Mohon tunggu...
Erfransdo
Erfransdo Mohon Tunggu... Lainnya - Journalist, Traveler

Penggiat aksara dan penggemar tualang | Chelsea fans

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

4 Alasan "Fullmetal Alchemist: Brotherhood" adalah Anime yang Wajib Kalian Tonton

16 Februari 2022   15:21 Diperbarui: 16 Februari 2022   15:24 6332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: DualShockers

Ngomongin soal anime, saya yakin nggak bakal ada habisnya. Berdebat mengenai yang terbaik tidak akan ada ujungnya karena perbedaan sudut pandang dan selera. Saya sudah membaca artikel di berbagai platform media yang membahas mengenai anime-anime terbaik menurut si penulis. Setiap orang memang mempunyai pandangannya masing-masing, termasuk saya.

Saya tidak bermaksud menjadikan anime ini menjadi anime yang terbaik sepanjang sejarah peranimean, melainkan saya memosisikan Fullmetal Alchemist ini sebagai anime terbaik yang pernah ada. Jadi jelas, seharsunya kalian bisa memahaminya.

Sebagai orang yang nggak cinta-cinta amat sama yang namanya anime, setelah menonton beberapa anime kenamaan seperti Naruto dan One Piece---yang kualitasnya udah nggak usah diraguin lagi kali ya---dan beberapa yang lainnya, saya rasa Fullmetal Alchemist : Brotherhod lah yang sangat lekat pada ingatan saya. Series anime yang digarap oleh Yasuhiro Irie ini sudah sepantasnya menjadi saingan terberat Naruto dan One Piece.

Saya bersyukur sekali karena Fullmetal Alchemist tidak ada sequelnya karena bagi saya jika sequel itu dibuat akan merusak apa yang sudah ada. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga sih kalau sequelnya akan jauh lebih bagus. Tapi, saya tidak yakin. Dengan jumlah episode 64, bagi saya sudah cukup membuat puas hati para penonton.

Jujur saja, saya tahu anime ini dari teman saya yang waktu itu sedang menghabiskan kuota malamnya untuk mendownload beberapa anime. Teman saya mengirim list anime terbaik menurut dia, dan di list pertamanya adalah Fullmetal Alchemist : Broterhood. Di list kedua ada Death Note dan list ketiga ada Attack on Titan. Dia mencoba untuk menikmati versi digitalnya setelah mengoleksi berpuluh-puluh komik anime.

Ketika pertama kali membaca judul list anime terbaik itu, sebenarnya saya kurang begitu tertarik, apalagi di list yang pertama karena judulnya terkesan panjang. Namun beberapa hari kemudian saya mencoba untuk mengikuti sarannya untuk menonton anime tersebut, kebetulan saya baru saja selesai UAS, jadi banyak waktu luang untuk menonton anime tersebut. Maka dari itu, saya pun mendowload animenya menggunakan kuota malam. Hahaha.

Mengapa Fullmetal Alchemist bisa saya katakan sebagai anime terbaik?

Pertama, hampir semua episode dalam anime ini sangat membuat penontonnya penasaran. Bayangkan saja saya hanya butuh 5 hari untuk menyelesaikan anime ini karena saking penasarannya. Teman saya yang merekomendasikan anime ini juga butuh dua minggu untuk menyelesaikannya.

Dalam anime ini, tidak ada scene yang mengulur-ulur waktu untuk sekadar ceramah atau dialog yang tanpa makna. Hampir semua episode mempunyai makna, nilai, dan pesan positif. Sosok Edward Elric dan adiknya Alphonse Elric menjelma sebagai sosok motivator dengan gayanya masing-masing, namun sama sekali tidak berlebihan.

Banyak dari scenenya yang berbanding lurus dengan keadaan manusia sebenarnya. Seperti sosok antagonis yang biasa disebut dalam anime ini sebagai 7 dosa. 7 dosa atau 7 tokoh ini diantaranya adalah Pride (kebanggaan/arogan), Greed (ketamakan), Sloth (kemalasan), Wrath (amarah), Gluttony (kerakusan), Envy (iri/dengki), dan Lust (nafsu). Dan saya sebenarnya cukup tertarik dengan sosok bernama Wrath King Bradley yang menjadi Fhrer (pemimpin) di Central dengan sosok tenang dan tegasnya, namun menghanyutkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun