Berikut penulis akan menjelaskan sedikit tentang definisi, beberapa tokohnya dan beserta pemikiran tokoh filsafat pendidikan esensialisme, yaitu :
1. Pengertian Filsafat Pendidikan Esensialisme
Esensialisme ini merupakan salah satu aliran pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan. Dengan demikian aliran ini memandang bahwa pendidikan hendaklah berpijak pada nilai dan tata yang jelas.
2. Tokoh Filsafat Pendidikan Esensialisme
a. William C. Begley
Merupakan salah satu filosofi yang lahir di Amerika Serikat. Dimana pemikirannya yaitu tentang fungsi pendidikan, bahwa pendidikan memiliki fungsi untuk menyampaikan warisan budaya dan sejarahnya kepada generasi muda.
Selain itu pemikirannya juga tentang esensialisme yang terbagi menjadi empat yaitu pertama tentang minat dan upaya belajar, kedua melalui pengawasan dan bimbingan orang dewasa, ketiga kedisiplinan diri, dan yang terakhir tentang teori pendidikan.
b. Thomas Briggs
Pemikiran Thomas Briggs yaitu tentang sekolah-sekolah yang gagal dalam mentransmisikan warisan-warisan sosial yang ada.
c. Frederick Breed
Pemikirannya yaitu bahwa kultur yang memiliki pengetahuan umum telah diberikan pada siswa di sekolah-sekolah dengan menekankan serta mendukung pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.
d. Isac L. Kandell
Kandell merupakan seorang pelopor bidang pendidikan komparatif yang berasal dari Romania. Pemikirannya tentang materi pelajaran, dimana materi pelajaran ini bukan merupakan bukti untuk menyelesaikan masalah sosial tetapi sebagai sumber nilai perilaku sosial.
Semoga bermanfaat,
Terima kasih:)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H