Mohon tunggu...
Fachrur Rozi
Fachrur Rozi Mohon Tunggu... Guru - Menyukai Traveling dan seorang Konseptor

Saya adalah seorang konseptor, saya senang membuat perencanaan terhadap suatu kegiatan atau tugas dengan target maksimal. Saya berwawasan luas, mudah bergaul dan suka untuk mencoba hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ke - 11. Menjalin Komunikasi melalui Pendampingan untuk Menjadi Guru yang Berpihak pada Murid

6 Mei 2024   08:01 Diperbarui: 6 Mei 2024   10:45 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Assalamualaikum teman - teman semua...!!! Apa kabarnya? Semoga dalam keadan baik semua ya...

Bahagia sekali saya Fachrur Rozi, CGP angkatan 9 dapat kembali berjumpa lagi rekan guru hebat semua, semoga sehat dan bahagia selalu. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke - 11 tentang Pendampingan Individu 5 dan Lokakarya 5.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Fact (Peristiwa)

Saya mengikuti pendampingan individu ke-5 pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Ada empat fokus pada pendampingan individu ke-5 ini, yakni pembahasan tentang aksi nyata 3.1. tentang pemetaan aset di sekolah, rancangan program yang berdampak bagi siswa, perkembangan komunitas praktisi, dan melakukan praktik coaching dalam rangkaian praktik supervisi akademik, yakni fokus coaching di bagian pasca-observasi. 

Sumber : Kegiatan Pendampingan Individu 5/dok. pri
Sumber : Kegiatan Pendampingan Individu 5/dok. pri

Selanjutnya, pada hari Sabtu, 16 Maret 2024, saya bersama rekan-rekan CGP se-Kabupaten Kutai Timur mengikuti lokakarya ke-5 yang bertempat di SMA Negeri 2 Sangatta Utara. Agenda kegiatan dalam lokakarya ke-5 ini adalah:

a.Pembukaan dan persiapan kegiatan

b.Diskusi aksi nyata B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil Pelajaran)

c.Menyusun strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi

d.Membuat rencana program 

e.Penutupan dan refleksi

 Feeling (Perasaan)

Saya merasa senang saat mengikuti pendampingan individu ke-5 karena saya bisa belajar banyak dari wawancara bersama Pengajar Praktik, yakni Ibu Deviary, S.Pd., M.Pd.. Saya juga merasa senang bisa mempraktikkan coaching pasca observasi dalam rangkaian supervisi akademik bersama dengan rekan sejawat, yakni Ibu Sri Indah Sari, S.Pd. 

Sumber : Kegiatan PI 5 bersama Rekan Sejawat Ibu Sri Indah Sari, S.Pd./dok. pri
Sumber : Kegiatan PI 5 bersama Rekan Sejawat Ibu Sri Indah Sari, S.Pd./dok. pri

Di lokakarya ke-5 saya juga merasakan senang, bangga, dan terkesan. Saya merasa senang karena bisa berkolaborasi bersama dengan rekan CGP dari kelompok lain. Saya bangga karena program saya dipilih dalam diskusi kelompok untuk dipresentasikan di hadapan kelompok lain. Saya terkesan karena di lokakarya tersebut saya mendapatkan banyak inspirasi terkait program-program yang dipresentasikan oleh rekan-rekan CGP. 

Findings (Pembelajaran)

Di pendampingan individu ke-5 saya mendapat banyak pembelajaran, di antaranya tentang rencana pemetaan aset, pembuatan program yang berdampak bagi siswa, komunitas praktisi, dan pengalaman saat coaching bersama rekan sejawat. Dari pengalaman-pengalaman tersebut, saya memiliki bekal pengetahuan yang lebih untuk mendukung peran saya sebagai pemimpin pembelajaran yang ke depannya bisa saya terapkan dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. 

Sumber : Kegiatan Supervisi Akademik dengan Rekan Guru/dok. pri
Sumber : Kegiatan Supervisi Akademik dengan Rekan Guru/dok. pri

Di lokakarya ke-5 saya banyak mendapatkan inspirasi perencanaan program-program baru dari rekan-rekan CGP untuk bisa saya terapkan dalam kegiatan sekolah. Berkolaborasi dengan rekan-rekan CGP lainnya juga menambah wawasan saya tentang karakter-karakter guru yang memiliki ciri khas masing-masing.  

Future (Penerapan)

Setelah mengikuti kegiatan pendampingan individu ke-5 dan lokakarya ke-5, ke depannya saya akan menerapkan ilmu/materi yang saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya, dalam pemetaan aset saya akan menggunakan aset-aset yang tersedia untuk memaksimalkan pelaksanaan program yang berdampak positif bagi siswa. Ke depannya, saya juga akan merawat komunitas praktisi yang sudah saya buat atau saya ikuti untuk menunjang peran saya sebagai guru dan mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. 

Demikian jurnal refleksi ini saya tulis, semoga dapat menjadi inspirasi..!!!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun