Kegiatan pembelajaran merupakan inti pelaksanaan suatu pendidikan yang menentukan baik buruknya kurikulum serta mutu lulusan sekolah. Apabila kegiatan belajar mengajar di kelas berjalan dengan baik dan berkualitas, maka mutu lulusannya pun bagus, kompetitif dan memiliki daya saing global.
Di lingkungan sekolah, siswa mempunyai kemampuan yang heterogen atau berbeda, baik pada minat, kemampuan awal, dan gaya belajarnya masing-masing. Oleh sebab itu, sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran, maka diperlukan perencanaan yang matang.
Peningkatan kualitas pembelajaran sangat diperlukan agar siswa bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, memahami materi, memiliki kemampuan serta keterampilan yang dibutuhkan.Â
Seperti Apa Pembelajaran yang Berkualitas?
Mungkin Anda bertanya-tanya, seperti apa pembelajaran yang berkualitas? Apa indikator yang menyatakan bahwa pembelajaran tersebut sudah berkualitas atau belum?
Pembelajaran yang berkualitas merupakan pembelajaran yang dapat meletakkan posisi guru dengan tepat, sehingga guru dapat memainkan perannya dengan baik sesuai kebutuhan belajar siswa. Peran guru sangat banyak, misalnya sebagai motivator, pembimbing, validator, pengajar dan lainnya. Guru harus bisa membentuk siswa menjadi manusia yang cerdas, berkarakter dan pembelajar.
Selain itu, pembelajaran bisa dikatakan berkualitas jika guru dan siswa bisa berinteraksi dengan aktif dan memanfaatkan sarana dan prasarana belajar dengan baik.
Adapun menurut Heick (2014), kegiatan pembelajaran bisa dikatakan berkualitas, efektif dan aktif apabila mempunyai karakteristik seperti berikut ini;
Kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa dan siswa bisa bertanya secara aktif dan kritis mengenai pembahasan yang sedang diajarkan.
Guru menghargai pertanyaan cerita siswa lebih dari jawaban.
Pembahasan materi atau ide lebih luas dari berbagai sumber.
Proses penilaian dilakukan secara transparan, persisten, otentik serta tidak bersifat menghukum.
Menumbuhkan dan menerapkan kebiasaan belajar (learning habits).
Memiliki kesempatan untuk mempraktekkan pengetahuan ke dalam dunia nyata.
Manfaat Pembelajaran Berkualitas
Kegiatan belajar mengajar yang berkualitas akan memberikan dampak positif atau manfaat pada siswa maupun gurunya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat pembelajaran berkualitas, di antaranya yaitu:
Suasana Pembelajaran Jadi Lebih Hidup
Apa jadinya jika kegiatan belajar mengajar berjalan begitu saja tanpa interaktif yang baik antara guru dan siswa? Pastinya kelas akan terasa membosankan. Berbeda dengan pembelajaran berkualitas, dimana para siswa siap ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar dan mendapatkan dukungan dari keluarga serta lingkungannya untuk menciptakan kelas lebih hidup.Â
Adapun lingkungan belajar yang berkualitas yaitu nyaman, aman, protektif serta gender sensitif, menyediakan sumber belajar dan fasilitas yang memadai.
Siswa Mendapatkan Materi Belajar lebih Luas
Dalam pembelajaran berkualitas, konten atau materi pembahasan yang digunakan pun berkualitas dan lebih luas demi tercapainya keterampilan dasar, khususnya pada bidang literasi, numerasi dan kecakapan hidup. Hal ini bermanfaat bagi siswa untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas dari sekadar materi mata pelajaran.Â
Kelas yang Menyenangkan
Dalam kegiatan pembelajaran berkualitas, pasti terdapat upaya guru dalam menciptakan KBM yang menyenangkan. Aku doakan semakin terlatih dalam penggunaan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memfasilitasi belajar untuk mengurangi kesenjangan.
Bisa Mencapai Tujuan Pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berjalan lancar membantu siswa memahami materi dengan baik, sehingga memudahkan mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.
Outcomes yang Berkualitas
Melalui pembelajaran berkualitas, terciptalah lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang lebih terarah untuk bisa berpartisipasi positif dalam masyarakat.
Menciptakan Pembelajaran Berkualitas
Pada dasarnya, kunci pembelajaran berkualitas ada di tangan guru. Guru yang berkompeten dan berkualitas bisa menciptakan inovasi pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi. Menurut Darling-Hammond (1997) guru yang berkompeten dan berkualitas dapat menguasai materi pelajaran yang diajarkan dan pedagogi. Seiring perkembangan teknologi, guru yang berkualitas juga bisa dikatakan memiliki kemampuan dalam menguasai pengetahuan teknologi pedagogi serta materi pembelajaran yang dikenal dengan istilah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
Adapun Muhtadi (2005) mengatakan terdapat 6 iklim kelas yang kondusif serta berkualitas yaitu:
Menerapkan pendekatan belajar student centered learning atau berpusat pada siswa untuk mendorong siswa lebih aktif.
Guru bisa memberikan apresiasi positif atas partisipasi aktif dari siswa di kelas.
Menciptakan kelas yang bersikap demokratis.
Guru mampu menjalin komunikasi yang baik untuk mengatasi permasalahan pembelajaran siswa.
Guru mendorong atau memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan berpartisipasi dalam kelas.
Guru menggunakan berbagai sumber belajar yang tersedia.
Selain itu sekolah juga memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan dan profesionalitas guru dengan supervisi akademik. Supervisi akademik menjadi alat untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas seperti supervisi guru melalui perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian. Dalam hal ini kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan supervisi akademik di sekolah. Namun dalam pelaksanaannya sendiri kepala sekolah bisa menugaskan guru senior untuk ikut bertanggung jawab dalam pelaksanaan supervisi akademik.
Solusi Kejarcita.id untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Kejarcita merupakan solusi teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita yang sudah ada sejak tahun 2017 dengan visi memberikan kesempatan pendidikan yang merata untuk anak Indonesia. Dengan mengintegrasikan teknologi atau digitalisasi dalam kegiatan belajar maka akan mempermudah pelaksanaan pembelajaran dan menciptakan kegiatan belajar yang efektif dan optimal.
Kejarcita memiliki materi pembelajaran yang lengkap dan terus dikembangkan, baik dalam bentuk soal, latihan rangkuman video pembelajaran dan lembar kerja. Kejarcita hadir untuk siswa, guru dan sekolah.
Kejarcita.id merupakan Learning Management System (LMS) yang bisa digunakan untuk mengajar daring dan luring agar lebih mudah, praktis dan hemat waktu. Adapun fitur yang tersedia bagi akun guru yaitu:
Membuat RPP dan mendapatkan referensi dari bank RPP kejarcita
Ribuan bank soal kejarcita, mulai dari soal AKM, soal HOTS, latihan soal ujian, dan lainnya. Guru juga bisa membuat soal sendiri dan dibagikan ke siswa.
Guru bisa mengirimkan tugas dalam bentuk teks, lampiran file ke kelas.
Terdapat materi ajar dalam bentuk rangkuman, video pembelajaran, dan dokumen.Â
Fitur yang tersedia bagi akun siswa:
Latihan bank soal untuk belajar mandiri
Materi pembelajaran dalam bentuk video, rangkuman, panduan dan dokumen
Itulah beberapa hal mengenai kualitas pembelajaran yang bisa Anda ketahui. kejarcita.id menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kejarcita membantu guru untuk melaksanakan tugasnya dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (penilaian). Jadi, apakah Bapak atau Ibu guru sudah mencoba kejarcita?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H