Mohon tunggu...
EVRIDUS MANGUNG
EVRIDUS MANGUNG Mohon Tunggu... Lainnya - Pencari Makna

Berjalan terus karena masih diijinkan untuk hidup. Sambil mengambil makna dari setiap cerita. Bisikkan padaku bila ada kata yang salah dalam perjalanan ini. Tetapi adakah kata yang salah? Ataukah pikiran kita yang membuat kata jadi serba salah?

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bahaya Kemelekatan Penggunaan Bahasa Daerah

30 Oktober 2022   13:44 Diperbarui: 30 Oktober 2022   13:59 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pixabay.com/

Bahasa daerah mendapat tempat yang sentral dalam kehidupan manusia. Bahasa daerah merupakan identitas diri  dan inti kebudayaan. Namun, menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar sejak dini bukanlah hal tabuh.

Beragamnya bahasa daerah adalah bukti Indonesia negara yang besar. Kesadaran ini perlu kita rawat dan lestarikan.

Alasan utama mengapa bahasa daerah perlu dirawat dan dilestarikan karena ia membentuk identitas dari mana kita berasal, warisan kebudayaan yang berharga.

Bahasa daerah sebagai identitas diri menjadi salah satu hal yang melekat pada suatu komunitas. Hanya sayangnya, sebagian orang beranggapan bahwa ketika seseorang keluar dari “kemelekatannya” maka orang itu dianggap melawan kebiasaan atau risih.

Orang yang melawan kebiasaan patut mendapat ganjaran. Ganjaran yang diperoleh seorang yang kontra terhadap kebiasaan adalah hukuman sosial. Hukuman sosial yang paling dekat kepada para pelaku kontra kebiasaan adalah menjadi bahan pergunjingan komunitas. Tidak hanya sebagai bahan gunjingan, sesorang pun mendapatkan label miring.

Seringkali saya mendengar beberapa pengakuan-pengakuan yang menyebar di tengah masyarakat.  Pengakuan-pengakuan masyarakat sifatnya menghakimi para pelaku tadi

Suatu ketika saya duduk bersama tetangga. Di tengah perbincangan, beliau menyampaikan pengalamannya bersama tetangga lainnya. Pengalamannya itu tentunya berkaitan erat dengan bagaimana tetangga lain menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan.

“Saya merasa risih bila seseorang mengunakan bahasa Indonesia. Saya bahkan menganggap orang yang menggunakan bahasa Indonesia  adalah orang yang sombong”, katanya.

Hukuman sosial tidak hanya menjadi bahan pergunjingan komunitas. Orang yang menggunakan bahasa Indonesia dalam menjawab atau menyampaikan pendapat bisa menjadi bahan tertawaan.

Pelabelan yang gegabah atas sesorangpun menjadi suatu kenyataan yang tidak bisa dielakkan di tengah masyarakat. Masyarakat yang kesehariannya menggunakan bahasa daerah kurang menerima kenyataan bila seseorang tiba-tiba menggunakan bahasa Indonesia.

Realitas yang demikian tentu membawa dampak negatif. Dampak negatif yang sangat sederhana adalah pemilik bahasa daerah seolah-olah berhak menggunakan bahasa daerahnya kapan dan dimana saja. Padahal dalam sebuah perkumpulan orang-orang hadir pula orang lain yang datang dari latar belakang daerah berbeda.

Walaupun dalam hati agak berat menggunakan bahasa daerah di tengah keberagaman latar belakang namun karena takut diadili secara sosial maka suka tidak suka tetap menggunakan bahasa daerah. Pada konteks ini penggunaan bahasa Daerah menjadi overdosis.

Sayangnya, penggunaan bahasa daerah yang overdosis tersebut merambat pada bidang lain. Dunia pendidikan menjadi salah satu sasaran dari penggunaan bahasa daerah yang berlebihan. Kehadiran bahasa daerah bukannya menguntungkan tetapi merugikan anak didik kita. Anak-anak sekolah dasar mengalami kesulitan besar dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Riset yang dilakukan oleh Save the Children menunjukkan bahwa hanya sekitar 10% total populasi Indonesia yang mendapatkan pendidikannya dalam bahasa pertama mereka. Masih banyak guru di kelas tingkat awal (kelas 1-3) hanya menggunakan bahasa Indonesia saat mengajar. Praktik tersebut menyulitkan bagi anak-anak yang belum lancar berbahasa Indonesia ketika mereka masuk sekolah

Studi awal Save the Children menunjukkan bahwa anak-anak yang belum lancar berbahasa Indonesia memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang sudah terbiasa dengan bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena mereka tidak sepenuhnya mengerti materi pelajaran yang disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Untungnya, Pemerintah Indonesia justru menyadari kondisi berlebihan pemakaian ini dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden No. 63/2019. Perpu ini menegaskan bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional. Meski demikian, pada Pasal 23 Ayat 2, penggunaan bahasa daerah dibolehkan sebagai bahasa pengantar, terutama di level sekolah dasar (SD) untuk memudahkan proses pembelajaran.

Pada tahun 2018, program kerja sama pendidikan antara pemerintah Australia dan Indonesia (INOVASI), memfasilitasi guru untuk belajar menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar secara lebih efektif di dalam kelas.

Beberapa pendekatan yang umum digunakan adalah guru menjelaskan berbagai konsep pelajaran kepada siswa dengan bahasa daerah secara bertahap. Ketika siswa sudah cukup kuat dalam memahami konsep tersebut, guru melakukan transisi menggunakan bahasa Indonesia. Pendekatan ini dinamakan jembatan bahasa.

Pendekatan lanjutan yang digunakan adalah guru mengembangkan dan memperkenalkan media pembelajaran yang dilengkapi dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Pendekatan terakhir yang digunakan adalah guru melaksanakan metode mengajar partisipatif yang sesuai dengan kemampuan bahasa dan belajar masing-masing siswa.

Hasil dari model pendekatan di atas sangat mengejutkan. Beberapa hasil yang nampak terlihat adalah:

  • Peningkatan kemampuan literasi siswa secara umum. Tingkat kelulusan tes literasi dasar (mengenal huruf, suku kata, dan kata) siswa dengan bahasa daerah meningkat dari 27% menjadi 79%.
  • Mengurangi kesenjangan hasil belajar antara siswa yang lancar berbahasa Indonesia dan yang tidak.
  • Penurunan kesenjangan antarsiswa yang lebih signifikan (7%) dibandingkan dengan daerah yang tidak melaksanakan pendekatan PMBBI (1%).

INOVASI dengan pelaksanaan pendekatan pembelajaran berbasis bahasa daerah pada tingkat Sekolah dasar membawa hasil yang sangat memuaskan. Tetapi pertanyaan bagi kita adalah apakah perlu mempertahankan kehadiran bahasa daerah dalam proses belajar mengajar di sekolah? 

Bagi saya jawabannya adalah TIDAK. Ada beberapa kelemahan dasar dari model pendekatan pembelajaran berbasis bahasa daerah.

Pertama, efisiensi waktu. Kelemahan dari sistem penggunaan bahasa daerah adalah guru menjelaskan berbagai konsep pelajaran kepada siswa dengan bahasa daerah secara bertahap. Ketika siswa sudah cukup kuat dalam memahami konsep tersebut, guru melakukan transisi menggunakan bahasa Indonesia. Dalam hal ini, jelas sekali bahwa pendekatan ini sangat memboroskan waktu

Kedua, guru mengembangkan dan memperkenalkan media pembelajaran yang dilengkapi dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Kegiatan pembelajaran seperti ini juga sangat tidak efisien dari sisi waktu.

Jalan Tengah

Dalam rangka bulan bahasa 2022 mari kita galakkan semangat untuk membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam keluarga kita masing-masing.  Sebab proses pembelajaran di sekolah seringkali mengalami hambatan tatkala anak kita mengalami kesulitan dalam memahami bahasa Indonesia.

Demi efiseiensi waktu dalam pembelajaran maka bahasa Indonesia harus menjadi bahasa pengantar dalam pembelajaran. Peserta didik wajib diajari bahasa Indonesia sejak dini di tengah keluarga. NAmun, bahasa daerah tetap digunakan mengingat peranan bahasa daerah juga sangat sentral bagi identitas anak didik kita.

Hukuman sosial hanya sifatnya sementara. Karena hukuman sosial sifatnya sementara maka keluarga harus berani melompat keluar dari kemelekatan bahasa daerah. Tambahan pula  belajar bahasa Indonesia di tengah keluarga  bukanlah hal tabuh.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun