Mohon tunggu...
Fairuz nasya fadiatinnisaa
Fairuz nasya fadiatinnisaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

Halo nama saya Fairuz Nasya Fadiatinnisaa merupakan Mahasiswi Universitas Airlangga dengan program studi Teknik Lingkungan tahun 2023, saya memiliki minat dalam topik lingkungan hidup, pendidikan, sertta karya fiksi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan: Strategi dan Implementasi

10 Juni 2024   18:00 Diperbarui: 10 Juni 2024   18:43 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

ABSTRAK

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) bertujuan mempersiapkan individu menghadapi tantangan global terkait lingkungan, ekonomi, dan sosial. Artikel ini membahas strategi dan implementasi ESD melalui kajian literatur dan studi kasus. Ditekankan pentingnya reformasi kurikulum, pelatihan guru, dan keterlibatan komunitas dalam mendukung ESD. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, dukungan kebijakan dan komitmen lintas-sektoral dapat mengatasi hambatan ini. ESD berperan penting dalam menciptakan generasi yang sadar dan bertanggung jawab, mendukung masa depan yang berkelanjutan.

Kata Kunci: Pendidikan Berkelanjutan, ESD, Reformasi Kurikulum, Pelatihan Guru, Keterlibatan Komunitas

PENDAHULUAN

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan individu dan masyarakat dalam menghadapi tantangan global terkait lingkungan, ekonomi, dan sosial. Konsep ini menekankan pentingnya membekali generasi mendatang dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan. Dalam konteks global yang terus berubah, ESD menjadi semakin relevan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Artikel ini akan membahas strategi dan implementasi ESD, serta pentingnya integrasi ESD dalam sistem pendidikan untuk mencapai masa depan yang lebih berkelanjutan (Asdlori, 2023).

METODE

Pendekatan yang digunakan meliputi kajian literatur dan studi kasus. Kajian literatur dilakukan untuk mengidentifikasi teori dan praktik terbaik dalam ESD dari berbagai negara dan konteks. Ini melibatkan analisis berbagai sumber akademis, laporan organisasi internasional, serta kebijakan pemerintah yang terkait dengan ESD. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana berbagai negara dan lembaga pendidikan mengembangkan dan menerapkan ESD, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan inisiatif tersebut.

PEMBAHASAN

Implementasi ESD memerlukan pendekatan holistik yang mencakup reformasi kurikulum, pelatihan guru, dan keterlibatan komunitas. Pertama, kurikulum harus dirancang untuk mencakup topik-topik kritis seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan keadilan sosial. Ini melibatkan integrasi isu-isu lingkungan dan sosial ke dalam mata pelajaran yang sudah ada serta pengembangan mata pelajaran baru yang secara khusus menangani topik-topik pembangunan berkelanjutan. Misalnya, di beberapa negara, kurikulum sekolah telah dimodifikasi untuk mencakup pelajaran tentang energi terbarukan dan manajemen sumber daya air.

Kedua, pelatihan guru merupakan komponen kunci dalam keberhasilan ESD. Guru harus dibekali dengan pengetahuan dan metode pengajaran yang efektif untuk menyampaikan materi ESD. Pelatihan ini tidak hanya melibatkan peningkatan pengetahuan substansial, tetapi juga keterampilan pedagogis untuk mengajarkan siswa tentang cara berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi. Program pelatihan guru yang berkelanjutan diperlukan untuk memastikan bahwa para pendidik terus berkembang dan mampu menyesuaikan metode mereka dengan kebutuhan siswa dan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru (Fitriandari & Winata, 2021).

Ketiga, keterlibatan komunitas merupakan faktor penting dalam mendukung implementasi ESD. Sekolah harus bekerja sama dengan orang tua, organisasi masyarakat, dan sektor swasta untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Inisiatif seperti program kemitraan sekolah-komunitas dapat membantu memperluas dampak ESD di luar kelas, dengan melibatkan siswa dalam proyek-proyek nyata yang berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan sosial di komunitas mereka.

Namun, tantangan dalam implementasi ESD tidak bisa diabaikan. Kurangnya sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan minimnya kesadaran tentang pentingnya ESD sering menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, diperlukan dukungan kebijakan yang kuat dari pemerintah dan komitmen dari semua pemangku kepentingan untuk mengatasi hambatan-hambatan ini. Pendekatan lintas-sektoral, yang melibatkan kerjasama antara pemerintah, akademisi, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta, sangat penting untuk menciptakan sistem pendidikan yang mampu mendukung pembangunan berkelanjutan (Simanjuntak, 2017).

PENUTUP

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan merupakan kunci untuk menghadapi tantangan global yang kompleks dan saling terkait. Dengan strategi yang tepat dan implementasi yang efektif, ESD dapat membantu menciptakan generasi yang lebih sadar dan bertanggung jawab terhadap lingkungan, ekonomi, dan masyarakat. Meskipun terdapat berbagai tantangan dalam penerapannya, komitmen bersama dari semua pihak terkait dapat membawa perubahan positif yang signifikan. Masa depan yang berkelanjutan hanya bisa dicapai melalui pendidikan yang mendalam dan menyeluruh, yang mempersiapkan individu untuk menjadi agen perubahan dalam upaya mencapai pembangunan yang adil dan berkelanjutan.

DAFTAR PUSTAKA

Asdlori, A. (2023). Pendidikan islam sebagai pilar pembangunan berkelanjutan: peran sistem pendidikan pesantren dalam implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124-130.

Fitriandari, M., & Winata, H. (2021). Manajemen pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Competence: Journal of Management Studies, 15(1), 1-13.

Simanjuntak, F. N. (2017). Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(3), 304-331.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun