Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SMK Muhammadiyah Ulujami, Kab. Pemalang
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan Crossword Puzzle Game
Penulis
Fatmala Rosanti, S. Pd
Tanggal
 28 Oktober 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Siswa terlihat tidak termotivasi pada saat menerima materi  Bahasa Inggris.
- Guru tidak menerapkan aktivitas yang interaktif dan menarik dalam proses pembelajaran di kelas.
- Guru kurang melibatkan siswa dalam  menerapkan TPACK dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.
Dari poin pertama diatas, dapat disimpulkan bahwa siswa  kurang termotivasi dalam menerima pelajaran Bahasa Inggris. Guru cenderung monoton dalam mengajar. Guru kurang memberikan kegiatan yang bisa meningkatakan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris, salah satu contohnya adalah guru tidak menerapkan ice-breaking/game sebelum pembelajaran dimulai.
Dari poin kedua diatas, guru juga kurang memberikan kegiatan yang interaktif dan menarik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Siswa cenderung pasif dalam pelajaran Bahasa Inggris karena didalam proses pembelajaran tidak ada aktivitas yang interaktif dan menarik, sehingga siswa cenderung pasif dan kurang komunikatif.
Dari poin ketiga diatas, guru kurang melibatkan siswa untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam unsur teknologi/ TPACK. Siswa hanya menerima materi yang dipaparkan oleh guru, sementara guru tidak melibatkan siswa untuk mengembangkan kemampuanya dalam bidang teknologi  untuk pengumpulan tugas atau untuk mencoba beberapa media untuk membantu mengembangkan proses pembelajaran dan kemampuan siswa.
Praktik pembelajaran ini  menurut saya penting untuk dibagikan karena menurut saya banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga  diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.
Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggungjawab untuk melakukan proses pembelajaran  ini secara efektif, dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran  Bahasa Inggris yang ingin dicapai yaitu:
- Model pembelajaran  yang digunakan dalam mengajar Bahasa Inggris tidak tepat.
- Guru belum maksimal dalam menerapkan strategi pembelajaran Bahasa Inggris.
- Keterlibatan siswa dalam penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK Â yang digunakan dalam Bahasa Inggris masih terbatas.
- Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi guru adalah:
- Pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran Bahasa Inggris.
- Pemilihan kegiatan yang interaktif dan menarik pada saat pembelajaran  agar bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam Bahasa Inggris
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuanya dalam penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK.
Dilihat dari ketiga tantangan tersebut  bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesioanal sedangkan dari sisi siswa  adalah motivasi belajar.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:
1.Pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran Bahasa Inggris.
Pada proses pembelajaran guru menerapkan model pembelajaran sebagai berikut:
- Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Disini guru memilih model pembelajaran  problem based learning (PBL) dengan langkah --langkah sebagai berikut:
- Apersepsi (Pada tahap ini guru bertanya kepada peserta didik merujuk pada materi sebagai stimulus awal).
- Pemberian Acuan (Pada tahap ini guru memberikan informasi tujuan pembelajaran)
- Orientasi masalah  (Pada tahap ini guru menampilkan video terkait materi procedure text, lalu guru mengajukan pertanyaan melalui crossword puzzle game).
- Mengorganisasikan peserta didik  (Pada tahap ini guru membagi kelompok 4-5 siswa untuk setiap kelompok).
- Pengaturan pembelajaran (Pada tahap ini guru membimbimg peserta didik untuk brain storming terkait materi procedure text).
- Investigasi Individu dan kelompok (Pada tahap ini guru mengecek dan memantau sejauh mana proses penugasan siswa).
- Pengembangan dan pengkajian hasil karya (Pada tahap ini siswa menguji kemampuannya dengan mengikuti crossword puzzle game yang diberikan oleh guru terkait procedure text dan siswa mempresentasikan hasil crossword puzzle yang telah dibuat dalam media canva).
- Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah (Guru akan memberikan feedback terkait hasil pencapaian siswa terkait pemahaman isi materi yang diberikan yang sudah diujikan melalui crossword puzzle game).
- Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran  yang terdapat di buku tema guru dan buku tema siswa.
- Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
2.Pemilihan Kegiatan yang Interaktif dan Menarik
- Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan kegiatan yang interaktif dan menarik yaitu dengan menggunakan ''Crossword puzzle game''.
- Marlina et al. (2021) mengatakan bahwa crossword puzzle game  adalah salah satu jenis permainan yang dapat melatih kecerdasan. Oleh karena itu dengan menerapkan crossword puzzle game didalam proses pembelajaran peserta didik lebih tertantang dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru.
      Hindy, Joe. (2022, May 29) mengatakan bahwa
       permainan kata itu menyenangkan karena
       sederhana. Ada berbagai jenis permainan dalam
       crossword puzzle game seperti massive jumble of
       letters, unscramble  dan anagrams.
    Â
- Proses aktivitas dalam  ''Crossword puzzle game'' dimulai dari membuat procedure text (how to do something) dengan menggunakan kata-katanya sendiri, kemudian membuat beberapa jenis pertanyaan berdasarkan procedure text, dan yang terakhir siswa membuat crossword puzzle game atau membuat design puzzle dengan menggunakan media canva.com
- Sumber daya yang diperlukan untuk menerapkan kegiatan crossword puzzle game adalah komputer, internet, media canva.com dan power point untuk mempresentasikan crossword puzzle game.
3.Keterlibatan siswa dalam penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK Â yang digunakan dalam Bahasa InggrisÂ
- Berkaitan dengan  media pembelajaran  guru menggunakan media canva untuk mendesign crossword puzzle game untuk menunjang pembelajaran berbasis TPACK sehingga siswa lebih mudah untuk menerima materi procedure text yang diaplikasikan melaui crossword puzzle game. Siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan tugas individu melalui membuat crossword puzzle game menggunakan media canva terkait materi procedure text.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dan langkah -- langkah yang dilakukan  dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari:
- Kegiatan crossword puzzle game sangat membantu siswa dalam menerima materi procedure text (How to do something) dan membuat siswa lebih termotivasi untuk menerima pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini sangat effektif untuk diterapkan dan hasilnya bisa dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran siswa diatas KKM.
- Pemilihan model dan media pembelajaran dalam  kegiatan yang berpusat pada siswa problem based learning (PBL) dan media canva sangat meningkatkan keaktifan siswa baik dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diskusi kelompok.
Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang dan antusias, bisa dilihat pada saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran dan lembar survey kepada siswa. Siswa memberikan respon  yang positif dalam pembelajaran ini sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga untuk dipahami.
Faktor  keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model dan langkah-langka pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah seyogyanya guru bisa memberikan kegiatan yang lebih interaktif dan menarik dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris sehingga  motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris bisa meningkat. Dan seorang guru harus bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Peserta didik membuat crossword puzzle game by using canva.
  Â
References:
- Hindy, Joe. (2022, May 29). 10 best word games, word puzzle, and word search   games for Android. https://www.androidauthority.com/best-word-games-word-puzzle-word-search-android-945526/
- Marlina, R., Oktavianty, E., Silitonga, H. T. M., & Sandra, N. M. (2021). Applicationof science educationcrossword puzzle multimedia to improve the outcomesand learning process at junior high schools indigestive system. JPI (Jurnal PendidikanIndonesia), 10(4),9.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/25350
Lampiran : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP 2)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Â
Satuan Pendidikan  : SMK Muhammadiyah Ulujami,Â
                   Kab.Pemalang
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester    : XI TKJ/ IÂ
Tahun Pelajaran    : 2022/ 2023
Materi             : Procedure Text (How to do something)
Alokasi Waktu      : 2 x 45 menit (2JP)
Â
KOMPETENSI INTI (KI)
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, Â Â responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan  metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerjayanglazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.18 Menganalisis fungsi sosial, Â struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
3.18.1 Menunjukkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
3.18.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
4.18  Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait  penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.18.1 Menuliskan teks prosedur melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.
4.18.2 Menuliskan teks prosedur dengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
4.18.3 Menghasilkan sebuah teks prosedur yang koheren
Â
- TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui pembelajaran Problem Based Learning peserta didik dapat:
   (Audience, Behaviour, Condition, Degree)
- Peserta didik mampu menyusun sebuah teks prosedur dengan menggunakan susunan teks yang benar, penggunaan huruf besar dan tanda baca yang benar, kosakata yang relevan dan unsur-unsur kebahasaan yang tepat melalui video yang ditayangkan dengan baik dan benar.
- Peserta didik mampu menjelaskan tentang struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur melaui diskusi kelompok secara baik
- Peserta didik mampu memahami makna dalam teks lisan dengan merespon berbagai instruksi berkenaan dengan teks prosedur tersebut secara individu dengan baik dan benar.
- Peserta didik mampu memahami makna teks tulis melalui berbagai macam pertanyaan yang berkenaan dengan teks tersebut dengan tepat
- Peserta didik mampu mengidentifikasi teks prosedur berdasarkan fungsi sosial, unsur kebahasaan sesui dengan pengucapan dan intonasi yang tepat sesuai konteks penggunaannya secara mandiri dengan baik dan benar.
- Peserta didik mampu memahami penggunaan imperative dan conjunctive sequences sesuai dengan konteks penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari secara mandiri dengan baik dan benar.
MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
- Model pembelajaran: Problem Based Learning
- Metode  : Diskusi untuk memahami kosakata dan ungkapan yang tepat digunakan dalam teks prosedur melalui crossword puzzle game
- Penugasan untuk mengumpulkan informasi dan mengerjakan kegiatan yang berkaitan dengan teks lisan dan tulisan teks prosedur
- Unjuk kerja/Presentasi  untuk membuat text procedure, clues of sentences based  on crossword puzzle game
- MEDIA, Â ALAT Â DAN BAHAN
- Media
- Crossword puzzle game
- Video
- Text procedure
- Power point
- Canva Apps/ www.canva.com
- Worksheet
Alat dan Bahan
- LCD
- Laptop
- Speaker
- Power point presentation
SUMBER BELAJAR
- Buku Forward Grade XI (KI-KD 2017) Â -- Penerbit Erlangga
- Kamus Bahasa Inggris
- Fenomena Bahasa Inggris di sekitar siswa yang menarik
- Artikel dari majalah tentang teks prosedur
- Youtube (video how to do something)
MATERI PEMBELAJARAN
Definition Procedure Text
Procedure text aims at describing how something is done or made through a sequence of actions or steps.
Social function of procedure text
- To tell how something is accomplished through a sequence of actions or steps.
- To explain steps/ instruction to make/ operate/ do something
Types of Procedure Text
- Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals. For example : how to use the CD player, the handphone, the radio, the printer, etc
- Texts that instruct how to do a particular activity. For Example: rules for games, road safety rules, recipes, science experiments, etc.
- Texts that deal with human behaviour. For example : how to succeed, how to live happily,etc.
Text organization of text
- Goal     : showing the purpose (maksud dan tujuan)
- Material   : Telling the needed materials.
- Steps     : Describing the steps to achieve the purpose
Language Features
- Use of imperative (cut, don't, mix)
- Use of action verb (turn, put, mix)
- Use of connectives (first, second, then, finally)
- Use of adverbial phrases (for five minutes, 2 centimeters from top)
- Use number to show the sequence (1,2,3,4.....)
- Use simple present tense
Â
Example of procedure text
How to Connect a Wireless Mouse
First, plug in your mouse's receiver to your computer's USB port. Then, the mouse driver will automatically be installed to detect the wireless mouse. Second, make sure that your mouse has batteries or is charged. To do this, flip the mouse over and remove the battery compartment cover. Third, turn on your  mouse.  Usually the on/off switch is on the back of the mouse. Finally, your wireless mouse is ready to use.
KEGIATAN PEMBEAJARAN
- Kegiatan
- Kegiatan Guru
- Kegiatan Peserta Didik
- Â Â Â Alokasi Waktu
- Â Kegiatan Pendahuluan
- O Â Â Orientasi
- Guru membuka pembelajaran dengan menggucapkan salam.
- Guru mengawali kegiatan dengan berdoa bersama-sama
- Guru memeriksa kesiapan dan mengecek kehadiran peserta didik.
- Peserta didik menjawab salam
- Peserta didik merespon untuk berdoa bersama-sama
- Peserta didik merespon kehadiran
- Â Â Â 5'
Motivasi
- Guru memberikan motivasi hal positif yang menghubungkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari "Your future is determined by what you start today"
- Peserta didik mendengarkan pemberian motivasi dan manfaat dari materi yang akan dipelajari.
- Â Â Â 1'
Apersepsi
Guru bertanya tentang hal yang merujuk pada materi sebagai stimulus awal:
Have you ever operated the computer?
Where do you operate the computer? at school or at your home?
Have you ever connected a wireless mouse in your laptop or your computer?
Have you ever turned on and turned off the air conditioner?Â
Where do you do it? at school or at your home?
Â
Â
Peserta didik menjawab pertanyaan guru seputar materi yang akan dipelajari
Â
2'
Pemberian Acuan
Guru menyampaikan Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran dan Penilaian yang akan dilakukan
Â
Peserta didik mengetahui materi yang akan dipelajari pada hari   itu
Â
1'
- M Â Â Pengorganisasian Peserta Didik
- Guru membagi peserta didik ke dalam 6 kelompok ( Satu kelompok terdiri dari 5-6 siswa)
- Satu kelompok ditentukan 1 ketua kelompok
- Peserta didik membentuk kelompok dengan 5-6 anggota yang sudah ditentukan
'2
- Kegiatan Inti Pertanyaan Mendasar
Orientasi Masalah
Guru menampilan sebuah video  dalam bentuk procedure text (How to Connect a Wireless Mouse)
Guru menampilkan video kedua tentang (How to operate computer)
Â
Guru menunjukkan contoh  text tentang  procedure tex text (How to Connect a Wireless Mouse dan How to operate computer )
Guru kemudian mengajukan pertanyaan kepada peserta didik by using crossword puzzle game. (How to operate computer)
Guru memberi penjelasan terkait materi procedure text. Â Â Â
Mengidentifikasi
Peserta didik mengidentifikasi struktur teks dari procedure text social fuction, generict structure, and language feature yang ada di video tersebut.
Siswa mencermati teks procedure yang ditayangkan guru tersebut
Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan by using crossword puzzle game
Siswa menerima penjelasan terkait procedure text
Siswa menggali informasi terkait text  procedure
Â
15'
- Â Â
Pengaturan Pembelajaran
Guru membimbing peserta didik  untuk brain storming memilih tema procedure text sesuai keahlian bidang atau program masing-masing
"What is your doing if your computer have trouble?" yang akan dibuat dalam tugas individu  menggunakan media croosword puzzle game melalui media canva.com untuk membuat beberapa clues of sentences  yang berhubungan dengan text procedure yang telah dibuat.
Guru meminta peserta didik untuk menuangkan brain storming dalam crossword puzzle game (How to Connect a Wireless Mouse in small discussion)
Guru meminta peserta didik   menuangkan hasil brain storming ke dalam LKPD  (Individual)
Menyusun
Peserta didik menerima informasi dari guru
Peserta didik menyusun rencana terkait membuat text procedure dan membuat clues of sentences/pertanyaan yang diberikan guru dan membuat crossword puzzle game based on procedure text yang telah dibuat
Peserta didik mendiskusikan jawaban crossword puzzle game based on the text secara kelompok.
Peserta didik menuangkan  hasil brain storming dalam
LKPD
Â
10'
 Investigasi individu dan kelompok
Guru mengecek dan memantau sejauh mana proses penugasan mereka
Peserta didik menyiapkan dan mulai membuat text procedure dan membuat clues of sentences yang sudah mereka temukan di dalam teks.
30'
Pengembangan dan Pengkajian hasil karya
Siswa diberi pertanyaan terkait informasi yang berkaitan dengan materi mengenai struktur teks dan unsur kebahasaan dalam procedure text
Siswa menguji kemampuannya dengan mengikuti game yang diberikan guru melalui crossword puzzle game  yang berkaitan dengan kosakata yang mereka temui dalam procedure text.
Siswa mempresentasikan hasil membuat procedure text, make a clues of sentences dalam crossword puzzle game melalui media power point dalam bentuk individu
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai informasi yang berkaitan dengan materi mengenai struktur teks dan unsur kebahasaan dalam procedure text.
Peserta didik secara berkelompok mengikuti pembelajaran melalui crossword puzzle game  yang diberikan oleh guru terkait materi procedure text yang sudah mereka pelajari
Siswa mempresentasikan tugas  masing-masing dan peserta merespon beberapa pertanyaan melalui crossword puzzle game. (individu)
20'
Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
Guru akan memberikan feedback terkait hasil pencapaian siswa terkait pemahaman isi materi yang diberikan yang sudah diujikan melalui crossword puzzle game.
Peserta didik menerima feedback dari guru berupa penilaian tentang hasil dari mengikuti "crossword puzzle game" Â mengenai kosakata yang berkaitan dengan materi procedure text.
1'
Evaluasi Pengalaman Belajar
Peserta didik merefleksi seluruh kegiatan
2'
Kegiatan Penutup
Guru memberikan umpan balik, tindak lanjut, serta penguatan nilai karakter.
Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri pembelajaran
Peserta didik mengetahui pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Peserta didik menjawab salam untuk mengakhiri pembelajaran
1'
Â
- PENILAIAN PEMBELAJARAN
- Teknik Penilaian
- Sikap         : Observasi
- Pengetahuan    : Tes Tertulis, Bentuk : Pilihan Ganda
- Keterampilan   :  Menulis Procedure Text
- Instrumen Penilaian
- Penilaian sikap
Teknik
Bentuk
Instrumen
Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
Observasi
Jurnal
Terlampir
Saat Pembelajaran Berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assesment for and of
learning)
Â
- Pengetahuan
Untuk mengukur penguasaan pengetahuan siswa maka instrument yang digunakan adalah  test tertulis. Test tersebut berbentuk pilihan ganda yang memiliki tingkat    bobot kesulitan yang sama yaitu di level kognitif menganalisis (C4). Jumlah butir soal terdiri dari 10 butir dengan menggunakan 5 jenis  procedure text yang berbeda.
 Nomor Urut Soal
Level Kognitif
Indikator
1
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
2
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
3
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
4
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
5
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
6
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
7
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
8
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
9
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
10
Menganalisis (C4)
Pilihan Ganda
- Keterampilan
-    Keterampilan (competences) yang diukur di dalam KD 4.18 ini adalah  kemampuan menulis (writing skills) menyusun procedure text berdasarkan tema makanan favourite and membuat clues of sentences yang berkaitan dengan procedure text  yang akan dituangkan dalam crossword puzzle game melalui media canva.com. Untuk mengukur keterampilan siswa maka digunakan rubrik penilaian Writing Skills assessment.
No.
Aspek
Uraian
1.
Pemilihan diction
Pilihan kata benar semua
Pilihan kata sebagian besar benar Pilihan kata sebagian besar salah
2.
Kesesuaian struktur kalimat
Struktur kalimat sesuai
Struktur kalimat sebagian besar sesuai Struktur kalimat sebagian besar tidak sesuai
3.
Kesesuaian isi
Seluruh isi sesuai Sebagian besar isi sesuai
Sebagian besar isi tidak sesuai
4.
Desain/ layout
Tampilan crossword puzzle procedure  text menarik
Tampilan crossword puzzle procedure  text biasa saja
Tampilan crossword puzzle procedure  text kurang menarik
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Remedial
Remidial diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM. Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang. Pembelajaran ulang dilakukan dengan materi teks procedure text.
- Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai KKM untuk menambah wawasan. Peserta didik membaca beberapa teks khusus procedure text dari English handbook kemudian menganalisisnya.
          Mengetahui,
Kepala SMK Muhammadiyah Ulujami
IRAMAWATI, S. Pd
NBAM.1.172.587
Â
Pemalang, 28 Oktober  2022
Guru Mapel Bahasa Inggris
FATMALA ROSANTI, S.Pd
NBAM.1.424.832