Mohon tunggu...
Fahriyah Fittri
Fahriyah Fittri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa aktif di salah satu universitas swasta yaitu universitas pamulang tangerang selatan. hobi saya yaitu bermakeup, menonton drakor dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sekolah Perpenampilan Unggul di Negara Malaysia

24 Juni 2024   21:02 Diperbarui: 24 Juni 2024   21:07 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anggota Penulis :

Fahriyah Fittri

Ghea Nur Azizah

Dhafa Dhaifulloh

1). kualitas kurikulum dan relevansi pengajaran 

Memperkuat fokus pada Keterampilan akad ke-21

=> Fokus pada Keteranipilan yg dibutuhkan siswa untuk sukses, seperti berpikir kritis, Kreativitas, Pemecahan masalah, Kumunikas dan Kolaborasi

=> Meningkarkan integrasi teknologi, teknolgi harus diintegrasikan Kedalam Kurikulun untuk membantu siswa belajar lebih efektif dan efisien 

=> Memperkuat Pelatihan guru, guru periu dilatih tentang cara menggunakan teknologi dan pedagogi baru dalam pengajaran mereka

=> Meningkatkan kolaborasi antar sekolah, industri, dan Komunitas, Sekolah harus bernolaborasi dengan industri dan Komunitas untuk Memastikan bahwa Kurikulum relevan dengan Kebutuhan parar Kerja dan masyarakat

Kualisifikasi Kurikulum dan relevansi Pengajaran, inisiatif ini termasuk

- malarsia digital learning initiativ (MOLI)

- teacher training academy (TTA)

- national From curriculum framwork.

Referensi

Kementrian Pendidikan Malaysia

https://www. Konsistensi.com/2014/03. Mengaangketti dak-valid. ItuL

2). inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran

Sistem Pendidikan Malaysia terus berkembang dengan Pesar, dan salah satu aspek terpenting dari perKembangan ini adalah fokus pada inovas dalam Pengajaran dan pembelajaran, contoh yang sedang diterapkan di Malaysia 

1. Penggunaan teknologi, pembelajaran  elektronik (e-learning), teknologi realitas virtual (UR) dan rcalitas tertamban (AR), Kecerdasan buaran (Al)

2. Pendekatan Pedagoni baru, pembelajaran berbaris proyek, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran yang berpusat pada siswa.

inovasi dalam Pengajaran dan pembelajaran adalah Kunci untun masa depan Pendidikan di malaysia dengan terus berinvestasi dalam teknologi Pedagogi baru, dan Pengembangan profesional guru.

Referensi

Kementrian Pendidikan Malaysia

Malaysia digital learning initiative

narional stem curicullum framework

3) lingkungan belajar yang mendukung di malaysia

di malaysia terdapat berbagai jenis lingkungan belajar yang Mendukung untuk mencapai tujuan Pendidikan

=> Sekolah negri di malasyia umumnya Menyediakan Pendidikan berkualitas dengan biaya yg terjangkau

=> Universitas negri di malaysia adalah Pilihan Populer bagi siswa yg ingin mendapatkan Pendidikan ya berkualitas. dengan biaya ya terjangkau.

Contoh: vraversitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Universitas malaysia (um)

=> universitas swasta di Malaysia menawarkan berbagai Pilihan Program Sarjana dan Pascasarjana, ternasuk Program listerna Sional

contoh: universitas turntru abdul Rahma (UTAR) Universitas multimedia malaysia (MAIN)

faktor-faktor Pendukung lingkungan belajar

dukungan guru dan orang tua

- Kesan Patan untuk belajar Secara praktis

- kesempatan waktu belajar secara spesifik 

Contoh Spesifik

sekolah Genius adalah Program Khusus untuk siswa yang berbakat dan Prestasi 

 => Pusat Peribelajaran digital menyediakan akses ke komputer dan Internet bagi siswa di daerah Pedesaan

Program kvoucher adalah Program Pemerintah yang menyediakan bantuan keuangan bagi siswa dan keluarga yang kurang mampu

Referensi

Kementrian Pendidikan malaysia

https://www.moe.gov.my/

dapartemen Pendidikan tinggi Malaysia

https:/www.mohe. Sou.my/

4). kepemimpinan sekolah yang visioner

Ciri-Ciri kepemimpinan sekolah yg visioner

=> memilik visi misi yang jelas dan Inspiratif 

=> mampu berkomunikasi Secara efektif

=> Membuat keputusan yang Stratesi

=> membangun budaya belajar yg positif 

=> memperdayakan guru dan staf 

=> terbuka terhadap Perubahan

contoh kepemimpinan visioner di sekolah malaysia : 

Cikgu mond. fadeil nordin beliau adalah mantan kepala Sekolah Suk Sen berut, terengganu yng terkenal dengan Kepemimpinan yg visioner

Puan hajah norhayati mohamed, beliau adalah Kepala Sekolah Kebangsaan (SK) taman tun Dr. Tomail, Kuala lumpur ya terkena dengan Prosedur Pengembangan Karakternya.

tuan haja hassan awang beliau adalah kepala Sekolah Menengah agama (SMA) Sheikh hJ. abdul halion, Kadeh y terkenal dengan Program tahfiznya.

dampak kepemimpinan Visioner

- Mening katkan hasi belajar siswa

- Mening kat kan motivasi guru dan staf

- Munciptakan lingkungan baajar yang positif

- Meninskatkan reputasi sekolah

Referensi

Insitut keperiimpinan Pendidikan malaysia

https://etounal.uom.edu.my/index.php/ Pemim

5). budaya sekolah yang positif

budaya rang sekolah Positif di Malaysia Mengacu pada seperangkat nilai, Keyakinan, dan norma ya dianut oleh seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, staf, orang tua dan pemangku Kepentingan lainnya, budaya ini bertujuan untuk Manciptakan lingkungan belajar yang aman , suportif, dan inklusi  dimana para siswa dapat berkembang dan mencapai potensi Penuh Mereka.

Contoh budaya Sekolah Positif ya umum di malaysia

- Saling Menghormati

- tanggung jawab

- Kolaborasi

- Komunikasi terbuka

- Keterlibatan orang tua

- disiplin positif

- kesejahteraan

- Keberagaman dan inklusi

- semangat sekolah 

conton sekolah dengan budaya positif di Malaysia,

- sekolah kebangsaan seri Pulai perdana Johor bahru

- SMK Negri 1 Jatiroro.

budaya sekolah yang positif sangat penting untuk Menciptakan Lingkungan belajar tog aman, suportif dan inkusif dengan bekerja sama semua anggota Komunitas sekolah dapat Membantu menciptakan budaya positif yang bermanfaat bagi semua

Referensi

Kementrian Pendidikan Malaysia

(https://www.24oC. DOV.MY.),

6). hubungan yg kuat dengan komunitas dan orang tua

Membangun hubungan yang kuat dengan Komunitas dan orang tua Merupakan elemen penting dalam Menciptakan sistem pendidikan yang sukses di Malaysia, Kolaborasi yg erat antara sekolah, Keluarga, masyarakat sekitar dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa Cara membangun hubungan yang kuat dengan Komunitas dan orang tua di Malaysia

- Komunikasi yang terbuka dan efektif seperti membangun komunikasi dua arah, gunakan berbagai saluran komunikasi 

- Keterlibatan orang tua, dorong partisipari orangtua, Libatkan orangtua dalam Pengambilan Keputusan

- Kemitraan Komunitas, Jalin hubungan dengan organisasi Komunitas, Libatkan anggota Komunitas dalam kegiatan sekolah, gunakan sumber daya Komuni tas

Referensi

* Asosiasi Kepemimpinan Sekolah Malaysia

* PTH Nasional Malaysia.

7). evaluasi dan peningkatan berkelanjutan

evaluasi dan Peningkatan berkelanjutan di malaysia

#Manfaat CEI 

- meningkatkan Kinerja

- meningkatkan efisiensi

- meningkatkan Inovasi

- meningkatkan kepuasan pelanggan.

#contoh Penerapan Cei

- Sistem Pendidikan

- Sektor ekonomi

- Kelestarian lingkungan

evaluasi dan Peningkatan berkelanjutan merupakan alat yang Penting untuk mencapai tujuan dalam berbagai bidang dengan menerapkan CEI Secara efektif Malaysia dapat terus berkembang dan mencapai masa depan yang lebih baik

referensi 

-Kementrian Pendidikan makysia

https:// www.moe.gov.my/

-depentemen Peardana Menti malaysia

https://www.Jym.sou.my/ en/

-Institus Standar dan kualitas malaysia

https:// waew. Sirion.my/

8). pengembangan karakter dan pendidikan moral

tujuan Pengembangan karakter dan Pendidikan moral

- membentuk Individu yang berintegrasi

- Membentuk individu yang bertanggung Jawab

- membentuk individu yang berjiwa nasionalis

#strategi 

- Penanaman nilai-nilai moral

- Pemberian Contol dan tele dan

- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna

- Pengembangan kurikulum 

- Keterlibatan orang tua dan masyarakat

referensi 

Institut Integrity Malaysia 

https://www.llom.gov.my/

9). inklusivitas dan kesetaraan

inklusivitas dan Kesetaraan Merupakan prinsip fundamental dalam menciptakan sistem pendidikan yg adil dan berkualitas bagi semua siswa di Malaysia, hal ini berarti bahwa semua siswa terlepas dari latar belakang, kemampuan, atau Kebutunan Mereka, harus memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang

inklusivitas dan kesetaraan dalam pendidikan seperti

- menerapkan kebijakan Pendidikan inkusif

- Meningkatkan perdanaan untuk Pendidikan inklusif

- Melarin guru tentang pendidikan inklusif

- Meningkatkan kesadaran tentang dan kesetaraan inklusivitas

Contoh insiratif yang mempromosikan inklusivitas dan kesetaraan di malaysia 

1. pusat Pendidikan inklusif nasional (PEPI)

2. sekolah genius 

3. Program Pendidikan khas

Referensi

Kementrian Pendidikan Malaysia.

10). prestasi dan pencapaian yang konsisten

Sistem Pendidikan malysia telah  Menunjukan Kemajuan yg pesat dalam beberapa dekade terakhir, hai ini terlihat dari Peningkatan Skor Malaysia dalam program for international Student, berikut beberapa contoh prestasi dan Pencapaian Konsisten Malatria di bidang Pendidikan:

1. Peningkaran skor Pisa

2. Meningkatnya tingkat literasi 

3. Meningkatnya akses Pendidikan

4. Meningkatnya kualitas guru 

5. Meningkanya investasi dalam pendidikan

referensi 

-Laporan PISA 2018

-Bank dunia

-kementrian sumber daya manusia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun