Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu untuk diberikan stimulasi sejak anak usia dini. Perkembangan kognitif berhubungan dengan pola berfikir, pemecahan masalah dan imajinasi anak.
Perkembangan kognitif anak dapat dikembangkan melalui permainan, karena bermain merupakan hal yang dekat dengan anak dan dunia anak adalah dunia bermain.
Pada dasarnya anak usia dini belajar melalui pengalaman langsung, dimana anak melihat perilaku orang tua atau guru yan dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan untuk mengamati, meniru dan mencobanya.
Maka disini saya akan memberi contoh permainan yang dapat mengembangkan kognitif anak, di alat permainan edukatif (APE) Â ini memiliki kriteria yang harus dipenuhi, yaitu :
Mengandung unsur pendidikan.
Alat permainan tidak berbahaya bagi anak.
Dasar pemilihan APE adalah minat dan kebutuhan anak terhadap mainan tersebut.
Alat permainan sebaiknya beraneka macam, sehingga anak dapat bereksplorasi dengan berbagai macam alat permainannya.
Tingkat kesulitan sebaiknya disesuaikan pada rentang usia anak. Permainan tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah bagi anak.
Dasar pemilihan alat permainan lebih ditekankan pada pertumbuhan fisik dan tingkat perkembangan anak secara individu bukan berdasarkan usia. Perkembangan biologis dan fisik pada anak yang umurnya sama dapat saja berbedaÂ
Peralatan permainan buatan sendiri diupayakan yang dapat bertahan lama atau awet, mudah dibuat, bahannya mudah diperoleh dan mudah digunakan anak.
APE yang saya contohkan bernama tutup botol ajaib dimana di permainan ini anak akan mengembangkan sistem motorik dan kognitif anak, dan pengetahuan tentang bentuk geometri.
Ini adalah gambar dari permainan tersebut.
- Bahan-bahan Media:
- Kardus bekas
- Gunting
- Tutup botol
- Karet gelang
- Lem
- Karet gelang
- Spidol
-Crayon/ pensil warna
- Kertas
Langkah Pembuatan Media:
- Tempelkan tutup botol dengan menggunakan lem di atas kardus bekas dengan tatanan seperti di gambar
- Membuat dadu dengan menggunakan kardus bekas
- Lapisi setiap sisi dadu dengan kertas
- Beri setiap sisi dadu dengan titik angka
- Tutup botol ajaib sudah selesai
Langkah Kegiatan Permainan:
- Guru memperkenalkan media tersebut
- Anak melemparkan dadu dan menyebutkan berapa hasil dari dadu tersebut
- Selanjutnya, anak menempel karet gelang ke tutup botol sesuai dengan berapa hasil dari lemparannya
- Anak menyebutkan warna apa yang di dapat, dan menyebutkan bentuk geometri yang telah dibentuk
Terima kasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H