Mohon tunggu...
Fajri ansyah
Fajri ansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMS prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir

hobi main bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendalami Konsep Pendidikan Sabar dan Syukur Menurut Perspektif Al Qur'an Ayat 152 dan 153

21 Juli 2024   17:17 Diperbarui: 21 Juli 2024   17:23 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mendalami Konsep  Pendidikan Sabar dan Syukur Menurut Perspektif Al Qur'an Surat Al Baqoroh Ayat 152 dan Ayat 153

Oleh:Nur Fajriansyah(Mahasiswa UMS,Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir

       Pendidikan adalah "didik" atau "mendidik" secara harfiah artinya memelihara dan memberi latihan. Pendidikan adalah menyiapkan bekal hidup manusia agar ia mampu menjalani kehidupannya masa kini dengan tenang sekaligus mampu mempersiapkan masa depannya. Ki  Hajar  DewantaraBerpendapatbahwapendidikanitutermasuk pengajaran bagi  tiap-tiapbangsa  berarti  pemeliharaan  guna  mengembangkanbenihturunandaribangsaitu,agardapat berkembang dengansehat lahirbatin.Untukitumanusia-individharusdikembangkanjiwaraganyadenganmempergunakansegalaalat pendidikan yang berdasarkan adat-istiadat rakya

        Sedangkan syukur secara etimologi adalah  membuka dan  menyatakan.Adapun menurut terminology sykuur adaalah menggunakan nikmat allah untuk taat kepada Allah dan tidak menggunakannya untuk berbuat maksiat.. Syukurdiperlukankarenasemuayang kita lakukan dan miliki diduniaadalahberkatkarunia Allah. Allahyang telahmeberikannikmatkepadakita,baikberupapendengaran, penglihatan,kesehatan,keamananmaupunnikmat-nikmatlainnyayang tidak  terhitung jumlahnya

         Unsur unsur  Pendidikan syukur dan sabar

             1.Tenaga pengajar(pendidik)

              2.Materi Pengajaran

              3.Metodologis Pengajaran

              4.Lingkungan Sekolah

        Macam macam sikap sabaar dan syukur

a.Sabar

   Abdul Mustaqim mengategorkan sabra menjadi 3 macam

  1.As Shabru ala ath tha'ah(sabra dalm ketaatan)

  2.As Shabru an Al Ma'siyah(saabar dlam meninggalkan maksiat)

  3.As Shabru ala al musibah(sabra Ketika ditimpa musibah)

b. Syukur

   Adapun rasa syukur pada hakikatnya terhadap segala nikmat yg diperoleh atau yg dianugerahkan kepada manusia.nikmat diartikan oleh Sebagian ulama sebagai"segala sesuatu yg berlebih dari moral anda"

 Adapun tingkatan sabar dan syukur

   1.Sabar

       Menurut syekh Abdul Qodir Al Jailani sabar dibagi menjadi tiga tingkatan (1)As Shabru lillah(sabar untuk Allah)yaitu keteguhan hati dlam melaksanakn segala perintah allah dan menjauhi segala larangannya(2)As Shabru ma'a Allah(sabar Bersama allah)yaitu keteguhan hati dalam menerima segala keutusan dan Tindakan allah(3)As Shabru ala Allah(sabar atas allah)yaitu keteguhn hati dan kemantapan sikap dalam menghadapi apa yg dijanjikan allah berupa rzeki atau kelaparan hidup

    Menurut Al Ghazali sabar ada 3 tingktan 1.sabar dalam menghadapi semua dorongan nafsu.2.sabar orang orang dalam perjuangan..3.sabar karena kuatnya hawa nafsu dan kalahnya dorongan agama

 2.Syukur

   Menurut kesepakatn ulama tasawuf terdapat 3 bagian tingkatan :

    a.Syukur bil lisan

           Adalah wujud syukur dengan menampakkan nikmat anugerah pemberian tuhan kepaada orng lain seringkli dijumpai seorang merasakan kenikmatan anugrah allah swt

    b.Syukur bil arkan

         Yakni mengaplikasikan bentuk syukur dengan amal kebaikan atau memperoleh anugerah kenikmatan dari Allah dengan mencukupkan diri dar terjerumus dalam jurang kemaksiatan

    c.Syukur bil jinan

         Bentuk syukur dengan menyadari sepenuuhnya bahwa allah semata mata yg menanugerahkan kenikmatan kepadanya bukan yg lain.

Kemudian pembahasan al baqoroh ayat 152 dan 153

                                                 

Artinya:

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu.1 Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku(152) Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar(153)"

Ayat    sebelumnya    menjelaskan    tentang    peralihan    arah    kiblat dari  Bait al-Maqdis   menjadiMasjid   al-Haram   dengantujuan menyempurnakan      nikmat-Ku  kepadamu.  Ayat  ini  juga  merupakan bukti  pengabulan  doa  Nabi  Ibrahim  as.Yang  dipanjatkannya    ketika beliau  bersama  putranya  Ismail  as.  Membangun  Kabah. Permohonan Nabi Ibrahim yang terdapat dalam surah al-Baqarah ayat 129

     Terlihat  bahwa  yang  dikabulkan  Allah  lebih  banyak  dari  apa yang  diminta  oleh    Nabi    Ibrahim.    Yang    dimohonkan    Nabi    Ibrahim    as.Hanya    empat    macam  sedangkan    yang    dianugerahkan-Nya    sebanyak lima    macam    yakni    terdapat    salah  satu  yang  tidak  dimohonkan  yaitu mengajarkan apa  yang mereka belum  ketahui. Hal tersebut  merupakan nikmat  tersendiri,  yang  mencakup  banyak  hal  dan  melalui  sekian cara. Al-Quran telah mengisyaratkan dalam wahyu pertama (Iqra)  bahwa ilmu    yang  diperoleh    manusia    diraih    dengan    dua    cara.    Pertama    upaya belajar    mengajar,    dan  kedua  anugerah  langsung  dari  Allah  berupailham  dan  intuisi

       Allah    SWT   mengatur    anugerah-Nya    dengan sedimikian  rupa,  sesuai  pilihan yangterbaik  untuk  hamba-hamba-Nya yang  tulus  bermohon.  Dilihat  dari  hal  tersebut bahwa doa tidak harus dikabulkan  seketika.Ayat    ini    dalam    Tafsir    Munir    menjadi  pengingat    untuk    selalu  bersyukur.    Bahwa    Allah    SWT    yang    mentakdirkan    dan  mengarahkan  ke    kiblat    masing-masing.    Dan    menjadi pengingat    juga    agar    selalu bersyukur    kepada    Allah    lantaran    Dia   memberi taufiq    (pertolongan) kepada  kaum muslimin untuk mengikuti apa yang di perintahkan-Nya berkiblat ke Kaba

      Dalam  Tafsir  al-Misbahdi  Surah  Al  Baqarah  Ayat  152  menjelaskan    perintah  untuk mengingat    Allah    baik    secara    lisan,    pikiran    hati    dan    anggota badan. Menggunakanlisan  menyucikan  dan  memuji-Ku,  pikiran  dan  hati melalui  perhatian  terhadap  tanda-tanda  kebesaran-Ku,  dan  anggota badan  dengan  jalan  melaksanakan  perintah-perintah-Ku.  Jika  itu semua dilakukan  niscaya Aku ingat  pulakepada  kamu, sehingga  Aku akan  bersamamu  saat suka    maupun    duka.    Dan    ayat    ini    pun menjelaskan  perintah  bersyukur  baik  dengan  hati,  lisan  dan  perbuatan. Jika    semua    itu  pula    dilakukan    pula,    niscaya-Ku    tambah    nikmat-nikmat-Ku    dan    jangan    kamu  mengingkari  nikmat-Ku  agar  siksa-Ku tidak menimpam

     Ayat  tersebut  dalam  Tafsir Munir  menerangkan,  Ingatlah kepada-Ku  dengan  melaksanakan  ketaatandan  amal  shaleh,  seperti: membaca  hamdalah,  bertasbih,  dan  bersyukur,      membaca      al-Quran dan      merenungkan      ayat-ayatnya.      Konsisten  menjalankanperintah-Ku dan   menjauhi   larangan-Ku,   Iman   kepada   rasul   dan meneladani mereka niscaya  Aku  mengingat  kalian  di  sisi-Ku  dengan  pahala,  Ihsan, pelimpahan    rezeki, kelanggengan    kebahagiaan    dan    kemuliaan    dan pasti    Ku-banggakan   kalian  di  hadapkan  para  malaikat,  syukurilah nikmat-Ku  yang telah Ku-anugerahkankepada kalian dengan hati dan lisan  serta  dengan  mempergunakan  setiaporgan  tubuh  dalam  hal-hal yang  sesuai  dengan  tujuan  penciptaannya(yaitu  untuk  kebaikan      dan manfaat),      janganlah      mengingkari      nimat-nikmat      ini,      dengan mempergunakannya  dalam  hal-hal yang tidak dibolehkan syara dan tidak  dibenarkan  akal  sehat,  sebab  Aku  akan  membalas  amal-amal yang  kalian  lakukan

      Firman-Nya   mengandung  sanjungan  tentang prinsip keadilan di antara sesama manusia. Makna firman ini ingatlah kepada-ku  dengan  melaksanakan  ketaatan,  niscaya  Aku  mengingat kalian  dengan memberi  pahala  dan  ampunan,  sebagaimana  dikatakan Said bin Jubair.  Ia berkata pula: zikir  (mengingat    Allah)    adalah    taat kepada-Nya.  Barang  siapa tidak  menaati-Nya,  berarti  ia  tidak  berzikir (mengingat-Nya)  meskipun  ia banyak mengucapkantasbihdan  tahlilserta sering membaca Al-Quran.29Dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim  disebutkan  riwayat  dari  Abu  Hurairah  r.a bahwa  Rasulullah Saw., pernah bersabda:"Allah Taala berfirman, Aku  sesuai  dengan  prasangka  hamba-Ku,    dan    Aku    ada   bersamanya    bila    ia    mengingat-Ku.  Jika  ia mengingat-Ku  di  kala  sendirian,  Aku  pun  mengingatnya  secara    rahasia.   Dan    jika   ia  mengingat-Ku  di  kala  ramai, Aku pun  mengingatnya  di  antara  makhluk  yang  lebih  baik    dari  mereka.    Jika    ia    mendekatkan    diri    kepada-Ku    sejengkal,    Aku  pun mendekat kepadanya sehasta..."

     Adapun firman Allah Taala merupakan peringatan  dari  Allah    untuk    umat    ini    agar    mereka    tidak    sampai  terjerumus    ke    dalam    keadaan  seperti  yang  dialami  umat-umat terdahulu,  di  mana  mereka  ingkar  kepada  nikmat-nikmat    Allah,    dan tidak  mempergunakan  akal  dan  panca  indera  untuk  hal-hal (kebaikan) yang menjadi tujuan penciptaannya, sehingga Allah mencabut nikmat-nikmat itu dari mereka

     Sedangkan  untuk  surah  Al  Baqarah  ayat  153,  didalam  tafsir  al  misbah  dapat dijelaskan bahwa mengajak  orang-orang beriman  untuk  selalu  bersabar,  karena  kesabaran  merupakan  penolong untuk  mengahadapi  cobaan  hidup.  Kataash-shabr/sabar  yang dimaksud mencakup banyak hal,  sabarmenghadapi  ejekan  dan  rayuan, sabar    melaksanakn    perintah    dan    menjauhi  larangan,    sabar    dalam musibah    dan    kesulitan,    serta    sabar    dalam    berjuang  menegakkan kebenaran dan keadilan

        .Penutup    ayat    yang    mengatakansesungguhnya    Allah    bersama orang-orang  yang  sabar  mengisyaratkan bahwa  jika  seseorang  ingin teratasi  penyebab  kesedihan  atau    kesulitannya,    jika    ia    ingin    berhasil memperjuangkan  kebenaran  dan  keadilan, maka ia harus menyertakan Allah  dalam  setiap  langkahnya.  Iaharus  bersama  Allah  dalam kesulitannya, dan  dalam  perjuangannya.  Karena  itu,  Allah  Maha Mengetahui,  Maha    Perkasa,    lagi    Maha    Kuasa    pasti    membantunya, karena    Dia    pun    telah  bersama  hamba-nya.  Tanpa  kebersamaan kesulitan  tidak  akan  tertanggulangi  bahkan  tidak  mustahil   kesulitan diperbesar  oleh  setan  dan  nafsu  amarah  manusia  sendiri.  Karena kesabaran  membawa  kepada  kebaikan  dan  kebahagiaan  maka  manusia tidak  boleh    berpangku    tangan,    atau    terbawa    kesedihan    oleh    musibah yang    dialami,    ia  harus    berjuang    dan terus    berjuang,    memperjuangkan kebenaran    dan    menegakkan  keadilan,    dapat    mengakibatkan    kematian.Puncak    musibah    yang    memerluan  kesabaran    adalah    kematian,    maka ayat  selanjutnya  mengingatkan  setiap orang  untuk tidak  menduga  yang gugur    dalam   perjuangan    di    jalan    Allahtelah    mati.    Mereka  teteap hidup,  walau  tidak  disadari  oleh  yang  menarik  dan  menghembuskan nafas

  RelevansiNilai-nilai Sabar dan Syukur dalam Proses Pendidikan Islam

      Dari  beberapa  ayat  al-Quran  di  atas  ada  beberapa  hal  yang  dapat diambil  mengenai    relevansi    nilai-nilai    sabar    dan    syukur    dalam    proses pendidikan  Islam sebagai berikut

 1.     Sabar  dan  syukur  merupakan  dua  hal  yang  saling  bertolak  belakang.  Dari  beberapa  ayat    yang    kaji    oleh    penulis    bahwa    sabar    dan    syukur    bisa    saling  berkaitan meskipun berbeda makna.  Di dalam kehidupan  seorang hamba tidak   akan   pernah  terlepas  dengan  segala  sesuatu  bentuk  ujian  karena sabar dan syukur sama-sama berupa  ujian.  Sabar  ujiannya  berupa  musibah  dan    syukur    ujiannya    berupa  kenikmatan.    Ketika    seseorang    mendapatkan  musibah,  lalu  dia  menerima  atas ketentuan  Allah  SWT.,  maka  hal  tersebut  dikatakan  sabar.  Disetiap  musibah  pasti ada  hikmah  maka  yang  dikatakan  hikmah    tersebut    adalah    suatu    nikmat    yang  harus    disyukur.    Mensyukuri  atas  hikmah  yang  di  dapat  setelah  datangnya  suatu musibah

2.   Sabar  dan  Syukur  Berkaitan  dengan  Keimanan  yang  terdapat  dalam  surah  Al-Baqarah    ayat    152,  iman  dan  sabar    memiiki  keterkaitan  begitupun  dengan  syukur dan iman.  Sabar  merupakan kunci  dari  segala kehidupan di dunia ini.Orang yang  sabar    tidak    akanberpaling    kepada  Allah,    iatidak    akan    putus    asa  dalam  menghadapi    segala    cobaan    yang    menimpa,    akan    tetapi    ia    akan  ikhlas  dengan segala ketetapan  yang Allah berikan. Dan selalu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan."Iman itu terdiri dari tujuh puluh atau enam puluh bagian. Yang paling tinggi  adalah  laa  ilaaha  illallah.  Dan  yang  paling  rendah  adalah menyingkirkan benda-benda      yang  membahayakan  orang  lain  dijalan,  dan  malu  juga  bagian  dari iman".(HR.Muslim).36Implementasi    sabar    dan    syukur    dalam    dunia    pendidikan  yaitu  sabar    dan    syukur    harus    diawali    dengan    menanamkan    iman    terlebih dahulu.   

       Asy    Syaikh    Dr.    Abdullah    Azzam    mengatakan    bahwa    derajat  ibadah  yang    paling    utama    dan    paling    tinggi    yaitu    sabar.    Sabar    adalah  bagian    dari  iman  dan  Islam  yang  diibaratkan  sebagai  kepala  pada jasad. Sebagaimana tidak akan  ada  kehidupan  bagi  jasad  tanpa  kepala,  begitu  pun  keimanan,  keimanan  tidak boleh  tanpa  adanya  kesabaran.

          Dalam    hal    ini    untuk    membentuk    akhlak    sabar  siswa,   guru   harus menanamkan   keimanan    yang   kuat  pada diri  murid   terlebih dahulu.  Keimanan  yang  dimaksud  disini    adalah    mengajarkan    murid    untuk merespon   segala  sesuatu  dengan   hal   yang  positif  maka  akan  terlontar hal-hal  yang    positif.    Guru    adalah    orang    tuadi    sekolah,    maka    sebagai  orang    tua  mereka    memiliki    kewajiban    untuk    menjadikan    anak  memiliki    akhlak    yang  mulia.  Kebanyakan  murid  saat  ini  sulit  untuk mengontrol emosinya dengan baik, khususnya  ketika  temannya  saling  mengejek.    Maka    di sini    peran    seorang    guru  bukan    hanya  menyampaikan    ilmu    semata,    melainkan    membentuk    moral    dan  nilai  luhur  kepada  pribadi  siswa  khususnya  dalam  hal  kesabaran.  Kesabaran  akan menjadi  kuat  jika  memiliki  iman  yang  kuat.  Oleh  karena  itu  sabar  harus   diawali  dengan    menanami    iman    terlebih    dahulu.    Sabar    seorang  murid  dapat  dibangun jika guru juga memiliki keteladanan yang dapat menjadi  contoh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun