ABSTRAK :
Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kewenangan untuk mengatur komunitas di wilayah tertentu, yang umumnya adalah negara. Ada beberapa definisi mengenai sistem pemerintahan. Sama halnya, terdapat bermacam-macam jenis pemerintahan di dunia. Sedangkan, Pemerintahan sebagai sekumpulan orang-orang yang mengelola kewenangan-kewenangan, melaksanakan kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan serta pembangunan masyarakat dari lembaga-lembaga dimana mereka ditempatkan. Melalui pelatihan ini, peserta akan mengembangkan kompetensi kepemimpinannya supaya memiliki kompetensi multiplayer leadership. Dimana seorang pemimpin yang baik tidak hanya mampu mengembangkan diri sendiri, namun juga mampu membawa lingkungannya untuk berkembang bersama. Â Lembaga pemerintahan maupun swasta saat ini dituntut untuk mampu merespon perubahan yang sangat masif, oleh karena itu maka dibutuhkan berbagai penyesuaian termasuk dalam hal gaya manajemen dan kepemimpinan. Pelatihan Kepemimpinan Administrator bertujuan untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial administrator. Demikian pernyataak Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Artikel ini dibuat dengan menggunakan kajian literatur review untuk mengumpulkan informasi dan data yang diperlukan.
Kata Kunci: Pemerintahan, Kompetisi Kepemimpinan Multiplayer, Pelatihan Kepemimpinan Administrator
ABSTRACT :
Government is an organization that has the authority to regulate communities in a certain area, which is generally the state. There are several definitions of government systems. Similarly, there are various types of governments in the world. Meanwhile, the Government as a group of people who manage the authorities, carry out leadership and coordination of government and community development from the institutions where they are placed. Through this training, participants will develop their leadership competencies so they have multiplayer leadership competencies. Where a good leader is not only able to develop himself, but also able to bring his environment to develop together. Government and private institutions are currently required to be able to respond to very massive changes, therefore various adjustments are needed, including in terms of management and leadership styles. Administrator Leadership Training aims to produce leaders who have performance management leadership competencies in order to meet administrator managerial competency standards. This was stated by the Secretary of the Human Resources Development Agency (BPSDM) of the Ministry of Public Works and Public Housing (PUPR). This article was created using a literature review to collect the necessary information and data.
Keywords: Governance, Multiplayer Leadership Competition, Administrator Leadership Training
PENDAHULUAN :
Pemerintah dapat diartikan sebagai kekuasaan memerintah suatu negara, sedangkan pemerintahan sebagai perbuatan atau cara dalam memerintah. Manajemen pemerintahan adalah suatu proses kegiatan melakukan tata kelola atau pengelolaan pemerintahan oleh penguasa atau penyelenggara pemerintah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan, yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Melalui pelatihan ini, peserta akan mengembangkan kompetensi kepemimpinannya supaya memiliki kompetensi multiplayer leadership. Dimana seorang pemimpin yang baik tidak hanya mampu mengembangkan diri sendiri, namun juga mampu membawa lingkungannya untuk berkembang bersama. Baik itu stafnya, lingkungan kerjanya, dan juga organisasi untuk tumbuh bersama, menyadari pentingnya optimalisasi pemanfaatan teknologi, melakukan inovasi dan memanfaatkan potensi demografis yang saat ini kita miliki dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin. Â Pentingnya menyusun aksi perubahan yang mampu memberikan dampak nyata, tidak hanya baik bagi dirinya, melainkan juga untuk organisasi dan juga publik. Penyelenggaraan PKA bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja pada jabatan administrator yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahannya di instansi masing-masing.
PEMBAHASAN :
Pelatihan Kepemimpinan Administrator bertujuan untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial administrator. Demikian pernyataak Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Seorang pemimpin harus memiliki kompetensi kepemimpinan kinerja sebagai kompetensi manajerial untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator yang memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pengawas dan elaksana dalam memberikan pelayanan publik sesuai SOP dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan. Seorang Pejabat Administrator juga harus memiliki kemampuan dan kesadaran kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, karena tanpa adanya kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, maka mustahil pemimpin tersebut akan memiliki akuntablitas jabatan administrator.
Karena itu dengan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator diharapkan para peserta pelatihan dapat mengadaptasi semua pembelajaran yang didapatkan dan diimplementasikan dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari, sehingga tercapai birokrasi yang mampu melahirkan daya saing dan menggerakkan sebuah organisasi demi tercapainya kinerja yang maksimal.
Implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi tersebut merupakan aktualisasi kompetensi peserta dalam kepemimpinan kinerja dan manajemen kinerja sesuai dengan bidang tugasnya.
Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang selanjutnya disingkat PKA adalah pelatihan struktural kepemimpinan administrator sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen pegawai negeri sipil yang bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator. Kompetensi yang dikembangkan dalam PKA merupakan Kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja yang merupakan Kompetensi manajerial Peserta untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator.
Persyaratan:
1. PNS dengan pangkat dan golongan ruang paling rendah penata (III/c) dengan masa kerja paling rendah 3 tahun dalam golongan ruang tersebut atau JF yang setara dengan pangkat dan golongan ruang Penata Tingkat I-III/d
2. PNS dengan Jabatan Pengawas (JP) atau Jabatan Administrator (JA) atau JF yang setara dengan Pengawas atau Jabatan Administrator
3. Diusulkan secara tertulis oleh PPK atau PyB sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4. Bagi PNS yang tidak menduduki JA, Melampirkan copy hasil kelulusan seleksi calon peserta PKA. Seleksi calon Peserta dimaksud dilaksanakan oleh LAN atau instansi Pemerintah asal Peserta yang dapat dilakukan dalam bentuk ujian tertulis, tes potensi wawancara dan/atau seleksi administrasi,
5. Batas usta JA atau JF yang setara dengan JA. 5 Tahun sebelum BUP JA (maks, kelahiran tahun 1967), JP atau JF yang setara dengan JP: 8 tahun sebelum BUP JA (maks, kelahiran tahun 1970);
6. Surat Keputusan tentang pengangkatan dalam jabatan terakhir
7. Surat Keterangan sehat dari dokter pemerintah
8. Keterangan bebas narkotika dan obat terlarang dan lembaga yang berwenang.
9. Pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan PKA yang dituangkan dalam bentuk pakta integritas
10. Pas Foto untuk ID Card Peserta.
KESIMPULAN :Â
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Pemerintahan adalah kegiatan yang terorganisir mempunyai makna bahwa kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, dengan kerjasama, adanya pembagian kerja, dibawah satu pimpinan. Melalui pelatihan ini, peserta akan mengembangkan kompetensi kepemimpinannya supaya memiliki kompetensi multiplayer leadership. Dimana seorang pemimpin yang baik tidak hanya mampu mengembangkan diri sendiri, namun juga mampu membawa lingkungannya untuk berkembang bersama. Baik itu stafnya, lingkungan kerjanya, dan juga organisasi untuk tumbuh bersama, menyadari pentingnya optimalisasi pemanfaatan teknologi, melakukan inovasi dan memanfaatkan potensi demografis yang saat ini kita miliki dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin. Â Pentingnya menyusun aksi perubahan yang mampu memberikan dampak nyata, tidak hanya baik bagi dirinya, melainkan juga untuk organisasi dan juga publik. Penyelenggaraan PKA bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja pada jabatan administrator yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahannya di instansi masing-masing. Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang selanjutnya disingkat PKA adalah pelatihan struktural kepemimpinan administrator sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen pegawai negeri sipil yang bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator. Kompetensi yang dikembangkan dalam PKA merupakan Kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja yang merupakan Kompetensi manajerial Peserta untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator.
SARAN :
Setelah mengetahui mengenai pentingnya manajemen pemerintahan dan isu-isu terkini terkait manajemen pemerintahan penulis berharap, agar pembaca dapat mengambil setiap ilmu dan wawasan baru serta dapat menjadikan artikel ini sebagai bentuk referensi. Untuk penulis selanjutnya agar bisa mencari informasi lebih dalam lagi untuk mencari materi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.
DAFTAR PUSTAKA :
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H