Mohon tunggu...
Farah Nadya Az
Farah Nadya Az Mohon Tunggu... Editor - zahra

Semoga membantu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

4P dalam Manajemen Pemasaran

30 Desember 2021   14:04 Diperbarui: 30 Desember 2021   14:09 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

ditulis oleh :

SITI RAHMAWATI

211011201165

Akuntansi, Universitas Pamulang

PENGERTIAN 

Manajemen adalah proses membuat perencanaan, pengorganisasian, penggerakanm dan pengawasan suatu program yang di bentuk untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Sedangkan Pemasaran diartikan sebagai proses pertukaran antara penjual dengan pembeli di pasar sasaran. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran yaitu seni dalam menjual produk yang terjadi di pasar sasaran dengan menjaga komunikasi sehingga nantinya akan mendapatkan nilai tingkat kepercayaan pelanggan kepada perusahaan.

4P DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

4p yang dimaksud ialah product, price, place, dan promotion yang menjadi dasar pendukung proses pencapaian suatu pemasaran. Berikut ini penjelasannya :

1. Product 

barang yang akan dijual yang memiliki tingkat mulu dan kualitas tinggi serta mampu menarik daya beli pelanggan.

2. Price

proses penetapan harga jual produk.

3. Place 

salah satu hal yang mendukung pemasaran ialah tempat atau place yang strategis, seperti halnya lokasi yang mudah dijangkau dan ditemukan pelanggan sehingga banyak mengundang peminat konsumen.

4. Promotion 

promosi merupakan faktor paling terpenting dalam menentukan tingkat suatu keberhasilan pemasaran produk. Promosi bisa dilakukan melalui secara langsung, iklan di Tv, berita di majalah maupun media sosial.

PENTING ADANYA MANAJEMEN PEMASARAN 

Dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis, keberhasilan suatu pemasaran haruslah berdasarkan strategi dan tatacara pemasaran yang tepat yang mampu menciptakan dan bersaing dengan produk-produk dari perusahaan lain. Tujuan dari adanya manajemen pemasaran ialah untuk mencari tau dan menerima permintaan konsumen di pasar, serta mengevaluasi tingkat kepercayaan konsumen sehingga perusahaan akan mendapatkan nilai kepuasan dan keuntungan. 

KESIMPULAN 

Teknik pemasaran atau marketing tujuan utamanya memberikan kepuasan kepada pelanggan atas dasar kebutuhan hidupnya dan nantinya perusahaan akan mendaptkan keuntungan dari hasil jual produk. Peran manajer disini sangat kompleks dalam memperhatikan proses menganalisis peluang dan menentukan strategis bisnis di pasar, mebuat perencanaan anggaran untuk biaya pengiklanan, dan memiliki kemampuan atau skill terhadap pencarian teknisi marketing yang baru yang lebih efisien dan efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun