Mohon tunggu...
Vitri Indarti
Vitri Indarti Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Saya adalah pekerja wisata.\r\ndan ingin menonjolkan wisata klaten yang indah.\r\nphone 087803876368\r\ncall me for travelling information in jogja and klaten\r\n

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

buku harian putri prambanan bg 5

17 Februari 2014   05:24 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:45 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Saat jiwaku ingin menyentuh jubahMu ya Tuhanku.. takdirku mengikatku pada kumpulan asap yg menghitam. Andai kuasamu menyentuhku Bapa... kan dengan bahagia kurangkai untaian mawar untuk memahkotaiMu.

Serena meraih surat ibunya. Menimbang dgn berat. Segalanya akan terungkap siapkah dia?

Dear serena.

Mazel tov anakku... proficiat kau sudah lulus SMA. Sudah cukup dewasa untuk mendengar cerita ini. Tentang sebuah tanggung jawab. Sudah menjadi tanggung jawabku berceritanamun jika hanya surat ku yg kau terima anggaplah aku telah gagal menemukan jalan untuk menemuimu.

Aku adalah seorang putri pewaris tradisi. Eyangku seorang bangsawan bergelar Raden Mas demikian ayahku bergelar Raden Bagus. Namun ibuku hanyalah wanita desa yg bukan priyayi. Ayahku diusir setelah menikahi ibuku. Namun eyangku trlalu angkuh untuk mengakui paman ku. Simbah Ratri memang hanya petani biasa. Berbeda dengan eyang Nawang yg bergelar Raden Roro. Setelah ibuku meninggal krn sakit ayahku dipanggil ke rumah dan aku ditunjuk menjadi pewaris tradisi. Aku baru menginjak usia 13 tahun saat aku memiliki gelar baru. Nama eyangku . ..

Aku terikat dengan tradisi. Dan belajar tradisi jawa adalah bagian dari hidupku sejak itu. Membuatku hanya diam saat pria yg kucintai pergi dari dunia ku.  Selamanya. Hingga akhirnya aku bertemu ayahmu. Yg bernama sama dengan ke kasih ku. Aku berontak. Aku kabur.  Dan memaksa mas adrian menikah kan ku..  Joseph Adrian dengan sekar nawang sari. Hingga akhirnya calon suami pilihan eyang menemukan kami dan mengusir suamiku dr negara ini.  Saat kusadari aku hamil, aku tau. Aku harus sembunyi. Aku ingin tetap sembunyi selama mungkin. Tapi ketika aku sadar ikatan ku dan gelarku. Aku tau aku harus pulang.

Serena. Kau punya pilihan. Kau adalah pewaris gelarku.  Tapi aku sudah membuatmu menjadi warga negara belanda. Ayahmu ada di belanda. Carilah dia karena aku tak mampu.  Namun sebelum kau pergi. Jadikanlah keturunan paman ku menjadi penerus tradisi.

Raden Roro Nawang sari itulah gelarku. Gelar eyangku dan  Gelarmu ketika aku tiada.

Raden Bagus Permadi dan Sundari adalah orangtuaku. Joseph Christopher Adrian adalah ayahmu dan eyang buyutmu bernama raden mas cakra penduduk Sekitar mengenalinya sebagai raden sepuh.

Inilah silsilahmu serena. Dan jika kamu mau,  kau bisa mengklaim statusmu.

Ibu yg selalu mencintai mu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun