Dosen Pengampu: Bu Naili Rofiqoh. S.Psi., M.si.
Nama: Feren Nevita Meiliana (191330000558)
Kelas : 3 PGSD A3
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN , UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA 2020
(Essay dibuat untuk tugas UTS mata kuliah Bimbingan Konseling )
“ Strategi Pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus ( Tuna Netra )”
PENDAHULUAN
Bimbingan dalam konseling yaitu suatu tindakan dalam perlakuan bantuan kepada peserta didik melalui tindakan dalam lingkup lingkungan sekitar. Dalam mengupayakan tindakan bimbingan ini melalui dengan seorang konselor yang merupakan tenaga ahli atau profesional dalam hal bimbingan dan konseling . Tujuan dalam penindakan Bimbingan Konseling yaitu untuk membantu kepada peserta didik agar melihatkan kemampuan dia melalui kompetensi yang dimiliki dari peserta didik tersebut agar perkembangan anak tersebut optimal dengan baik dengan diolah kemampuannya.
Dalam adanya program bimbingan konseling ini kita sebagai konselor dapat memberikan pengaplikasian dalam penanganan anak yang berkebutuhan khusus salah satunya yang saya bahas kali ini yaitu anak Tuna Netra yang memiliki permasalahan dalam indra penglihatannya secara dari lahir, meskipun adanya permasalahan dalam indera penglihatannya mereka masih punya saraf yang normal seperti anak yang lain.
Adanya pelayanan khusus bagi anak Tuna Netra yang berbeda dengan anak yang lain, maka dari itu para pemerintah harus memberikan suatu perhatian penuh bagi anak yang berkebutuhan khusus yaitu Tuna Netra. Kita harus memberikan pelayanan khusus agar tidak merasa terasingkan dan didiskriminasi dalam hal pendidikan di lingkungan sekitarnya. Dibutuhkan pula dengan adanya pendampingan khusus bagi mereka yang menyandang tunanetra.
PEMBAHASAN