Mohon tunggu...
ari_usman
ari_usman Mohon Tunggu... -

I was a young writer. If the writing is far from perfect, it means I am still a beginner. Please be advised, since want to be a novelist talents.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

[Fiksi Kuliner] Ayam Goreng Pertama

8 Juni 2016   16:40 Diperbarui: 8 Juni 2016   16:50 377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sementara ibunya sedang menyiapkan lalapan dan sambal. Pertama, ibunya bikin sambal terlebih dahulu. Dia memasukkan tomat, cabe, sepotong gula merah, kemudian sedikit saus sambal, kemudian diulek-ulek sampai akhirnya menjadi sambal. Untuk lalapannya, ibu Yuni menyiapkan daun kemangi, selada, dan jeruk nipis. Mereka semua sudah dicuci dan membuat ini menjadi fresh.

-----------------------

Saat Yuni menggoreng ayam yang baru saja dia rebus, dia masih memiliki keraguan. Biasanya butuh berapa menit untuk bisa membuat Ayam Goreng ini menjadi matang merata? Yuni pun sedikit memutar otaknya.

Saat Yuni membeli ayam goreng lalapan di suatu warung, dia melihat si chef-nya sedang menggoreng ayam. Saat itu jam 8.45 malam. Dia masih saja menunggu untuk ayamnya. Karena lama menunggunya, dia langsung berdiri dan masih melihat si chef itu memasak ayam. Dan kita lihat ayamnya agak kecokelatan. Maka, chef itu pun langsung mengangkat ayam itu.

Dan akhirnya Yuni pun mengetahuinya. Jika ayam yang sedang digorengnya itu akan berwarna kecokelatan, maka ayam itu sudah memiliki kerenyahan dan sudah siap untuk diangkat.

Dan tepat sekali, Yuni sudah bisa melihat ayam yang digorengnya itu sudah berwarna kecokelatan dan mengeluarkan aroma yang sangat enak. Akhirnya, Yuni pun mengangkat ayam-ayam yang digorengnya itu dan ditiris sebentar.

Lalu setelah ditiris, ayam itu pun langsung ditaruh di piring untuk dipercantik tampilan makananya.

---------------------

Oke, semua makanan sudah siap. Dan semua tersaji di meja makan. Di antaranya sayur tumis cah kangkung, ikan goreng, sayur sop, tempe goreng, dan yang paling utama, ayam goreng lalapan buatan Yuni. Dan ini pertama kalinya Yuni membuat ayam goreng lalapan sendiri.

Dan semua keluarga Yuni pun berkumpul di meja makan dan bersiap menunggu berbuka puasa.

Hingga akhirnya....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun