Anggota Penulis :
Fahriyah Fittri
Ghea Nur Azizah
Dhafa Dhaifulloh
1). kualitas kurikulum dan relevansi pengajaranÂ
Memperkuat fokus pada Keterampilan akad ke-21
=> Fokus pada Keteranipilan yg dibutuhkan siswa untuk sukses, seperti berpikir kritis, Kreativitas, Pemecahan masalah, Kumunikas dan Kolaborasi
=> Meningkarkan integrasi teknologi, teknolgi harus diintegrasikan Kedalam Kurikulun untuk membantu siswa belajar lebih efektif dan efisienÂ
=> Memperkuat Pelatihan guru, guru periu dilatih tentang cara menggunakan teknologi dan pedagogi baru dalam pengajaran mereka
=> Meningkatkan kolaborasi antar sekolah, industri, dan Komunitas, Sekolah harus bernolaborasi dengan industri dan Komunitas untuk Memastikan bahwa Kurikulum relevan dengan Kebutuhan parar Kerja dan masyarakat
Kualisifikasi Kurikulum dan relevansi Pengajaran, inisiatif ini termasuk
- malarsia digital learning initiativ (MOLI)
- teacher training academy (TTA)
- national From curriculum framwork.
Referensi
Kementrian Pendidikan Malaysia
https://www. Konsistensi.com/2014/03. Mengaangketti dak-valid. ItuL
2). inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran
Sistem Pendidikan Malaysia terus berkembang dengan Pesar, dan salah satu aspek terpenting dari perKembangan ini adalah fokus pada inovas dalam Pengajaran dan pembelajaran, contoh yang sedang diterapkan di MalaysiaÂ
1. Penggunaan teknologi, pembelajaran  elektronik (e-learning), teknologi realitas virtual (UR) dan rcalitas tertamban (AR), Kecerdasan buaran (Al)
2. Pendekatan Pedagoni baru, pembelajaran berbaris proyek, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran yang berpusat pada siswa.
inovasi dalam Pengajaran dan pembelajaran adalah Kunci untun masa depan Pendidikan di malaysia dengan terus berinvestasi dalam teknologi Pedagogi baru, dan Pengembangan profesional guru.
Referensi
Kementrian Pendidikan Malaysia
Malaysia digital learning initiative
narional stem curicullum framework
3) lingkungan belajar yang mendukung di malaysia
di malaysia terdapat berbagai jenis lingkungan belajar yang Mendukung untuk mencapai tujuan Pendidikan
=> Sekolah negri di malasyia umumnya Menyediakan Pendidikan berkualitas dengan biaya yg terjangkau
=> Universitas negri di malaysia adalah Pilihan Populer bagi siswa yg ingin mendapatkan Pendidikan ya berkualitas. dengan biaya ya terjangkau.
Contoh: vraversitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Universitas malaysia (um)
=> universitas swasta di Malaysia menawarkan berbagai Pilihan Program Sarjana dan Pascasarjana, ternasuk Program listerna Sional
contoh: universitas turntru abdul Rahma (UTAR) Universitas multimedia malaysia (MAIN)
faktor-faktor Pendukung lingkungan belajar
dukungan guru dan orang tua
- Kesan Patan untuk belajar Secara praktis
- kesempatan waktu belajar secara spesifikÂ
Contoh Spesifik
sekolah Genius adalah Program Khusus untuk siswa yang berbakat dan PrestasiÂ
 => Pusat Peribelajaran digital menyediakan akses ke komputer dan Internet bagi siswa di daerah Pedesaan
Program kvoucher adalah Program Pemerintah yang menyediakan bantuan keuangan bagi siswa dan keluarga yang kurang mampu
Referensi
Kementrian Pendidikan malaysia
dapartemen Pendidikan tinggi Malaysia
https:/www.mohe. Sou.my/
4). kepemimpinan sekolah yang visioner
Ciri-Ciri kepemimpinan sekolah yg visioner
=> memilik visi misi yang jelas dan InspiratifÂ
=> mampu berkomunikasi Secara efektif
=> Membuat keputusan yang Stratesi
=> membangun budaya belajar yg positifÂ
=> memperdayakan guru dan stafÂ
=> terbuka terhadap Perubahan
contoh kepemimpinan visioner di sekolah malaysia :Â
Cikgu mond. fadeil nordin beliau adalah mantan kepala Sekolah Suk Sen berut, terengganu yng terkenal dengan Kepemimpinan yg visioner
Puan hajah norhayati mohamed, beliau adalah Kepala Sekolah Kebangsaan (SK) taman tun Dr. Tomail, Kuala lumpur ya terkena dengan Prosedur Pengembangan Karakternya.
tuan haja hassan awang beliau adalah kepala Sekolah Menengah agama (SMA) Sheikh hJ. abdul halion, Kadeh y terkenal dengan Program tahfiznya.
dampak kepemimpinan Visioner
- Mening katkan hasi belajar siswa
- Mening kat kan motivasi guru dan staf
- Munciptakan lingkungan baajar yang positif
- Meninskatkan reputasi sekolah
Referensi
Insitut keperiimpinan Pendidikan malaysia
https://etounal.uom.edu.my/index.php/ Pemim
5). budaya sekolah yang positif
budaya rang sekolah Positif di Malaysia Mengacu pada seperangkat nilai, Keyakinan, dan norma ya dianut oleh seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, staf, orang tua dan pemangku Kepentingan lainnya, budaya ini bertujuan untuk Manciptakan lingkungan belajar yang aman , suportif, dan inklusi  dimana para siswa dapat berkembang dan mencapai potensi Penuh Mereka.
Contoh budaya Sekolah Positif ya umum di malaysia
- Saling Menghormati
- tanggung jawab
- Kolaborasi
- Komunikasi terbuka
- Keterlibatan orang tua
- disiplin positif
- kesejahteraan
- Keberagaman dan inklusi
- semangat sekolahÂ
conton sekolah dengan budaya positif di Malaysia,
- sekolah kebangsaan seri Pulai perdana Johor bahru
- SMK Negri 1 Jatiroro.
budaya sekolah yang positif sangat penting untuk Menciptakan Lingkungan belajar tog aman, suportif dan inkusif dengan bekerja sama semua anggota Komunitas sekolah dapat Membantu menciptakan budaya positif yang bermanfaat bagi semua
Referensi
Kementrian Pendidikan Malaysia
(https://www.24oC. DOV.MY.),
6). hubungan yg kuat dengan komunitas dan orang tua
Membangun hubungan yang kuat dengan Komunitas dan orang tua Merupakan elemen penting dalam Menciptakan sistem pendidikan yang sukses di Malaysia, Kolaborasi yg erat antara sekolah, Keluarga, masyarakat sekitar dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa Cara membangun hubungan yang kuat dengan Komunitas dan orang tua di Malaysia
- Komunikasi yang terbuka dan efektif seperti membangun komunikasi dua arah, gunakan berbagai saluran komunikasiÂ
- Keterlibatan orang tua, dorong partisipari orangtua, Libatkan orangtua dalam Pengambilan Keputusan
- Kemitraan Komunitas, Jalin hubungan dengan organisasi Komunitas, Libatkan anggota Komunitas dalam kegiatan sekolah, gunakan sumber daya Komuni tas
Referensi
* Asosiasi Kepemimpinan Sekolah Malaysia
* PTH Nasional Malaysia.
7). evaluasi dan peningkatan berkelanjutan
evaluasi dan Peningkatan berkelanjutan di malaysia
#Manfaat CEIÂ
- meningkatkan Kinerja
- meningkatkan efisiensi
- meningkatkan Inovasi
- meningkatkan kepuasan pelanggan.
#contoh Penerapan Cei
- Sistem Pendidikan
- Sektor ekonomi
- Kelestarian lingkungan
evaluasi dan Peningkatan berkelanjutan merupakan alat yang Penting untuk mencapai tujuan dalam berbagai bidang dengan menerapkan CEI Secara efektif Malaysia dapat terus berkembang dan mencapai masa depan yang lebih baik
referensiÂ
-Kementrian Pendidikan makysia
https:// www.moe.gov.my/
-depentemen Peardana Menti malaysia
-Institus Standar dan kualitas malaysia
https:// waew. Sirion.my/
8). pengembangan karakter dan pendidikan moral
tujuan Pengembangan karakter dan Pendidikan moral
- membentuk Individu yang berintegrasi
- Membentuk individu yang bertanggung Jawab
- membentuk individu yang berjiwa nasionalis
#strategiÂ
- Penanaman nilai-nilai moral
- Pemberian Contol dan tele dan
- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna
- Pengembangan kurikulumÂ
- Keterlibatan orang tua dan masyarakat
referensiÂ
Institut Integrity MalaysiaÂ
9). inklusivitas dan kesetaraan
inklusivitas dan Kesetaraan Merupakan prinsip fundamental dalam menciptakan sistem pendidikan yg adil dan berkualitas bagi semua siswa di Malaysia, hal ini berarti bahwa semua siswa terlepas dari latar belakang, kemampuan, atau Kebutunan Mereka, harus memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang
inklusivitas dan kesetaraan dalam pendidikan seperti
- menerapkan kebijakan Pendidikan inkusif
- Meningkatkan perdanaan untuk Pendidikan inklusif
- Melarin guru tentang pendidikan inklusif
- Meningkatkan kesadaran tentang dan kesetaraan inklusivitas
Contoh insiratif yang mempromosikan inklusivitas dan kesetaraan di malaysiaÂ
1. pusat Pendidikan inklusif nasional (PEPI)
2. sekolah geniusÂ
3. Program Pendidikan khas
Referensi
Kementrian Pendidikan Malaysia.
10). prestasi dan pencapaian yang konsisten
Sistem Pendidikan malysia telah  Menunjukan Kemajuan yg pesat dalam beberapa dekade terakhir, hai ini terlihat dari Peningkatan Skor Malaysia dalam program for international Student, berikut beberapa contoh prestasi dan Pencapaian Konsisten Malatria di bidang Pendidikan:
1. Peningkaran skor Pisa
2. Meningkatnya tingkat literasiÂ
3. Meningkatnya akses Pendidikan
4. Meningkatnya kualitas guruÂ
5. Meningkanya investasi dalam pendidikan
referensiÂ
-Laporan PISA 2018
-Bank dunia
-kementrian sumber daya manusia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H