Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran berdeferensiasi
Saat ini saya akan menuliskan jurnal refleksi Dwi Mingguan pada modul 2.1.pembelajaran berdeferensiasi.Tujuannya untuk menyelesaikan tugas wajib jurnal refleksi dwi mingguan pada pendidikan calon guru penggerak. Dalam menuliskan kegiatan refleksi saya menggunakan model 4F yaitu :
1.Facts (Peristiwa)
2.Feelings (Perasaan)
3.Findings (Pembelajaran)
4.Futuru(Penerapan)
Inilah langkah saya dalam mempelajari Modul 2.1
1.Facts (Peristiwa)
  Kegiatan pendidian calon guru penggerak pada modul 1 telah selesai.Pada minggu ini
  CGP  mulai dengan modul baru yaitu 2.1 memenuhi kebutuhan murit melalui
  pembelajaran berdeferensiasi pada tanggal 8 pebruari 2023 dengan post test
  sebelum mulai pembelajaran ke modul 2.1. Dan lokakarya 2 pada tanggal 11 pebruari
  2023. Kegiatan pertama dalam mempelajari modul 2.1 dengan mulai dari diri pada
  tanggal 13 pebruari 2023, kemudian eksplorasi konsep dengan berdiskusi kelompok
  dan hasil diskusi di unggah di LMS. Dilanjutkan dengan ruang kolaborasi dengan
  instruktur melalui Google meet agar pemahaman modul lebih terarah. Pada tanggal
  22 pebruari 2023 di suruh membuat konteks pemahaman pembelajaran
  berdeferensiasi yang hasilnya di unggah di LMS juga.dan juga membuat aksi nyata t
  entang penerapan pembelajaran berdeferensiasi.
2.Feelings (Perasaan)
  Perasaan saya dalam mempelajari modul 2.1 pembelajaran berdeferensiasi adalah  Â
  serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis oleh guru agar mampu  Â
  mengakomodir seluruh kebutuhan murid yang berbeda di dalam kelas atau
  lingkungan sekolah. Pembelajaran deferensiasi memiliki strategi Deferensiasi
  konten,proses,dan produk.
3.Findings (Pembelajaran)
  Pembelajaran deferensiasi di sekolah sangat berkaitan dengan peran calon guru  Â
  penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murit. Â
  Guru penggerak dapat mengembangkan nilai nilai yang dimiliki untuk mendukung
  implementasi pembelajaran berdeferensiasi yang menjadi salah satu program
  komunitas belajar.
4.Futuru(Penerapan)
  Dalam penerapan deferensiasi yaitu
  1.Setiap orang dikelas akan dihargai
  2.Setiap orang dikelas akan saling menghargai
  3.Setiap murit akan merasa aman dan nyaman
  4.Ada harapan bagi pertumbuhan dan perkembangan kearah peningkatan kualitas  Â
   belajar
  5.Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan guru dan murit
  6.Adanya keadilan dalam bentuk nyata di akomodir dengan baik
  7.Guru murit berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H