ditulis oleh :
SITI RAHMAWATI
211011201165
Akuntansi, Universitas Pamulang
PENGERTIANÂ
Manajemen adalah proses membuat perencanaan, pengorganisasian, penggerakanm dan pengawasan suatu program yang di bentuk untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Sedangkan Pemasaran diartikan sebagai proses pertukaran antara penjual dengan pembeli di pasar sasaran.Â
Jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran yaitu seni dalam menjual produk yang terjadi di pasar sasaran dengan menjaga komunikasi sehingga nantinya akan mendapatkan nilai tingkat kepercayaan pelanggan kepada perusahaan.
4P DALAM MANAJEMEN PEMASARAN
4p yang dimaksud ialah product, price, place, dan promotion yang menjadi dasar pendukung proses pencapaian suatu pemasaran. Berikut ini penjelasannya :
1. ProductÂ
barang yang akan dijual yang memiliki tingkat mulu dan kualitas tinggi serta mampu menarik daya beli pelanggan.
2. Price
proses penetapan harga jual produk.
3. PlaceÂ
salah satu hal yang mendukung pemasaran ialah tempat atau place yang strategis, seperti halnya lokasi yang mudah dijangkau dan ditemukan pelanggan sehingga banyak mengundang peminat konsumen.
4. PromotionÂ
promosi merupakan faktor paling terpenting dalam menentukan tingkat suatu keberhasilan pemasaran produk. Promosi bisa dilakukan melalui secara langsung, iklan di Tv, berita di majalah maupun media sosial.
PENTING ADANYA MANAJEMEN PEMASARANÂ
Dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis, keberhasilan suatu pemasaran haruslah berdasarkan strategi dan tatacara pemasaran yang tepat yang mampu menciptakan dan bersaing dengan produk-produk dari perusahaan lain. Tujuan dari adanya manajemen pemasaran ialah untuk mencari tau dan menerima permintaan konsumen di pasar, serta mengevaluasi tingkat kepercayaan konsumen sehingga perusahaan akan mendapatkan nilai kepuasan dan keuntungan.Â
KESIMPULANÂ
Teknik pemasaran atau marketing tujuan utamanya memberikan kepuasan kepada pelanggan atas dasar kebutuhan hidupnya dan nantinya perusahaan akan mendaptkan keuntungan dari hasil jual produk. Peran manajer disini sangat kompleks dalam memperhatikan proses menganalisis peluang dan menentukan strategis bisnis di pasar, mebuat perencanaan anggaran untuk biaya pengiklanan, dan memiliki kemampuan atau skill terhadap pencarian teknisi marketing yang baru yang lebih efisien dan efektif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H