Mohon tunggu...
Fadlun Duifa
Fadlun Duifa Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA Negeri 1 Torjun

Seoarang Teacherprenuer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Stasiun B-MART Tingkatkan Literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital Peserta Didik

2 Oktober 2024   13:29 Diperbarui: 2 Oktober 2024   13:40 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

I. PENDAHULUAN

a.Situasi  dan  Kondisi

SMA Negeri 1 Torjun sebagai sekolah yang berada dipinggiran kota mempunyai tantangan serius terkait dengan angka melanjutkan keperguruan tinggi yang rendah, hal ini ditunjukan dengan hasil survei, berdasarkan survei tersebut 63,1 % penghasilan orang tua peserta didik dibawah satu juta rupiah perbulan, 53,8% sumber penghasilan orang tua bersal dari pertanian, 50,8% orang tua peserta didik menginkan anaknya kuliah sambil bekerja untuk membantu biaya kuliah. Informasi lain dari guru Bimbingan Konseling tentang jumlah peserta didik yang melanjukan 10 % ( 21 peserta didik dari jumlah total 222 ), tahun pelajaran 2023/2024 : 10 % ( 22 peserta didik dari jumlah total 228).

Hal lain yang menjadi tantangan SMA Negeri 1 Torjun adalah rendahnya literasi berdasarkan raport pendidikan SMA Negeri 1 Torjun, terlihat kemampuan literasi capaiannya belum memadai, partisipasi satdik mengikuti Asesmen Nasional dalam rentang 40% hingga kurang dari 85 %, yang lebih mengkawatirkan lagi adalah literasi digital peserta didik, dimana pengetahuan dan kecapakan peserta didik, sangat rendah hal ini telihat dari penggunaan telpon pintar dalam mengakses informasi belum sehat, bijak, cerdas,cermat,

b. Tujuan 

  Meningkatkan literasi kewirausahaan peserta didik yang bisa dijadikan motivasi untuk dipraktikan saat diperguruan tinggi, sehingga bisa membatu biaya di perguruan tinggi.

 Meningkatkan Literasi Digital peserta didik dapat memanfaatkan teknologi untuk mengakses, menganalisis dan mempresentasikan informasi dengan bijak, sehat, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum

 Memberikan Alternatif  Model Pembelajaran Inovatif sehingga dapat menginspirasi pendidik lain  di sekolah penulis juga untuk di implementasikan di sekolah lain dengan kontek dan kearifan lokal sekolah masing -- masing. 

II. PEMBAHASAN

a. Tantangan 

  • Rendahnya Literasi Kewirausahaan Peserta Didik
  • Kurangnya Keterampilan Literasi Digital
  • Kemampuan & Keberagaman Profil Belajar Peserta Didik
  • Integrasi materi sejarah dengan kewirausahaan dan teknologi
  • Kurangnya Fasilitas dan Dukungan Teknologi di Sekolah

b. Aksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun