Mohon tunggu...
Fajar Dwi Aprianto
Fajar Dwi Aprianto Mohon Tunggu... -

nama saya Fajar Dwi Aprianto,saya kuliah di UNJ.program studi Pendidikan Matematika Reguler 2013

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Olimpisme Materi 11

11 November 2013   01:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:20 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamualikum wr.wb

Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk menulis sebuah resume mata kuliah olimpisme. Kali ini materi ke-11 membahas tentang WORKSHOP KETRAMPILAN FASILITASI DALAM PENANAMANOLIMPISME (Untuk Persiapan Praktek Lapangan )”

Ya pada materi ke 11 ini, omjay kembali yang memberikan materi,setelah pada minggu sebelumnya omjay tidak bisa hadir untuk memberikan materi kepada kita.

TUJUAN WORKSHOP :

Meningkatkan wawasan dan kompetensi para mahasiswasebagai calon Fasilitator dalam hal :


  1. Kemampuan merencanakan dan mengembangkan program pelatihan/fasilitasi penanaman nilai-nilai Olimpisme sesuai kebutuhan dengan berbagai latar belakang peserta.
  2. Mampu mensosialisasi & memfasilitasi program penanaman nilai-nilai Olimpisme secara efektifsesuai prinsip dan konsep belajar-mengajar /fasilitasi yang tepat dan efektif

Lingkup Materi WORKSHOP


  1. Pentingnya saling mengenal dalam proses penanaman olimpisme
  2. Memahami teori/ konsep proses belajar-mengajar
  3. Peran fasilitator dalam proses belajar-mengajar/Fasilitasi
  4. Tahapan proses fasilitasi & penerapan model Bloom (4F)

Kontrak & Komitmen Belajar

Guna efektifitas hasil belajar, kita komitmen bersama Yuk …. !!


  1. HP… tidak mengganggu proses workshop
  2. Saling menghargai sesama warga belajar
  3. Agar Semangat dan Antusias, bila fasilitator berseru :

Olimpisme ? !(dijawab : Excellence, Respect , Friendship)

Mau seperti apa kita ?! (dijawab : Citius, Altius, Fortius)


  1. Bila peserta merasamendapatkan ilmu/ Hal baru ....... anda bisa berseru123 !!! (yang lain menjawab : WOW!!)

1. Pentingnya Saling Mengenal


  • Menggambar Foto Diri
  • Berbaris & berkelompok..

Saling Mengenal Antar Peserta Sangat Penting Dalam Proses Penanaman Nilai-Nilai Olimpisme, Kerena :


  1. Keterbukaan akan mempermudah proses belajar
  2. Suasana Informalmenciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan lebih produktif
  3. Mengenal seseorang adalah bentuk dari penghargaaan terhadap orang lain.
  4. …….
  5. …….

2. Teori/Konsep Belajar-Mengajar

Pengertian Belajar – Mengajar

Proses untuk mengubah perilaku, melalui aktifitas / kegiatan yang dapat menambah, mengubah,mengembangkan :


  • PENGETAHUAN (Knowledge)
  • KETRAMPILAN (Skill)
  • SIKAP (Attitude)

Istilah-Istilah Yang Lazim Digunakan Dalam Belajar- Mengajar:



  • Pendidikan(Education) ?

  • Belajar (Learning) ?

  • Pelatihan (Training) ?
  • Pengembangan (Development) ?



Dua Konsep Dasar Dalam Pendekatan Belajar – Mengajar Berdasarkan Objek/peserta

PAEDAGOGI

Ilmu dan Seni Dalam Mengajar Anak

ANDRAGOGI

Ilmu dan Seni Dalam Membantu Orang Dewasa Belajar

Terminologi :

Paid: Anak

Andr: Orang Dewasa

Agogos : Membimbing / Memimpin

a. Prinsip Konsep Paedagogi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun