Mohon tunggu...
Erna Pudyaningsih
Erna Pudyaningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 karangdowo Klaten jawa Tengah

Nama saya Erna Pudyaningsih, profesi saya sebgai guru SMAN 1 karangdowo klaten tempat saya dulu menimba ilmu dan sekarang mengabdikan diri di sana tuk berbagi ilmu dan mendorong siswa mencapai pendidkan karakter yang baik agar mendapat masa depan yang sukses dan berujung bahagia.Walau saya seorang guru saya punya hoby di kesenian khususnya tarik suara.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1

21 Februari 2023   22:16 Diperbarui: 21 Februari 2023   22:38 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran berdeferensiasi

Saat ini saya akan menuliskan jurnal refleksi Dwi Mingguan pada modul 2.1.pembelajaran berdeferensiasi.Tujuannya untuk menyelesaikan tugas wajib jurnal refleksi dwi mingguan pada pendidikan calon guru penggerak. Dalam menuliskan kegiatan refleksi saya menggunakan model 4F yaitu :

1.Facts (Peristiwa)

2.Feelings (Perasaan)

3.Findings (Pembelajaran)

4.Futuru(Penerapan)

Inilah langkah saya dalam mempelajari Modul 2.1

1.Facts (Peristiwa)

   Kegiatan pendidian calon guru penggerak pada modul 1 telah selesai.Pada minggu ini

   CGP  mulai dengan modul baru yaitu 2.1 memenuhi kebutuhan murit melalui

   pembelajaran berdeferensiasi pada tanggal 8 pebruari 2023 dengan post test

   sebelum mulai pembelajaran ke modul 2.1. Dan lokakarya 2 pada tanggal 11 pebruari

   2023. Kegiatan pertama dalam mempelajari modul 2.1 dengan mulai dari diri pada

   tanggal 13 pebruari 2023, kemudian eksplorasi konsep dengan berdiskusi kelompok

   dan hasil diskusi di unggah di LMS. Dilanjutkan dengan ruang kolaborasi dengan

   instruktur melalui Google meet agar pemahaman modul lebih terarah. Pada tanggal

   22 pebruari 2023 di suruh membuat konteks pemahaman pembelajaran

   berdeferensiasi yang hasilnya di unggah di LMS juga.dan juga membuat aksi nyata t

   entang penerapan pembelajaran berdeferensiasi.

2.Feelings (Perasaan)

   Perasaan saya dalam mempelajari modul 2.1 pembelajaran berdeferensiasi adalah   

   serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis oleh guru agar mampu    

   mengakomodir seluruh kebutuhan murid yang berbeda di dalam kelas atau

   lingkungan sekolah. Pembelajaran deferensiasi memiliki strategi Deferensiasi

   konten,proses,dan produk.

3.Findings (Pembelajaran)

   Pembelajaran deferensiasi di sekolah sangat berkaitan dengan peran calon guru    

   penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murit.  

   Guru penggerak dapat mengembangkan nilai nilai yang dimiliki untuk mendukung

   implementasi pembelajaran berdeferensiasi yang menjadi salah satu program

   komunitas belajar.

4.Futuru(Penerapan)

   Dalam penerapan deferensiasi yaitu

   1.Setiap orang dikelas akan dihargai

   2.Setiap orang dikelas akan saling menghargai

   3.Setiap murit akan merasa aman dan nyaman

   4.Ada harapan bagi pertumbuhan dan perkembangan kearah peningkatan kualitas    

      belajar

   5.Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan guru dan murit

   6.Adanya keadilan dalam bentuk nyata di akomodir dengan baik

   7.Guru murit berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun