Kembali pada tahun 1600-an, bahkan sebelum Islam masuk ke Indonesia, ada tradisi pendeta berpakaian silang di pulau Sulawesi. Tradisi ini telah membantu para waria menemukan lebih banyak penerimaan di Indonesia modern. Semua orang mengenal waria secara pribadi atau setidaknya tahu apa arti "waria" (berlawanan dengan "gay" yang masih dapat membingungkan sebagian orang Indonesia). Salah satu selebriti terbesar di Indonesia-dalam skala Oprah-adalah seorang waria bernama Dorce.
Namun, ini tidak berarti bahwa waria diterima secara universal. Ekstremis agama seperti FPI menjadikan urusan mereka untuk menimbulkan masalah bagi komunitas waria. Waria masih tertinggal dalam bidang pendidikan, perawatan kesehatan, dan kesempatan kerja. Dan meskipun waria bisa menjadi besar di dunia hiburan atau menjadi pencari nafkah keluarga, orang tua seringkali menolak ketika mengetahui bahwa anaknya adalah seorang waria. Menjadi seorang waria berarti menjalani kehidupan yang penuh kontradiksi.
Di Indonesia, biologis laki-laki yang percaya bahwa mereka dilahirkan dengan jiwa perempuan dikenal sebagai "waria". Istilah tersebut merupakan perpaduan dari dua kata bahasa Indonesia: "wanita" ("wanita") dan "pria" ("pria"). Sebagai sebuah kelompok, waria itu beragam, mencakup apa yang di Amerika mungkin kita sebut cross-dresser, trans sexuals, drag queens, dan laki-laki gay yang banci. Yang menyatukan mereka adalah semangat feminim yang tak tertahankan.
Orang-orang melihat waria sebagai pekerja seks di pinggir jalan pada malam hari, mengenakan rok mini, dengan payudara silikon. Mereka melihat bisnis pertunjukan waria yang tampil di panggung dan di televisi. Komunitas waria sangat beragam, ini termasuk individu yang terus mengidentifikasi sebagai laki-laki tetapi meniru perilaku feminim tertentu, dan mungkin kadang-kadang memakai riasan dan pakaian wanita. Yang lain mengidentifikasi begitu dekat sebagai perempuan sehingga mereka mampu menyamar sebagai perempuan dalam interaksi sehari-hari mereka di masyarakat. Sebagai waria, individu-individu ini menjadi hampir tidak terlihat.
Dalam masyarakat, banyak stereotip waria sebagai pekerja seks cross-dressing flamboyan yang hidup di pinggiran masyarakat. Namun disisi lain, banyak waria berasal dari latar belakang kelas menengah dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Banyak yang memegang posisi terhormat di perusahaan mapan. Ada waria yang berprofesi sebagai desainer, psikolog dan sosiolog. Gambaran bahwa semua waria adalah pekerja seks atau karyawan salon rambut hanyalah mitos. Pada akhirnya, hanya seorang waria yang tahu apa artinya menjadi seorang waria. Kita harus mendefinisikan diri kita sendiri.
Prasangka sosial dan diskriminasi membuat waria sering menemukan diri mereka dengan pilihan pekerjaan yang terbatas. Sangat banyak yang bekerja di industri kecantikan dan kosmetik, hiburan dan fashion, atau di sektor LSM, khususnya di LSM yang menangani isu-isu gender.
Pasalnya, meski kartu tanda penduduk (KTP) menunjukkan dia perempuan, dokumen resmi lainnya seperti akta kelahiran dan transkrip akademik mengidentifikasi dia sebagai laki-laki. Secara hukum, tidak ada preseden bagi individu transgender, termasuk transeksual pasca operasi, untuk mengubah jenis kelamin yang mereka identifikasi saat lahir. Oleh karena itu, ketika melamar hampir semua bentuk pekerjaan formal atau melalui proses formal lainnya yang memerlukan berbagai dokumentasi pribadi, seorang waria tidak dapat dinyatakan sebagai perempuan.
Karena alasan agama, waria di Indonesia banyak yang tidak tertarik dengan operasi pergantian kelamin. Waria di Indonesia percaya bahwa mereka dilahirkan sebagai laki-laki dan harus kembali kepada Tuhan sebagai laki-laki. Waria juga memiliki gagasan tentang kewanitaan yang akan mencemaskan feminis modern; bagi banyak waria, puncak kebahagiaan adalah menemukan "laki-laki asli", seorang pria jantan, dan menghabiskan hari-hari merawatnya.
Ketika seorang pengantin wanita Indonesia perlu berpenampilan terbaik, seorang waria akan sering dipanggil untuk merias wajahnya. Untuk hari istimewa seperti itu, seorang waria di salon mungkin lebih disukai sebagai orang terbaik untuk menata rambutnya. Dan dengan banyaknya penjahit yang mempekerjakan seorang "waria", mungkin menjadi orang yang dipercayakan untuk menjahit pakaian terpentingnya.
Tidak seperti di negara lain, pria Muslim dengan rok dan sepatu hak ditoleransi sebagai bahan eksotis lain. Sebagian besar toleran dan bukan hal yang aneh bagi waria untuk tampil di tempat terbuka dan bahkan dirayakan.
Sementara waria telah menjadi ciri kehidupan publik Indonesia selama beberapa ratus tahun, waria dan homoseksualitas tidak pernah dilarang di Indonesia seperti halnya ladyboys di Thailand. Tidak seperti negara tetangga Malaysia, di mana pria yang menyamar sebagai wanita di tempat umum berisiko didenda dan enam bulan penjara.
Penulis berharap ini akan menunjukkan kepada orang-orang bahwa pandangan baru tentang kehidupan transgender, yang tidak lagi menekankan pada operasi penggantian kelamin, prostitusi, dan keterasingan. Mencari cinta dan mencoba menjalin hubungan manusia yang bermakna, terlepas dari hambatan atau sakit hati apa pun yang mungkin menghadang mereka. Perjalanan mereka adalah perjalanan universal, yang indah sekaligus menginspirasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H