Menekankan pada pengenalan kata melalui proses mendengarkan bunyi huruf .Pada mulanya anak di ajak mengenal bunyi huruf,suatu proses memecahkan kode atau sandi yang berbentuk tulisan menjadi bunyi yang sesuai anak tuna grahita atau anak bermasalah dengan keterlambatan bicara.
Metode Membaca
1. Metode Fonik
Menekankan pada pengenalan kata melalui proses mendengarkan bunyi huruf. Pada mulanya anak di ajak mengenal bunyi huruf, kemudian menjadi suku kata dan kata. Mengenalkan huruf mengaitkan huruf depan dengan berbagai nama yang sudah dikenal anak.
2. Metode Linguistik
Metode ini didasarkan atas pandangan bahwa membaca ialah suatu proses memecahkan kode atau sandi yang berbentuk tulisan menjadi bunyi yang sesuai. Metode ini menyajikan kepada anak suatu kata yang terdiri dari konsonan- vocal / vocal- konsonan. Suku kata menjadi kata.
Misal : bu -- ku  buku
3. Metode SAS ( Struktural Analisis Sintetik)
Mengajar membaca dengan mengenalkan kalimat dipisah menjadi kata- suku kata -- uruf -- suku kata -- kata -- kata -- kalimat.
Misal: ini ibu budi
ini -- ibi -- budi