Mohon tunggu...
FEBRIA LUSIA 111211355
FEBRIA LUSIA 111211355 Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Febria Lusia Universitas Dian Nusantara NIM 111211355 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Mata kuliah Leadership Nama dosen: Prof. Dr. Apollo Daito, M. Si. Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Diskursus Gaya Kepemimpinan Four Different Styles Situational Leadership - Febria Lusia 111211355

30 Oktober 2024   10:50 Diperbarui: 30 Oktober 2024   11:11 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gaya Kemimpinan Four Different Styles Situational Leadership

 

Apa Itu Kepemimpinan Situasional

Gaya Kepemimpinan Situasional

Seorang Pemimpin Situasional menggunakan salah satu dari empat gaya kepemimpinan yang memberinya peluang keberhasilan tertinggi dalam setiap situasi yang dihadapinya. 

Situasi tersebut merupakan fungsi dari tugas yang perlu dilakukan, yang dipadukan dengan kemampuan dan kemauan terkait tugas dari pengikut yang diidentifikasi untuk melakukannya. 

Berdasarkan penilaian objektif dari parameter tersebut, dan dengan tanggung jawab untuk memengaruhi pengikut secara berhasil dan efektif, pemimpin menanggapi situasi tersebut dengan salah satu dari empat gaya kepemimpinan. Gaya-gaya tersebut secara operasional didefinisikan oleh Perilaku Tugas/Direktif dan Perilaku Hubungan/Dukungan :

  • Perilaku Tugas/Direktif – sejauh mana pemimpin memberi tahu pengikutnya apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, di mana hal itu perlu dilakukan dan kapan hal itu perlu diselesaikan.
  • Perilaku Hubungan/Dukungan – sejauh mana pemimpin terlibat dalam dialog terbuka dengan pengikut, mendengarkan secara aktif dan memberikan pengakuan/penguatan atas kemajuan yang terkait dengan tugas.

Bagaimana cara menggunakan 4 Gaya Kepemimpinan Situasional ? 

Gaya 1: Menceritakan, Mengarahkan, atau Membimbing

Gaya 1 atau gaya kepemimpinan yang tegas , dicirikan oleh pemimpin yang menggunakan Perilaku Tugas dalam jumlah sedang hingga tinggi dan Perilaku Hubungan dalam jumlah sedang hingga rendah. Pemimpin membuat keputusan seputar penyelesaian tugas tepat waktu dan memberikan pengikut manfaat dari pengalamannya dalam hal itu. 

Alur komunikasi adalah dari pemimpin ke pengikut. Pertanyaan yang diajukan oleh pemimpin biasanya difokuskan pada kejelasan (misalnya "Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang instruksi yang baru saja kita tinjau?").

Gaya 1 adalah pendekatan jangka pendek yang dimaksudkan untuk menciptakan gerakan . Gaya ini sejalan dengan pengikut yang memiliki pengalaman atau keterampilan terbatas (jika ada) dalam melaksanakan tugas yang dimaksud dan (apa pun alasannya) merasa tidak aman atau tidak termotivasi untuk mencoba. 

Gaya 1 memerlukan pengawasan ketat oleh pemimpin dengan tujuan yang jelas untuk mengidentifikasi tanda-tanda kemajuan bertahap (yang harus diakui oleh pemimpin dalam upaya mempercepat pengembangan yang sedang berlangsung).

Gaya 2: Menjual, Melatih, atau Menjelaskan

Gaya 2 atau gaya kepemimpinan penjualan , menggambarkan pendekatan kepemimpinan yang menekankan pada Perilaku Tugas dan Hubungan.

 Pemimpin tetap memegang hak keputusan terkait apa yang perlu dilakukan pengikut, bagaimana mereka harus melakukannya, dan kapan tugas itu harus diselesaikan, tetapi struktur tersebut diberikan bersamaan dengan kesempatan yang cukup untuk berdiskusi tentang mengapa tugas itu penting dan di mana tugas itu sesuai dengan skema operasi secara keseluruhan. 

Pemimpin juga secara aktif mengakui antusiasme, minat, dan komitmen pengikut untuk belajar dan memperoleh pengalaman terkait tugas.

Gaya 2 ditujukan untuk menciptakan penerimaan dan pemahaman . Gaya ini sejalan dengan para pengikut yang memiliki pengalaman terbatas (jika ada) dalam melaksanakan tugas tetapi memancarkan rasa percaya diri dan motivasi terhadap proses pengembangan keterampilan yang digerakkan oleh pemimpin.

 Seperti Gaya 1, penggunaan pendekatan ini secara efektif bergantung pada pengamatan langsung oleh pemimpin, yang mendorong diskusi umpan balik kinerja yang terfokus dan dialog yang lebih intensif.

Gaya 3: Berpartisipasi, Memfasilitasi atau Berkolaborasi

Gaya 3 atau gaya kepemimpinan partisipatif , pada dasarnya berbeda dari Gaya 1 dan 2 karena gaya ini “didorong oleh pengikut” dan bukan “didorong oleh pemimpin.” Dengan demikian, gaya ini menggambarkan pendekatan yang mengutamakan Perilaku Hubungan tetapi rendah pada Perilaku Tugas. Dalam konteks tersebut (dan dari sudut pandang pemimpin), pengikut memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang dimaksud pada tingkat yang berkelanjutan dan dapat diterima tetapi tidak memiliki kepercayaan diri atau motivasi/komitmen untuk melakukannya.

Tujuan dari Gaya 3 adalah untuk menciptakan keselarasan. Jika pengikut mengalami perkembangan, ia mungkin telah menunjukkan kemahiran dalam mengerjakan tugas tetapi masih memiliki sedikit keraguan untuk mengerjakannya sendiri.

 Jika pengikut mengalami kemunduran, ia menyadari bahwa ia dapat mengerjakannya secara efektif tetapi telah kehilangan komitmen, motivasi (atau keduanya) untuk melakukannya. Apa pun itu, pemimpin perlu membahas kesediaan pengikut dengan mengajukan pertanyaan terbuka yang dimaksudkan untuk membantu pengikut mengenali sumber tantangan kinerja dan menghasilkan solusi yang layak.

Gaya 4: Mendelegasikan, Memberdayakan atau Memantau

Gaya 4 atau gaya kepemimpinan delegasi , adalah pendekatan kepemimpinan lain yang “didorong oleh pengikut” yang dicirikan oleh rendahnya Perilaku Tugas dan Perilaku Hubungan. Pengikut dapat melaksanakan tugas pada tingkat yang berkelanjutan dan dapat diterima serta percaya diri dan termotivasi untuk melakukannya.

Maksud dari Gaya 4 adalah untuk menciptakan/meningkatkan penguasaan tugas dan otonomi . Gaya ini sejalan dengan para pengikut yang memiliki pengalaman signifikan dalam melaksanakan tugas sesuai atau di atas harapan, dikombinasikan dengan tingkat motivasi intrinsik yang mendorong komitmen berkelanjutan mereka terhadap keunggulan. 

Alur komunikasi dengan Gaya 4 adalah dari pengikut ke pemimpin dan biasanya diawali dengan pertanyaan dari pemimpin yang menampilkan tingkat kebebasan yang signifikan (misalnya, "Dari sudut pandang kita, apa yang berhasil dan apa yang perlu kita pertimbangkan untuk dilakukan secara berbeda untuk melangkah maju?").

Mengapa Gaya Kepemimpinan Situasional Itu Penting ?

Gaya kepemimpinan situasional, yang dikembangkan oleh Paul Hersey dan Ken Blanchard, adalah pendekatan yang mengharuskan pemimpin untuk menyesuaikan gaya mereka sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan anggota tim. Keberhasilan model ini terletak pada fleksibilitasnya, yang memungkinkan pemimpin untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan karakteristik individu dalam tim mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa gaya kepemimpinan situasional sangat penting dalam konteks organisasi modern.

1. Meningkatkan Komunikasi Tim

Situational leadership mendorong komunikasi yang efektif antara pemimpin dan anggota tim. Dengan menyesuaikan gaya kepemimpinan berdasarkan kebutuhan anggota tim, pemimpin dapat menyampaikan harapan, tujuan, dan tugas secara jelas, yang membantu mencegah kesalahpahaman dan memastikan semua orang berada di jalur yang sama. Komunikasi yang baik juga meningkatkan keterlibatan anggota tim, karena mereka merasa didengar dan dihargai.

2. Mendorong Kolaborasi

Gaya kepemimpinan ini menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi di antara anggota tim. Dalam situasi di mana pemimpin menggunakan pendekatan partisipatif, anggota tim merasa lebih berkontribusi dan memiliki rasa kepemilikan terhadap hasil kerja mereka. Kolaborasi yang baik tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga mendorong inovasi, karena ide-ide baru dapat muncul dari interaksi antara anggota tim.

3. Menangani Kerumitan Situasi

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk menavigasi situasi yang rumit. Gaya kepemimpinan situasional memungkinkan pemimpin untuk melihat dari berbagai perspektif dan menyederhanakan masalah kompleks dengan memilih pendekatan yang tepat untuk setiap situasi. Ini sangat penting dalam menghadapi tantangan baru yang muncul akibat kemajuan teknologi dan perubahan pasar.

4. Meningkatkan Kinerja Tim

Dengan menyesuaikan gaya kepemimpinan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan individu, pemimpin dapat memaksimalkan kinerja tim. Pemimpin yang memahami kekuatan dan kelemahan anggota tim dapat memberikan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Ketika anggota tim merasa didukung dan diberdayakan, mereka cenderung lebih termotivasi untuk mencapai tujuan bersama.

5. Mengembangkan Pemimpin Masa Depan

Gaya kepemimpinan situasional juga berperan penting dalam pengembangan pemimpin masa depan. Dengan memberikan bimbingan yang lebih personal kepada anggota tim, pemimpin dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka sendiri. Pendekatan ini tidak hanya mempersiapkan individu untuk peran kepemimpinan di masa depan tetapi juga memperkuat jalur kepemimpinan dalam organisasi.

6. Meningkatkan Moral Karyawan

Ketika pemimpin menunjukkan empati dan memahami kebutuhan individu anggota tim, hal ini dapat secara signifikan meningkatkan moral karyawan. Lingkungan kerja yang mendukung membuat karyawan merasa dihargai dan terlibat, yang pada gilirannya mengurangi tingkat turnover karyawan. Karyawan yang puas cenderung lebih produktif dan berkomitmen terhadap pekerjaan mereka.

7. Menavigasi Perubahan Organisasi

Perubahan adalah hal yang konstan dalam dunia bisnis saat ini. Pemimpin perlu memandu tim mereka melalui perubahan tersebut dengan cara yang efektif. Gaya kepemimpinan situasional membantu pemimpin menentukan apakah tim siap menghadapi perubahan dan bagaimana cara terbaik untuk mendukung mereka selama proses tersebut. Dengan menggunakan pendekatan yang tepat, pemimpin dapat membantu tim beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan.

Kesimpulan :

Kepemimpinan dalam suatu lembaga pendidikan sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuannya. Dari beberapa menurut ahli yang menjelaskan tentang kepeimpinan, dapat disipulkan bahwa kepemimpinan pendidikan adalah proses menggerakkan, mempengaruhi, memberikan motivasi dan mengarahkan orang-orang di lembaga pendidikan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. 

Untuk mewujudkan tugas tersebut setiap pemimpin pendidikan harus mampu bekerja sama dengan orang-orang yang dipimpinnya untuk memberikan motivasi agar melakukan pekerjaan secara ikhlas.

Gaya kepemimpinan adalah suatu pola perilaku yang diperankan oleh pemimpin ketika mempengaruhi anggota kelompok. Ada 4 gaya kepemipinan situasional, yaitu :Gaya kepemimpinan Telling-Directing, gaya kepemimpinan selling-coaching, gaya kepemimpinan Participating–Supporting, gaya kepemimpinan Delegating-Monitoring.

 Model kepemimpinan situasional muncul karena model-model kepemimpinan sebelumnya tidak bisa memberikan jawaban terhadap persoalan-persoalan yang muncul dalam kepemimpinan. 

Dari hasil penelaahan para pakar, bahwa model kepemimpinan situasional mengandung pokok-pokok pikiran yaitu: di mana pemimpin itu berada melaksanakan tugasnya dipengaruhi oleh faktor-faktor situasional, perilaku kepemimpinan yang paling efektif ialah perilaku, pemimpin yang efektif ialah pemimpin yang selalu membantu bawahan dalam pengembangan dirinya dari tidak matang menjadi matang, perilaku kepemimpinan cenderung berbeda-beda sari satu situasi kesituasi lain, pola perilaku kepemimpinan berbeda-beda sesuai dengan situasi yang ada.

Daftar Pustaka

https://situational.com/blog/the-four-leadership-styles-of-situational-leadership/

Leadership: Theory and Practice SAGE Publications.

- Yukl, G. (2013).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun