Oleh Junianto1 dan Fadilah Nur Azizah2
- Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD
- Mahasiswa Program Studi Perikanan Diluar Kampus Utama-Pangandaran, UNPAD
Analisis pemasaran sangat penting untuk dilakukan sebelum produk diproduksi. Â Salah satu produk olahan hasil perikanan yang dapat dikomersialkan adalah sambal ikan tongkol. Sambal ikan tongkol adalah sambal yang berbahan baku ikan tongkol, cabai, dan tomat, pembuatan sambal dengan formulasi ikan dan sambal merupakan inovasi baru dalam pembuatan bahan baku makanan (Rieny Sulistijowati., 2020)
Sambal ikan tongkol termasuk  produk pangan, produk ini diperlukan sebagai pelengkap lauk untuk merangsang makan nasi.  Ikan tongkol sebagai bahan utama dalam produk sambal ini memiliki kandungan gizi sebagai dalam Tabel berikut
Kandungan Gizi 100 Gram Ikan Tongkol (Sumber : USDA) :
Kalori (Kcal ) : 132
Jumlah Lemak : 1.3 g
Protein : 28 mgÂ
Lemak Jenuh : 0.4 g
Vitamin C : 1 mgÂ
Kolesterol : 60 mg
Kalium : 522 mg
Natrium : 47 mgÂ
Karbohidrat : 0 g
Serat Pangan : 0 g
Zat Besi : 1.6 mg
Vitamin B 12 : 2.2 gÂ
Vitamin B 6 : 1 mgÂ
Kalsium : 37 g Magnesium : 44 mgÂ
Produk sebelum dipasarkan sangat perlu dilakukan uji organoleptik. Â Pengujian organoleptik ditujukan untuk menilai tingkat kesukaan (hedonik) sambal ikan tongkol pada rasa, aroma, tekstur, dan warnanya
Target Pasar : Target pasar sambal ikan tongkol adalah anak -- anak hingga dewasa, karena orang Indonesia cenderung menyukai makanan pedas dan gurih.
Identifikasi Oprasi dari Pesaing :Â
- Rival adalah lawan / saingan sambal ikan tongkol yang diproduksi oleh produsen lain
- Potential Entrans sambal ikan tongkol adalah sambal cumi-cumi dan sambal ikan tuna
- Subtitutes sambal ikan tongkol adalah sambal ikan teri, dan sambal ikan tuna.
Bentuk pasar yang terjadi pada produk sambal umumnya pasar persaingan sempurna, yaitu jumlah produsen dan konsumennya "banyak". Â Selanjutnya basis persaingan yang terjadi ada pada tataran "Product Differentition", yaitu menawarkan pada beberapa kelebihan kualitas produk.
Promosi Sambal Ikan Tongkol : Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan
Distribusi sambal ikan tongkol : merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk membuat produk sambal tongkol mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran
Daftar Pustaka
Berhimpon, S. H. (2002). Processing and The Prospect of Katsuobushi (Ikan Kayu) of North Sulawesi, Indonesia : A Review. Manado: Handling and Processing Laboratory. Faculty of Fisheries and Marine Science. Sam Ratulangi University.
Rieny Sulistijowati., S. H. (2020). Kuliner Sambal Ikan. Yogyakarta: Deepublish.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI