lebih untuk mendapatkan perhatian.
Dapur Pacu
Dengan mesin berkapasitas 2000 cc untuk hatchback yang kecil dan lincah ini menurut saya sudah lebih dari cukup. Apalagi jika digunakan di dalam kota. Enaknya dengan kapasitas mesin besar itu paling nyaman kalau dibawa ke luar kota.
Biasanya untuk mobil transmisi automatic lainnya jika RPM sudah naik kadang pertambahan kecepatannya mengalami delay, Meskipun memang bukan jadi soal tapi bagi yang terbiasa bawa manual ke matic rasanya dengan teknologi skyactiv ini seperti mengemudi mobil matic tapi dengan respon mobil manual yang lebih gesit dan lincah.
Kelebihan dan Kekurangan
Meskipun memang punya segudang fitur canggih, Mazda 3 ini bakal lebih apik lagi kalau mesinnya sudah ditambahkan dengan turbo. Bukan semata ingin mengikuti kompetitor justru untuk bisa lebih bersaing dengan kompetitor. Sayang banget kan kalau harganya sudah tinggi akan lebih bagus lagi jika kecepatannya juga bisa diandalkan.
Kesimpulan
Saat sesi test drive dengan menggunakan Mazda 3 memang terasa seperti mengendarai mobil mewah. Apalagi untuk kursi pengemudi sudah dilengkapi dengan fitur lumbar supportadjustment. Buat cowok-cowok yang punya perut buncit jadi tidak akan merasa perutnya tertekan lagi saat mengemudi hahaha.
Dari pengalaman test drive dan melihat semua kelebihan yang ada, hatchback ini layak banget kalau buat diajak nongkrong ke Mall maupun Kondangan. Gak mau-maluin lah meskipun cuma hatchback doang.
Dzulfikar Alala
Blog: https://dzulfikaralala.com
IG: https://instagram.com/dzulfkar
FB: https://facebook.com/dzulfikar
TW: https://twitter.com/dzulfikaralala
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H