Mohon tunggu...
fatimah chulia
fatimah chulia Mohon Tunggu... Lainnya - Psikologi UNS

Man Shabara Zhafira

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Revolusi Roti Ramah Kantong: Mengungkap Keberhasilan Strategi Pemasaran Roti Aoka

8 Juli 2023   13:45 Diperbarui: 8 Juli 2023   13:50 2590
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: freepik.com

Siapa yang tidak tahu Roti Aoka, roti yang sempat viral karena rasanya yang lezat dan harganya yang sangat terjangkau. Bagaimana tidak, roti lapis dengan isian berbagai varian ini dibanderol dengan harga yang sangat ramah di kantong. Dengan hanya mengeluarkan 2000 rupiah, kita sudah bisa menikmati kelezatan roti ini. Mungkin terlintas dibenak Anda, bagaimana perusahaan tersebut dapat meraup keuntungan jika menjual produk dengan harga yang miring. Faktanya, hal tersebut merupakan salah satu dari strategi pemasaran mereka. Daripada penasaran, yuk kita bahas strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan ini. Namun sebelumnya, yuk intip profil dari perusahaan yang memproduksi Roti Aoka!

Profil Bisnis Roti AOKA

Roti Aoka adalah sebuah merek roti yang merupakan produk dari PT Indonesia Bakery asal Bandung, Jawa Barat. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2017. PT Indonesia Bakery adalah perusahaan bakery ternama yang telah mendapatkan pengakuan signifikan atas komitmennya untuk memberikan produk roti berkualitas tinggi kepada konsumen. Roti Aoka merupakan salah satu produk khas mereka. Dilansir dari laman resmi perusahaan ini, terdapat 3 jenis produk yang ditawarkan yaitu Aoka burger, Aoka panggang, dan Aoka sandwich yang mana masing-masing memiliki varian rasa yang beraneka ragam seperti susu vanilla, strawberry, blueberry ,coklat, keju,durian, dan nanas. Meskipun terbilang belum lama berdiri, Roti Aoka telah berhasil dikenal dan disukai oleh sebagian masyarakat indonesia. Kira-kira bagaimana strategi pemasaran dari perusahaan ini? Yuk simak penjelasan berikut ini:

Strategi Pemasaran Roti Aoka

Di pasar yang sangat kompetitif seperti saat ini, strategi pemasaran yang efektif memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis apa pun. Untuk mempertahankan posisi pasarnya dan mendorong pertumbuhan lebih lanjut, PT Indonesia Bakery telah mengembangkan dan menerapkan berbagai strategi pemasaran khususnya pada produk unggulannya, Roti Aoka. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan PT Indonesia Bakery yaitu:

1. Jaringan Distribusi yang Luas

perusahaan ini menggunakan pemasaran distribusi yang masif. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen untuk mengakses produk yang diinginkannya. Perusahaan ini telah bekerja sama dan bermitra dengan supermarket, toko kelontong, bahkan Anda dapat menemukan Roti Aoka di warung-warung kecil. Roti Aoka menggunakan sistem kemitraan berupa keagenan pada setiap wilayah. Tidak hanya dapat dibeli secara langsung, Roti Aoka juga dapat ditemukan di platform e-commerce. Dengan begitu akan lebih besar probabilitas konsumen potensial untuk mengakses produk tersebut. 

2. Value for Money atau “Nilai Uang”

Pada strategi ini, perusahaan berusaha untuk memunculkan persepsi bahwa dengan membeli produk harga yang murah dapat memberikan nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga yang dibayarkan. Namun, perlu digaris bawahi bahwa meskipun Roti Aoka dibanderol dengan harga yang murah, bukan berarti kualitasnya rendah. Roti Aoka berkomitmen menyajikan roti dengan bahan dengan kualitas terbaik dan melalui proses yang ketat. Ungkapan “harga kaki lima, rasa bintang lima” cocok untuk mendeskripsikan produk ini. Untuk memaksimalkan strategi ini, perusahaan perlu mencari cara untuk mengoptimalkan biaya produksi dan distribusi, sehingga dapat menawarkan harga yang rendah kepada konsumen.

3. Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah alat yang powerful untuk spreading brand awareness yaitu menumbuhkan kesadaran akan suatu produk. Dapat dikatakan bahwa Roti Aoka berhasil mendapatkan perhatian dari masyarakat khususnya netizen. Terbukti Roti Aoka sempat viral di beberapa platform media sosial. Kerap ditemukan content creator yang mereview produk ini. Spreading awareness yang berhasil tentu menguntungkan perusahaan karena dengan begitu produk dapat dikenal luas oleh masyarakat dan dapat menarik konsumen potensial. Hal ini terbukti yang mana penikmat Roti Aoka membagikan pengalamannya dari mulut ke mulut melalui platform media sosial dalam bentuk video ataupun komentar.  

Salah satu kutipan komentar dari akun tiktok @Rizqi Yuliana yang berbunyi “Roti paling enak menurutku Roti Aoka apa lagi yang rasa keju beh enak banget sumpah” yang mendapatkan likes lebih dari 30 ribu. Terdapat pula beberapa video yang  viral terkait roti Aoka seperti content creator yang membagikan beberapa tips untuk  mengkonsumsi Roti Aoka supaya lebih nikmat, seperti dengan dipanggang terlebih dahulu, diberikan butter di atasnya kemudian dipanaskan ke microwave, bahkan akun tiktok @anakkostputri memanggang roti aoka dengan magic com kecil. Tidak biasa, namun bisa banget nih ditiru oleh anak kost yang anti ribet. 

Melihat keviralan Roti Aoka di beberapa platform media sosial, terdapat dua kemungkinan yang mendasari keviralannya. Yang pertama yaitu digital marketing yang diwujudkan dalam bentuk soft selling, yang mana perusahaan bekerja sama dengan content creator atau influencer untuk mempromosikan produk secara  tidak langsung. Pada eksekusinya, content creator tidak secara langsung mempromosikan produk, tetapi memberikan informasi yang relevan, review atau testimoni, ataupun hiburan yang menambah nilai produk tersebut. Penting untuk memilih content creator yang sesuai dengan produk. Perhatikan audiens dari content creator apakah sesuai dengan target pasar produk. 

Kemungkinan kedua, saat ini, hanya dengan mengunduh sebuah aplikasi seperti tiktok, semua orang sebenarnya dapat membuat konten dan menjadi content creator. Dengan begitu, bisa saja seseorang benar-benar mempromosikan Roti Aoka karena kualitasnya. Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor seperti pengalaman pribadi konsumen yang positif, adanya koneksi emosional dengan produk seperti misalnya anak kost yang merasa terselamatkan dari rasa lapar oleh Roti Aoka yang ramah kantong, ataupun kepuasan pribadi dengan merasa dihargai dan puas dengan membagikan pengalaman positif mereka dan membantu orang lain menemukan produk yang berkualitas.

Dapat dilihat,  strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Indonesia Bakery untuk Roti Aoka telah memainkan peran penting dalam membangun dan memperkuat posisi merek di pasar. Melalui kegiatan promosi yang efektif seperti distribusi masif, value of money, dan digital marketing, PT Indonesia Bakery berhasil menarik perhatian dan loyalitas target konsumennya. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, memahami strategi pemasaran ini dapat berfungsi sebagai acuan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Referensi:

Jobber, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Principles and Practice of Marketing (8th ed.). McGraw-Hill Education.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2017). Marketing Management: An Asian Perspective (7th ed.). Pearson.

https://ptindonesiabakeryfamily.com/

https://vt.tiktok.com/ZSLUnaBkY/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun