Mohon tunggu...
euodia suryani
euodia suryani Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Seorang yang suka menulis, apalagi bermanfaat bagi banyak orang. Bekerja di bidang SEO, Content Writing dan Social Media. Motto : Membantu dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

CRM Integration dalam Dunia Otomotif

7 September 2020   14:40 Diperbarui: 9 September 2020   17:11 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Apa itu CRM?

Setiap hari, tim Anda berinteraksi dengan pelanggan dan prospek. CRM adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu Anda dan bisnis Anda untuk mengatur semua data yang Anda miliki tentang pelanggan Anda.

Tujuan utama CRM adalah untuk mengatur, melacak, dan mengelola semua informasi, aktivitas, dan percakapan pelanggan Anda.

Tujuan lain adalah:

- Membantu tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan lainnya

- Memahami pelanggan Anda.

- Memastikan Anda menyampaikan pesan pada waktu yang tepat.

Apa itu integrasi CRM (CRM Integration)?

Integrasi CRM membangun situs web Anda dan CRM berfungsi bersama. CRM digunakan dengan mengintegrasikan perangkat lunak otomasi situs web / pemasaran Anda membawa informasi pelanggan yang berharga langsung ke CRM Anda.

Misalnya, seorang prospek mengunduh laporan terbaru Anda dari situs web Anda. "Prospek" ini diberi nilai dengan "B" yang solid (berdasarkan struktur penilaian yang Anda tempatkan di perangkat lunak otomatisasi pemasaran). 

Jika perangkat lunak otomasi pemasaran Anda terintegrasi dengan CRM Anda, catatan baru akan dibuat dan ditugaskan ke staf penjualan untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, staf penjualan Anda akan dapat menentukan kapan prospek terakhir mengunjungi situs Anda, apa yang mereka lihat, dan informasi lain apa yang mereka minta. Integrasi CRM ini perlu diterapkan di dunia otomotif, yang biasa dikenal dengan automotive CRM.

Jenis Integrasi CRM (CRM Integration)

Langkah pertama dalam mengimplementasikan integrasi CRM yang sukses adalah mencari tahu sistem apa yang perlu diintegrasikan.

Integrasi CRM Paling Populer

1. Integrasi Kalender

Bisa disebut alat penjadwalan digital atau kalender digital. Tim penjualan dapat menyelaraskan aktivitas terkait penjualan dan non-penjualan, serta menyiapkan reminder agar mereka tidak pernah melewatkan rapat.

2. Integrasi Email

Akun Gmail atau Outlook dapat di integrasikan dengan CRM, sehingga dapat mengirim email kantor langsung dari CRM Anda, dan menyimpan informasi pelanggan penting.

Pemasaran email yang didukung CRM dapat lebih dipersonalisasi, bersahabat, dan sangat bertarget ke prospek paling prospektif. Pada saat yang sama, data umpan balik dapat secara otomatis dianalisis untuk terus menyempurnakan keseluruhan strategi pemasaran, untuk meningkatkan ROI.

3. Integrasi Media Sosial

Sosial media merupakan tempat orang berinteraksi. Jumlah pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 2,5 miliar, dan  Twitter dan LinkedIn mencapai ratusan juta. Media sosial yang lain adalah Instagram, yang kini memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif Instagram.

Banyak peluang besar untuk terhubung dan terlibat melalui medsos.  Banyak keuntungan dengan mengintegrasikan platform ini ke dalam CRM.

4. Integrasi Situs web

Manfaat mengintegrasikan solusi CRM Anda dengan situs web Anda sebagian besar berasal dari otomatisasi dan pengurangan waktu respons.

Salah satu fitur pemasaran terbesar situs web Anda adalah kemampuan untuk menghasilkan prospek melalui formulir online. Kita dapat melihat form yang dapat diisi di situs web.

Dengan metode baru ketika Anda mengintegrasikan, sistem secara otomatis memasukkan informasi profil seperti nama, email, contact telepon secara instan di database CRM Anda.

5. Integrasi Pusat Panggilan / Dukungan Pelanggan

CRM menyediakan profil pelanggan, sementara pusat panggilan mengarahkan interaksi ke sumber pengetahuan yang sesuai. Kerjasama antara CRM dan pusat panggilan dapat menyederhanakan proses penyelesaian dan menghasilkan image baik di antara pelanggan.

Tujuan utama mencakup peningkatan kemampuan layanan mandiri, pengalaman yang dipersonalisasi, kemampuan untuk mengubah panggilan layanan menjadi penjualan, dan meningkatkan produktivitas agen.

6. Marketing Automation Integration

Dengan adanya integrasi, tidak ada pemborosan waktu dalam mengumpulkan dan mengelola data untuk tim penjualan dan pemasaran.  Selain itu membantu transisi prospek menjadi prospek yang memenuhi kualifikasi pemasaran saat bergerak ke saluran penjualan, dan pada akhirnya menghasilkan penjualan untuk perusahaan, yang merupakan tujuan utama setiap perusahaan.

Keuntungan CRM Integration

1. Mengurangi biaya

- Dengan integrasi sistem CRM yang baik, perusahaan dapat mengurangi biaya dan waktu yang dihabiskan untuk melatih karyawan baru.

- Mengurangi Biaya Produksi

Integrasi CRM juga dapat membantu Anda mengurangi biaya produksi. Sistem perangkat lunak CRM akan memberi Anda wawasan tentang perilaku pelanggan. Dengan perilaku pelanggan memungkinkan Anda mengevaluasi penawaran mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Dengan pemahaman permintaan pelanggan, perusahaan dapat menginvestasikan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kualitas produk, memanfaatkan data yang tersedia.

- Menghemat waktu dengan hasil yang lebih produktif.

2. Untuk retensi pelanggan

Mempertahankan klien dan mengelolanya adalah bagian bisnis yang paling menantang. Meningkatkan pelanggan dapat meningkatkan keuntungan hingga 75%.

3. Kurangi duplikasi

Dengan CRM terpasang, Anda dapat memiliki semua informasi Anda di satu tempat, dan oleh karena itu, tidak perlu memasukkan ulang informasi dari satu sistem ke sistem lainnya.

Alur kerja otomatis membantu mengurangi pekerjaan berulang untuk menyalin atau mengambil referensi data, sehingga memungkinkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk pekerjaan penting.

4. Tingkatkan jangkauan Anda

Dengan mengintegrasikan CRM ke dalam otomatisasi pemasaran, Anda dapat meningkatkan efisiensi organisasi Anda. Pemasaran digital adalah langkah yang sangat penting untuk pemula baru dan bahkan untuk bisnis lama.

Sangat penting untuk mengelola upaya penjualan dan pemasaran agar program menjadi efisien.

Manfaat Sistem Hubungan Pelanggan:

- memaksimalkan upaya pemasaran dan penjualan

- meningkatkan komunikasi

- menyediakan layanan tanpa batas dalam komunikasi

- memastikan bahwa pimpinan proyek Anda menerima laporan pada waktu yang tepat.

Source: banyak sumber & lucep.com

- data : https://lucep.com/how-to-integrate-your-crm-with-your-website/

- data : https://lucep.com/top-5-selling-tools-for-car-dealerships/

- data : https://lucep.com/best-crm-for-car-dealerships/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun