A. PENDAHULUAN
Essay ini dibuat  untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di masa pandemi Covid 19. Pada tahun 2019 kita dikejutkan dengan munculnya sebuah virus di Cina yang sangat mematikan, yaitu Covid-19. Lalu, pada tahun 2020 virus tersebut menyebar luas hingga Indonesia mendapat dampaknya. Banyak perubahan yang terjadi setelah virus ini menyebar luas, salah satunya di bidang pendidikan.Â
Pemerintah membuat sebuah kebijakan agar sekolah-sekolah melakukam pembelajaran jarak jauh dari rumah. Di pembelajaran jarak jauh ini media teknologi khususnya smartphone memiliki peran penting sebagai media pembelajaran anak dirumah.Â
Salah satu yang paling penting adalah pemahaman teknologi, karena teknologi merupakan media yang paling penting sebagai media pemeblajaran jarak jauh ini.
Smartphone salah satu media teknologi yang sangat berpengaruh sebagai media pembelajaran di masa pandemi seperti ini. Maka dari itu dengan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran ini, peserta didik mampu meningkatkan kualitas belajarnya walaupun terjebak dengan situasi pandemi.Â
Pembahasan ini juga dikaitkan dengan perspektif fungsionalisme Durkheim. Dimana pemikiran perspektif stuktural fungsional meyakini bahwa tujuan pendidikan adalah mensosialisasikan generasi muda menjadi anggota masyarakat untuk dijadikan tempat pembelajaran, mendapatkan pengetahuan, perubahan perilaku dan penguasaan tata nilai yang diperlukan agar bisa tampil sebagai bagian dari warga negara yang produktif.Â
Dalam perspektif teori fungsional struktural ini masyarakat merupakan suatu sistem sosial yang terdiri atas bagian-bagian atau elemen yang saling berkaitan dan saling menyatu dalam keseimbangan . perubahan yang terjadi pada suatu bagian akan membawa perubahan pula terhadap bagian yang lain (Maunah, 2016).
B. ISI
Dunia ini telah digemparkan dengan munculnya sebuah virus yang mematikan, yaitu corona virus ( COVID 19 ). Virus ini pertama kali muncul pada tahun 2019 di negara Cina, sampai akhirnya Indonesia juga terpapar virus ini. Banyak sekali aspek yang dirugikan akibat virus ini menyebar luas. Masyarakat pun terhambat dalam melakukan aktivitas mereka. Salah satu aspek yang dirugikan adalah pendidikan, pemerintah langsung mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan kebijakan.Â
Kebijakan tersebut mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Untuk itu kita diharuskan juga untuk memahami media teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini.Â
Sebenarnya anak merasa tertekan oleh kebijakan ini, karena ada beberapa kendala bagi mereka yang memang mengharuskan mereka melakukan pembelajaran dari rumah. Pada pembahasan ini kita akan membahas salah satu media teknologi yaitu smartphone dalam peningkatan kualitas belajar peserta didik di masa pandemi Covid 19.
Diera pendemi ini smartphone merupakan salah satu sarana media pembelajaran yang cocok bagi siswa dalam belajar yang berdasarkan belajar jarak jauh. Smartphone merupakan salah satu bentuk alat komunikasi yang saat ini kebanyakan orang sudah memilikinya dan membawanya kemana pun mereka pergi (Nova, 2021). Karna bentuknya yang praktis dapat dibawa kemana saja.Â
Selain berguna sebagai alat komunikasi, penggunaan smartphone secara bijak tentunya akan sangat berguna, sebab semua informasi dengan mudahnya bisa didapatkan melalui smartphone. Dalam dunia pendidikan dengan adanya teknologi smartphone sangat membantu dari segi pencarian informasi tambahan maupun sebagai media pembelajaran.Â
Smartphone merupakan perangkat mobile yang terhubung dengan internet, maka baik peserta didik maupun guru tidak akan kesulitan mencari berbagai bidang ilmu yang tersedia luas di internet untuk dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.Â
Pada perkembangannya dalam kegiatan pedidikan media digunakan sebagai sumber belajar yang dapat memberikan pemahaman yang nyata bagi peserta didik, jenis media yang banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah media dengan jenis multimedia (Maknuni, 2020).
Jika dikaitkan dengan teori fungsionalisme Durkheim, smarphone sangat berpengaruh terhadap peserta didik dalam peningkatan kualitas belajarnya di masa pandemi seperti ini. Teori Fungsional Struktural menekankan pada unsur-unsur stabilitas, Integritas, Fungsi, Koordinasi dan Konsensus. Konsep fungsionalisme maupun unsur-unsur normatif maupun perilaku sosial yang menjamin stabilitas sosial.Â
Teori fungsional menggambarkan masyarakat yang merupakan sistem sosial yang kompleks, terdiri atas bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling ketergantungan. Pemikiran perspektif stuktural fungsional meyakini bahwa tujuan pendidikan adalah mensosialisasikan generasi muda menjadi anggota masyarakat untuk dijadikan tempat pembelajaran, mendapatkan pengetahuan, perubahan perilaku dan penguasaan tata nilai yang diperlukan agar bisa tampil sebagai bagian dari warga negara yang produktif (Sunarto, 1993:22).
Menurut Nova, media smartphone sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar siswa di era pandemi merupakan media yang tepat untuk belajar jarak jauh, dan dalam penelitian ini ditemukan beberapa manfaat menggunakan media smartphone sebagai media belajar yaitu sebagai media belajar mengajar guru dan siswa, sebagai alat berkomunikasi, sebagai alat mencari informasi dan menambah wawasan, tentu akan memudah siswa dalam proses belajar dari rumah di era pandemi Covid 19.Â
Media smartphone ini juga mempunyai kendala dalam proses belajar mengajar yaitu siswa harus membeli paket internet sebelum belajar, ada siswa yang tidak mempunyai smartphone karena siswa yang kurang mampu untuk membeli smartphone dan kurangnya motivasi siswa disebabkan kurangnya daya kompetitif antar siswa.
C. KESIMPULAN
Jadi, smartphone sangat berpengaruh terhadap peserta didik dalam peningkatan kualitas belajar di masa pandemi. Smartphone dapat memudahkan siswa dalam belajar, karena di dalam smartphone peserta didik dapat mengakses berbagai informasi terkait materi pembelajaran yang mereka cari.Â
Dengan begitu, para peserta didik dapat meningkatkan kualitas belajar mereka karena dengan adanya teknologi tersebut mereka dipermudah untuk mencari berbagai informasi materi pembelajaran.Â
Jika dikaitkan dengan perspektif fungsionalisme, smartphone ini kan mempermudah peserta didik dan dapan mewujudkan tujuan pendidikan. Dimana tujuan pendidikan adalah mensosialisasikan generasi muda menjadi anggota masyarakat untuk dijadikan tempat pembelajaran, mendapatkan pengetahuan, perubahan perilaku dan penguasaan tata nilai yang diperlukan agar bisa tampil sebagai bagian dari warga negara yang produktif.
Â
DAFTAR PUSTAKA
Â
Buku :
Pip Jones, Liz Bradbury, dan Shaun Le Boutillier; alih bahasa: Achmad Fedyani Saifuddin. 2016. Pengantar Teori -- Teori Sosial. Edisi kedua, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sari, Dian Rinanta dan Achmad Siswanto. 2021. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Pendidikan Sosiologi UNJ.
Yuliani, Meda (et. al). 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan penerapan. Indonesia: Yayasan Kita Menulis.
Sumber Lain :
Maknuni, Jauharil. 2020. Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL) Vol. 02, No. 02 (2020), Hal. 94 -- 106.
Maunah, Binti. 2016. Pendidikan dalam Perspektif Struktural Fungsional. Cendekia: 2016, 10(2): Â 159-178.
Nova, Pratiwi Nurul. 2021. PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Ciputat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H