Mohon tunggu...
Fadillah NurAzizah
Fadillah NurAzizah Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Perikanan

Mahasiswa Perikanan Psdku Unpad Pangandaran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pemasaran Sambal Ikan Tongkol

29 Oktober 2021   18:32 Diperbarui: 29 Oktober 2021   18:54 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh Junianto1 dan Fadilah Nur Azizah2

  • Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD
  • Mahasiswa Program Studi Perikanan Diluar Kampus Utama-Pangandaran, UNPAD

Analisis pemasaran sangat penting untuk dilakukan sebelum produk diproduksi.  Salah satu produk olahan hasil perikanan yang dapat dikomersialkan adalah sambal ikan tongkol. Sambal ikan tongkol adalah sambal yang berbahan baku ikan tongkol, cabai, dan tomat, pembuatan sambal dengan formulasi ikan dan sambal merupakan inovasi baru dalam pembuatan bahan baku makanan (Rieny Sulistijowati., 2020)

Sambal ikan tongkol termasuk  produk pangan, produk ini diperlukan sebagai pelengkap lauk untuk merangsang makan nasi.  Ikan tongkol sebagai bahan utama dalam produk sambal ini memiliki kandungan gizi sebagai dalam Tabel berikut

Kandungan Gizi 100 Gram Ikan Tongkol (Sumber : USDA) :

Kalori (Kcal ) : 132

Jumlah Lemak : 1.3 g

Protein : 28 mg 

Lemak Jenuh : 0.4 g

Vitamin C : 1 mg 

Kolesterol : 60 mg

Kalium : 522 mg

Natrium : 47 mg 

Karbohidrat : 0 g

Serat Pangan : 0 g

Zat Besi : 1.6 mg

Vitamin B 12 : 2.2 g 

Vitamin B 6 : 1 mg 

Kalsium : 37 g Magnesium : 44 mg 

Produk sebelum dipasarkan sangat perlu dilakukan uji organoleptik.  Pengujian organoleptik ditujukan untuk menilai tingkat kesukaan (hedonik) sambal ikan tongkol pada rasa, aroma, tekstur, dan warnanya

Target Pasar : Target pasar sambal ikan tongkol adalah anak -- anak hingga dewasa, karena orang Indonesia cenderung menyukai makanan pedas dan gurih.

Identifikasi Oprasi dari Pesaing : 

  • Rival adalah lawan / saingan sambal ikan tongkol yang diproduksi oleh produsen lain
  • Potential Entrans sambal ikan tongkol adalah sambal cumi-cumi dan sambal ikan tuna
  • Subtitutes sambal ikan tongkol adalah sambal ikan teri, dan sambal ikan tuna.

Bentuk pasar yang terjadi pada produk sambal umumnya pasar persaingan sempurna, yaitu jumlah produsen dan konsumennya "banyak".  Selanjutnya basis persaingan yang terjadi ada pada tataran "Product Differentition", yaitu menawarkan pada beberapa kelebihan kualitas produk.

Promosi Sambal Ikan Tongkol : Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan

Distribusi sambal ikan tongkol : merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk membuat produk sambal tongkol mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran

Daftar Pustaka

Berhimpon, S. H. (2002). Processing and The Prospect of Katsuobushi (Ikan Kayu) of North Sulawesi, Indonesia : A Review. Manado: Handling and Processing Laboratory. Faculty of Fisheries and Marine Science. Sam Ratulangi University.

Rieny Sulistijowati., S. H. (2020). Kuliner Sambal Ikan. Yogyakarta: Deepublish.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun