Mohon tunggu...
Eppy Tetty Sitorus
Eppy Tetty Sitorus Mohon Tunggu... Guru - So boru batak jeges

Alumni SMAN3 MEDAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep-Forum Diskusi

24 April 2022   10:25 Diperbarui: 25 April 2022   21:27 15574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Settings 

Character Building ( SMP ADVENT PASIR PUTIH )

by HERI NAINGGOLAN - Thursday, 17 March 2022, 10:09 PM

Number of replies: 5

CHARACTER BUILDING (Membangun karakter,Tabiat,Sifat atau akhlak dan Budi pekerti) di SMP ADVENT PASIR PUTIH dengan menggunakan 8 Cara membentuk karakter berikut

1. Memberikan teladan

2. Memberikan penghargaan/Apresiasi

3. Menyisipkan pesan moral di setiap pembelajaran

4. Mengajarkan Sopan santun secara khusus waktu renungan pagi ( Morning worship)

5. Jujur dan Open Minded

6. Menanamkan Leadership

7. Menceritakan pengalaman inspiratif

8. Melalui kegiatan Literasi

 

PermalinkReply

In reply to HERI NAINGGOLAN

Re: 3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

by Eppy Tetty Sitorus - Friday, 18 March 2022, 6:38 AM

 Bagus sekali gagasan ide bentuk karakter bulding siswa.

Apakah program/kegiatan intrakokurikuler/ kokurikuler atau ektrakurikuer?

Bagaimana menjalankan karakter building ini ?

Siapa sajakah yang terlibat?

Sejauhmana aspek warga sekolah menyalurkan suara, pilihan dan kepemilikan dipromosikan atau didorong dalam kegiatan atau program building ini?

Kapan dimulainya program ini?

Apakah kategori berhasilnya?

Apakah kategori jika tidak berhasil?

Apakah ada sanksi jika tidak dilaksanakan?

Berapa lama proses durasi karaktr buiding ini?

Bagaimana menjalankan program ini?

Bagaimana cara menggali karakter bulding dari siswa prpgram ini?

Bagaimana penjelasan konsep kepemimpinan musid/student agency dalam program karakter buiding ini?

Apakah diperhitungkan resiko program ini dalam hal apa?

Apa dampak positfnya buat siswa?

PermalinkShow parentReplyExport to portfolio

In reply to Eppy Tetty Sitorus

Re: 3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

by HERI NAINGGOLAN - Friday, 18 March 2022, 8:49 AM

Terimakasih Ibu Eppy.

Saya akan menjawab pertanyaan ibu

1. Character building ini adalah program/kegiatan intrakurikuler

2. Character building ini dijalankan setiap harinya di sekolah di dampingi oleh guru-guru dan  

    wali kelas

3. Yang terlibat adalah Seluruh warga sekolah

4. Program ini didorong dan selalu di aktifkan dalam kegiatan belajar mengajar

5. Program ini dimulai tahun 2021

6. Program ini berhasil dalam meredam tindak-tanduk siswa di sekolah sehingga meminimalisir  

    tingkat pelanggaran siswa di sekolah.

7. Sanksinya Ada.

8. Durasi pelaksanaan program ini setiap hari sepanjang kegiatan belajar mengajar berlangsung. Karena program ini disisipkan dalam materi pembelajaran oleh guru masing-masing.

9. Cara menggali Character building ini dari siswa ini dari siswa melaksanakan Morning worship dipimpin oleh siswa secara bergantian setiap harinya, bergiliran memimpin doa untuk memulai dan mengakhiri kegiatan belajar mengajar di kelas, membudayakan 5S (Senyum,Sapa,Salam,Sopan, Santun)

10. Resiko dari program ini sudah di perhitungkan sebelumnya dalam efisiensi waktu dan konsistensi pelaksanaannya.

11. Dampak positifnya adalah :

* Siswa menjadi rajin dalam berdoa

* Berani tampil di depan umum

* Sopan terhadap warga sekolah, dan

* Selalu aktif dalam kegiatan peribadatan .

PermalinkShow parentReply

In reply to HERI NAINGGOLAN

Re: 3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

by Sri Handayani.,S.Sos.MM - Friday, 18 March 2022, 8:51 AM 

Dimana letak choice, voice dan owershipnya?

PermalinkShow parentReply

In reply to Sri Handayani.,S.Sos.MM

Re: 3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

by Eppy Tetty Sitorus - Friday, 18 March 2022, 1:20 PM

Salam Bagja Izin menjawab, Saya di minta menambahkan letak voice, choice dan owershipnya terjadwal dan tim 4 orang durasi 10 menit. Keterangan lanjutan di bawah ini Ibu.

A. Program sekolah yang berfokus pada kepemimpinan murid

B. Dampak Pada Murid Yang Dapat Diamati

yaitu siswa dilatih untuk melakukan pengendalian diri melalui kegiatan Renungan pagi, nyanyi, pembacaan ayat kitab suci, Refkesi kepada temannya, doa Bersama. Setiap siswa dilatih harapannya menjadi anak yang memiliki nilai budi pekerti luhur, tanggungjawab, terlibat langsung, kolaborasi dalam kelompok tugas karakter buldingnya, jujur, cerdas, peduli sesama, serta bertanggung jawab. Siswa juga dilatih untuk memaknai pesan- pesan nilai iman agama dan kemanusiaan yang di dapat hari itu untuk dapt di amalkan dalam kegiatan di sekolah dan di wujudkan dari setiap materi pelajaran yang mereka pelajari.

Di akhir karakter bulding siswa lain memberikan pertanyaan/pendapat/ atau penilaian siswa lain dalam tugas kelompok yang terjadwal karakter buiding saat itu, apakah bagus, atau kurang dimana yang perlu diperbaiki dan mana yang terus ditingkatkan dari makna siraman rohani setiap pagi yang membentuk karakter bulding siswa. Sehingga ini menjadi acuan untuk jadwal kelompok siswa lainnya di hari berikutnya dan seterusnya yang dipantau dan ditulis dalam jurnal buku khusus karakter buiding kelas.

Melalui kelas nya dilatih untuk menjadi pemimpin mengembangkan makna rohani pagi itu agar mampu dilaksanakan semua siswa tiap kelas dengan baik tanpa mengganggu orang lain.

Melalui kegiatan pembiasaan setiap hari dengan jadwal rutin durasi 10 menit yang di pajang di sudut kelas harapannya praktik dalam belajar setiap hari siswa dapat belajar dengan semangat meningkat keimanan siswa, aktif, bermakna dan menyenangkan.

C. Suara/pilihan/ kepemilikan siswa

Siswa yang terjadwal dalam roster karakter bulding dalam timnya (4 orang) siswa yang membawa doa pembuka/syafaat akhir kegiatan, nyanyi, baca kitab suci dan menjelaskan secara singkat menurut pandangannya dan satu siswa lagi sebagai motivator dan menerima saran/kritik/masukan dari siswa lain dalam pandangannya terhadap renungan saat itu. Di dalam jadwal dan pelaksanaannya terlibat aktif petugas dan rekan lainnya ketika pembentukan karakter bulding tiap kelas. Pengamatan dilakukan guru yang masuk pada pagi itu dan mencatat kegiatan di buku jurnal kelas karakter bulding berjalan/atau tidak kemudian baik atau tidak, dan aktif atau tidak secara kontinu yang nantinya setiap bulan di rekap oleh guru agama untuk dilanjutkan sebagai bahan refleksi guru dan siswa di pelajaran agamanya.

PermalinkShow parentReplyExport to portfolio

In reply to Eppy Tetty Sitorus

Re: 3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

by HERI NAINGGOLAN - Friday, 18 March 2022, 9:17 PM

 

Benar sekali ibu...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun