Mohon tunggu...
Fauziah
Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pamulang

SEMANGATTT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Manajemen Pada PT Gojek Indonesia

29 Juni 2024   00:11 Diperbarui: 29 Juni 2024   00:25 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagaimana sistem pengendalian manajemen pada perusahaan gojek? Seperti apa cara sistem kerja perusahaan gojek? Sebelum membahas perusahaan gojek, Sistem pengendalian manajemen adalah sebuah sistem dalam menentukan strategi yang diterapkan dan upaya mencapai tujuan organisasi melalui fungsi pengendalian setiap aktivitas yang terjadi (Anthony dan Reece, 1984:824). 

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) sangat penting untuk di terapkan di semua perusahaan dalam berbagai industri. Sistem pengendalian manajemen membantu manajemen dalam mencapai visi, misi, strategi, dan tujuan perusahaan, sekaligus dapat memberikan dampak positif bagi karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Sistem pengendalian manajemen (SPM) merupakan sistem yang digunakan perusahaan untuk memastikan bahwa kinerja dan operasional mereka sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, serta untuk memastikan bahwa seluruh anggota organisasi berperilaku sesuai dengan nilai dan standar perusahaan. SPM melibatkan evaluasi performa, penelaahan, dan pengaturan proses yang digunakan dalam sebuah organisasi.

Sejarah Perusahaan

PT GOJEK INDONESIA didirikan pertama kali oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010, awalnya sebagai perusahaan transportasi roda dua yang melayani melalui panggilan telepon. Dan sekarang, GOJEK telah berkembang menjadi platform mobile yang on-demand dan aplikasi terkemuka yang menawarkan beragam layanan. GOJEK merupakan hasil karya dari generasi muda Indonesia yang diciptakan dengan tujuan baik untuk menyediakan solusi yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari di tengah kemacetan kota.

GOJEK merupakan sebuah perusahaan teknologi yang memiliki misi sosial untuk memberdayakan pekerja di sejumlah sektor informal di indonesia. Kegiatan gojek didasarkan pada tiga nilai utama yaitu: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial.

Visi dan Misi Perusahaan PT Gojek Indonesia

1. Visi yang ingin diwujudkan oleh PT Gojek Indonesia ialah:

Membantu meningkatkan infastruktur transportasi di Indonesia serta memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari seperti mengirim dokumen, berbelanja, dan menggunakan jasa kurir, selain itu, hal ini juga akan ikut meningkatkan kesejahteraan para tukang ojek di Jakarta dan seluruh Indonesia di masa mendatang.

2. Misi perusahaan PT Gojek Indonesia:

Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat, dan terpercaya dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Gojek Indonesia

1. Strategi Perusahaan

Strategi yang diterapkan oleh PT Gojek Indonesia meliputi:

a. Kerjasama dengan banyak partnership

Gojek bekerjasama dengan berbagai mitra bisnis dalam kemitraan. Berbagai macam layanan, seperti kolaborasi di industry makanan seperti restoran, kafe, dll. Untuk bekerja sama dengan manajemen restoran atau kafe dengan gojek bisa bekerja sama secara bersinergi. Mendapat keuntungan berdasarkan system bagi hasil.

b. Investasi Teknologi dan Inovasi

Gojek terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Gojek mengembangkan aplikasi yang mudah untuk digunakan dengan berbagai layanan.

2. Perencanaan Strategik

Perencanaan strategis yang dilakukan oleh PT Gojek Indonesia melibatkan beberapa aspek seperti, analisis pasar, inovasi produk, kemitraan strategis, dan ekspensi geograpis. Dibawah ini adalah langkah- langkah dalam perencanaan strategi untuk PT Gojek

a. Analisis Pasar

Melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan konsumen serta menganalisis tren industri lalu mengidentifikasi peluang serta ancaman.

b. Pengembangan Produk

Mengidentifikasi serta mengembangkan layanan baru yang dapat di tambahkan ke ekosistem Gojek, seperti layanan kesehatan.

c. Kemitraan Strategis

Melakukan Kerjasama dengan berbagai perusahaan local maupun internasional guna memperluas jangkauan layanan.

d. Peningkatan Teknologi

Meningkatkan keamanan dan keandalan platform. Agar konsumen merasa puas dan aman.

e. Pemasaran dan Branding

Mempromosikan melalui iklan-iklan untuk meningkatkan daya tarik dan menarik lebih banyak pengguna serta. meperkuat branding sebagai platfrom yang menyediakan berbagai Solusi kehidupan sehari-hari.

f. Kepuasan dan Retensi Pelanggan

Meningkatkan layanan pelanggan dan mengimplementasikan program loyalitas untuk mempertahankan pengguna. Lalu mengumpulkan umpan balik dari pengguna dan melakukan perbaikan berdasarkan masukan/penilaian tersebut. 

Dengan melakukan perencanaan strategik yang komprehensif dan adaptif, maka Gojek dapat bertumbuh dan menghadapi tantangan pasar yang dinamis.


3. Penganggaran

Penganggaran merupakan tahapan perencanaan keuangan yang melibatkan perkiraan pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu, umumnya selama satu tahun. Maksud dari proses penganggaran adalah untuk memastikan agar penggunaan dana perusahaan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif guna mencapai target strategis dan oprasional yang telah ditetapkan.

Pada PT Gojek Indonesia proses penyusunan anggaran di gojek, seperti pada perusahaan umum lainnya, melibatkan berbagai tahapan yang melibatkan kolaborasi antara berbagai departemen dan fungsi.

4. Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja

Tujuan dari pelaksanaan dan pengukuran kinerja adalah proses yang sangat penting dalam manajemen organisasi untuk memastikan bahwa tujuan dan sasaran tercapai secara efisien dan efektif. Pelaksanaan dan pengukuran kinerja perusahaan di PT Gojek menggunakan beberapa metode seperti:

a. Key Performance Indicators

b. Financial Metrics

c. Oprational Metrics

d. Customer Feedback

5. Pengawasan dan Evaluasi Kinerja

Pengawasan dan evaluasi kinerja merupakan aspek paling penting dalam manajemen. Fungsi ini memastikan bahwa seluruh kegiatan organisasi berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Berikut beberapa pengewasan dan evaluasi kinerja yang dilakukan PT Gojek:

a. Audit Internal dan Kepatuhan

b. Key Performance Indicators/KPIs

C. Analisis Data dan Penggunaan Teknologi

d. Survei dan Umpan Balik Pelanggan

e. Evaluasi Kinerja Mitra dan Karyawan

6. Tujuan Jangka Panjang PT Gojek Indonesia

a. Dominasi Pasar

Menjadi pemimpin pasar di sektor layanan transportasi darat, pengiriman, pembayaran digital, dan berbagai layanan on-demand lainnya di seluruh asia tenggara.

b. Inovasi Teknologi

PT gojek Indonesia terus berinovasi dalam teknologi untuk memberikan Solusi yang lebih baik, efisien, dan aman bagi para pengguna dan mitra.

c. Ekspensi Regional

Memperluas kehadiran dan oprasinya di brbagai negara di asia tenggara dan bahkan lebih luas lagi, untuk menumbuhkan jaringan dan basis penggunaan mereka.

d. Keberlanjutan dan Dampak Sosial

Menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan fokus pada dampak sosial yang positif, termasuk pemberdayaan mitra pengemudi dan UMKM.

e. Diversifikasi Layanan

Menambahkan dan mengembangkan lebih banyak layanan yang bisa diakses melalui platform gojek, mencakup berbagai kebutuhan sehari-hari Masyarakat.

f. Kemitraan Strategis

Menjalani kemitraan strategis dengan Perusahaan lain, guna memperkuat ekosistem dan menghadirkan nilai tambah bagi pengguna.

Sekian ilmu pengetahuan tentang Sistem Pengendalian Manajemen pada PT GOJEK INDONESIA TBK

Terimakasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun