Mohon tunggu...
Febri Handini
Febri Handini Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Hii!!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keterampilan yang Dibutuhkan Mahasiswa di Era Industri 4.0

17 Juni 2024   07:12 Diperbarui: 17 Juni 2024   07:24 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

oleh

Febrihandini

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstrak. Era Industri 4.0 telah mengubah lanskap ekonomi global secara signifikan, memperkenalkan tantangan dan peluang baru bagi pendidikan tinggi. Artikel ini membahas keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa di Era Industri 4.0, dengan fokus pada adaptasi terhadap perubahan teknologi, pasar kerja yang dinamis, dan tuntutan untuk berkolaborasi secara lintas disiplin. Era Industri 4.0 menuntut mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi yang terus berubah. Selain itu, mahasiswa perlu memiliki kemampuan kreatif untuk berinovasi dan menciptakan solusi baru dalam menghadapi tantangan kompleks di pasar kerja. Kemampuan pemecahan masalah yang kuat juga menjadi kunci, di mana mahasiswa diharapkan mampu menganalisis situasi, mengidentifikasi masalah, dan merancang solusi yang efektif. Komunikasi efektif menjadi keterampilan penting dalam Era Industri 4.0, di mana kolaborasi antarindividu dan tim menjadi semakin penting dalam lingkungan kerja yang terhubung secara global. Selain itu, kepemimpinan adalah keterampilan yang semakin diperlukan dalam mengelola perubahan dan memotivasi tim. Terakhir, keterampilan adaptasi menjadi penting, di mana mahasiswa perlu mampu belajar secara mandiri, beradaptasi dengan perubahan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan sepanjang karir profesional mereka.

            Kata Kunci: Industri 4.0, keterampilan teknis, keterampilan lunak, mahasiswa, teknologi digital, pendidikan, pasar kerja

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Era Industri 4.0, yang juga dikenal sebagai revolusi industri keempat, ditandai oleh integrasi dunia fisik dan digital melalui teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), big data, dan robotika. Revolusi ini tidak hanya mengubah cara kita bekerja dan berbisnis tetapi juga mempengaruhi sistem pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja masa depan. (Imron, Maisyaroh and Amirul, 2020) Mahasiswa, sebagai calon tenaga kerja dan pemimpin masa depan, harus mempersiapkan diri dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh Era Industri 4.0.

Perubahan drastis yang dibawa oleh Era Industri 4.0 menuntut penyesuaian dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan tinggi. Institusi pendidikan tinggi harus beradaptasi dengan cepat untuk memastikan bahwa kurikulum mereka mencerminkan kebutuhan pasar kerja yang dinamis dan teknologi yang berkembang pesat. (Kompetitif and Era, 2019) Sementara itu, mahasiswa harus mengembangkan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Keterampilan-keterampilan ini mencakup, namun tidak terbatas pada, literasi digital, pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan kemampuan adaptasi.

Literasi digital menjadi dasar yang sangat penting dalam Era Industri 4.0. (Hasfera and Fadli, 2019) Mahasiswa harus memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi informasi dan komunikasi, serta kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi ini dalam berbagai konteks. Selain itu, kemampuan untuk menganalisis dan memanfaatkan data besar (big data) menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan yang berbasis data.

Kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah juga menjadi keterampilan utama yang dibutuhkan di Era Industri 4.0. (Prianto et al., 2019) Mahasiswa perlu mampu berpikir kritis dan kreatif untuk menemukan solusi inovatif terhadap masalah kompleks yang dihadapi oleh industri dan masyarakat. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk tidak hanya mengikuti perubahan tetapi juga menjadi agen perubahan yang aktif.

PEMBAHASAN

A. Keterampilan Teknis yang Diperlukan

Di Era Industri 4.0, keterampilan teknis menjadi sangat penting. Beberapa keterampilan teknis utama yang dibutuhkan meliputi:

1.Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin: Pemahaman tentang bagaimana AI dan machine learning bekerja dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks industri adalah keterampilan yang sangat dicari.

2.Pemrograman dan Pengembangan Perangkat Lunak: Keterampilan dalam bahasa pemrograman seperti Python, Java, dan C++ sangat penting untuk mengembangkan solusi teknologi.

3.Analisis Data dan Big Data: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data besar membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan strategi bisnis yang lebih efektif.

4.Internet of Things (IoT): Pemahaman tentang bagaimana perangkat yang terhubung dapat mengumpulkan dan berbagi data untuk meningkatkan efisiensi operasional.

5.Keamanan Siber: Dengan meningkatnya ancaman terhadap keamanan data, keterampilan dalam melindungi sistem dan data dari serangan siber menjadi krusial.

B. Keterampilan Lunak yang Diperlukan

Selain keterampilan teknis, keterampilan lunak juga sangat penting untuk beradaptasi dengan perubahan cepat di Era Industri 4.0. (Kurniawan, 2020) Beberapa keterampilan lunak utama yang dibutuhkan meliputi:

1.Kemampuan Beradaptasi dan Fleksibilitas: Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi dan pasar yang cepat sangat penting.

2.Pemecahan Masalah yang Kompleks: Keterampilan dalam menganalisis masalah yang rumit dan menemukan solusi yang efektif sangat berharga.

3.Kreativitas dan Inovasi: Kemampuan untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru yang inovatif adalah aset berharga di lingkungan yang kompetitif.

4.Kolaborasi dan Kerja Tim: Kemampuan untuk bekerja efektif dalam tim dan berkolaborasi dengan orang lain dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu.

5.Kepemimpinan: Keterampilan dalam memimpin tim, membuat keputusan yang tepat, dan menginspirasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

C. Peran Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan Industri 4.0. Beberapa langkah yang dapat diambil oleh institusi pendidikan meliputi:

1.Mengintegrasikan Teknologi dalam Kurikulum: Memastikan bahwa kurikulum mencakup keterampilan teknis yang relevan seperti pemrograman, analisis data, dan keamanan siber. (Harahap, 2019)

2.Fokus pada Keterampilan Lunak: Selain keterampilan teknis, institusi pendidikan harus mengajarkan keterampilan lunak seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kerja tim. (Siswati, 2019)

3.Kerjasama dengan Industri: Membangun kemitraan dengan perusahaan dan industri untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

4.Pengembangan Program Magang dan Proyek Nyata: Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis melalui magang dan proyek nyata yang terkait dengan teknologi terbaru.

5.Pendidikan Berkelanjutan: Mendorong budaya belajar sepanjang hayat sehingga mahasiswa selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru. (Putri and Supriansyah, 2021)

D. Strategi untuk Mahasiswa

Mahasiswa harus proaktif dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di Era Industri 4.0 (Hasfera and Fadli, 2019). Beberapa strategi yang dapat diadopsi meliputi:

1.Mengambil Kursus Tambahan: Mengikuti kursus online atau pelatihan tambahan untuk mengembangkan keterampilan teknis seperti pemrograman dan analisis data.

2.Terlibat dalam Proyek Praktis: Mengambil bagian dalam proyek praktis atau kompetisi yang memungkinkan penerapan keterampilan teknis dan lunak.

3.Membangun Jaringan: Aktif dalam komunitas profesional dan mengikuti konferensi atau seminar untuk membangun jaringan dan memperoleh wawasan baru.

4.Mengembangkan Portofolio: Membuat portofolio yang menunjukkan proyek-proyek dan keterampilan yang telah dikembangkan, yang dapat menarik perhatian calon pemberi kerja.

5.Belajar Mandiri: Mengadopsi budaya belajar mandiri untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan teknologi.

SIMPULAN

Dari pembahasan di atas dapat sisimpulkan bahwa:

Era Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia kerja dan pendidikan tinggi. Untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh revolusi industri keempat, mahasiswa perlu mengembangkan berbagai keterampilan yang relevan dan esensial (Imron, Maisyaroh and Amirul, 2020). Dari analisis yang telah dilakukan, beberapa keterampilan kunci yang dibutuhkan oleh mahasiswa di Era Industri 4.0 adalah literasi digital, kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan kemampuan adaptasi.(Mali, 2020)

1.Literasi Digital: Mahasiswa harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi informasi dan komunikasi, serta kemampuan untuk memanfaatkan teknologi ini dalam berbagai konteks. Literasi digital menjadi dasar untuk menguasai keterampilan lain yang relevan di era ini.

2.Kreativitas dan Pemecahan Masalah: Kemampuan untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menghadapi masalah kompleks sangat penting. Mahasiswa harus mampu menemukan solusi inovatif yang dapat diimplementasikan dalam berbagai situasi.

3.Komunikasi Efektif: Di lingkungan kerja yang semakin terhubung secara global, kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis, sangat penting. Hal ini juga mencakup kemampuan untuk bekerja sama dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.

4.Kepemimpinan: Kemampuan untuk memimpin tim, menginspirasi rekan kerja, dan mengelola perubahan dengan efektif menjadi semakin penting. Mahasiswa perlu mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang beretika dan empatik untuk berhasil dalam lingkungan kerja yang dinamis.

5.Kemampuan Adaptasi: Dalam menghadapi perubahan teknologi yang cepat dan terus-menerus, kemampuan untuk belajar secara mandiri, beradaptasi dengan teknologi baru, dan terus mengembangkan diri sepanjang karir profesional menjadi kunci sukses.

Institusi pendidikan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan Era Industri 4.0. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan ini ke dalam kurikulum, pengembangan program pembelajaran berbasis proyek, dan peluang magang serta kerja sama industri adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk memastikan kesiapan mahasiswa. (Ritonga, Yulhendri and Susanti, 2021)

DAFTAR PUSTAKA

Hasfera, D. and Fadli, M. (2019) 'Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0', Shaut Al-Maktabah, 11(1), pp. 1--11. Available at: https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.131.

Imron, A., Maisyaroh and Amirul, A. (2020) 'Karir Ideal Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0'.

Kompetitif, Y. and Era, D.I. (2019) '3540-14304-1-Pb', 6(3), pp. 217--222.

Kurniawan, M.U. (2020) 'Analisis Kesiapan Kerja Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Ditinjau Dari Soft Skills Mahasiswa', EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), p. 109. Available at: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7108.

Mali, M.G. (2020) 'Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Revolusi', Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, 2(1), pp. 68--78.

Prianto, Y. et al. (2019) 'Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 - Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo', Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, (January), pp. 0--16. Available at: http://eprints.umsida.ac.id/6400/.

Putri, R.Y. and Supriansyah, S. (2021) 'Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan', Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 3007--3017. Available at: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1055.

Ritonga, M., Yulhendri, Y. and Susanti, N. (2021) 'Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Pada Pembelajaran Era Disrupsi Industri 4.0', Research and Development Journal of Education, 7(1), p. 172. Available at: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9319.

Siswati, S. (2019) 'Pengembangan Soft Skills Dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0', Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), p. 264. Available at: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun