Mohon tunggu...
ERNIA TIAN FAUZIAH
ERNIA TIAN FAUZIAH Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah guru di SDN 1 PUCANGANAK, Trenggalek Jawa Timur. Saya adalah pribadi yang suka membaca terutama buku yang berkaitan dengan pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Bagian 1

19 Juni 2023   05:09 Diperbarui: 19 Juni 2023   06:13 560
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan  3.3

 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Saya Ernia Tian Fauziah Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek. Pada jurnal dwi mingguan ini,  saya menulis refleksi saya mengenai dampak dari kegiatan pelatihan yang sudah saya lalui dan harapan saya ke depannya, khususnya pada modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Dalam menulis jurnal refleksi kali ini saya  berpedoman pada model Segitiga Refleksi  yang memuat poin-poin sebagai berikut :

1. Setelah pembelajaran minggu ini saya akhirnya memahami bahwa:

a.Ketika saya dulu sebagai murid ikut terlibat dalam suatu kegiatan sekolah/ program sekolah maka secara tidak langsung saya sudah memiliki student agency (kepemimpinan murid).

b.suatu program hendaknya memberikan dampak positif pada murid utamanya program tersebut diselenggarakan harus bertujuan untuk menumbuhkan kepemimpinan murid dimana suara, pilihan , maupun  kepemilikan murid harus ada di dalamnya serta menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila pada diri murid.

c.program/ kegiatan sekolah yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dapat diwadahii melalui kegiatan intrakulikuler, kokurikuler, serta ekstrakulikuler,  Kegiatan intrakulikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan karakter atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

d.kepemimpinan murid adalah tentang murid yang bertindak secara aktif, dan membuat keputusan serta pilihan yang bertanggung jawab, daripada hanya sekedar menerima apa yang ditentukan oleh orang lain.

e.lingkungan yang mendukung kepemimpinan murid sangat dibutuhkan baik itu lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Demikian pula pada keterlibatan komunitas di sekitar lingkungan murid juga dibutuhkan untuk membantu guru dalam mempromosikan dan mendorong 'suara, pilihan, kepemilikan' murid.

 

2. Setelah  pembelajaran minggu ini akhirnya saya mampu untuk:

a. merefleksikan pengalaman belajar saya di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dengan menjawab pertanyaan pemantik:

  • 1. Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?
  • 2. Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

b. membangun pemahaman saya melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi saya dapat yaitu tentang:

  • kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila
  • suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
  • lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid
  • pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

c. menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler sekolah

3.Perasaan saya setelah pembelajaran minggu ini adalah sangat senang dan antusias karena memperoleh ilmu pengetahuan baru tentang progam/ kegiatan apa saja yang perlu guru berikan untuk menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Saya menjadi sadar bahwa dalam menjalankan program/ kegiatan sekolah guru harus mengutamakan peran murid sebagai subjek pembelajaran sehingga mereka bisa sepenuhnya bertanggung jawab dan merasa memiliki atas program/ kegiatan  yang mereka pilih. Selain itu saya mulai menyadari bahwa guru dapat menciptakan program / kegiatan tidak hanya berfokus pada pengembangan kegiatan intrakulikuler, tetapi juga dapat melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakulikuler.

4.Setelah pembelajaran minggu ini target saya adalah :

a.menerapkan pengetahuan yang saya peroleh terkait student agency  meliputi suara, pilihan serta kepemilikan murid

b. memberi pemahaman kepada rekan sejawat bahwa sebagai pendidik kita memiliki peranan untuk menumbuhkembangkan kepemimpinan murid sebagai bekal kelak mereka hidup dalam masyarakat.

c.memberi pemahaman kepada murid bahwa  mereka berhak untuk memberi suara, menentukan pilihan bahkan merancang kegiatan pembelajaran mereka sendiri sehingga selama menjalankan kegiatan/ program yang mereka pilih murid merasa nyaman, senang dan bertanggung jawab penuh.  

 

Demikian pemaparan saya tentang refleksi jurnal modul 3.3  Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat dan menginspirasi bagi yang  membaca.

 

 

 

Salam guru penggerak!

Tergerak

Bergerak

Menggerakkan

Wassalamu'alaikum wr.wb

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun